Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tuti Alawiyah
Abstrak :
Penelitian ini mengkaji tentang penerimaan informasi melalui media pembelajaran digital talking book untuk siswa tunanetra. Proses penerimaan informasi terdiri dari tiga elemen, yaitu penyeleksian informasi, interpretasi, dan retensi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan informasi melalui digital talking book di kalangan siswa tunanetra mempunyai tantangan tersendiri. Dalam tahapan penyeleksian informasi, informan menggunakan sumber informasi dari braille dan digital talking book secara bergantian sesuai dengan kebutuhan. Dalam tahapan interpretasi informasi, informan menafsirkan konten digital talking book dibantu dengan catatan dalam huruf Braille. Dalam tahapan retensi, informan mampu mengingat secara baik informasi yang bersifat sementara, seperti kata-kata istilah, angka-angka, dan penjelasan tentang definisi, namun memiliki keterbatasan untuk memori jangka panjang sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.
This research examines regarding how information reception through learning media of digital talking book used by students with visual impairment. The study was conducted using case study method. The results showed that the information reception through digital talking book among students with visual impairment has its own challenge. In the process of selecting information, they use the source of information from Braille and digital talking book alternately as needed. The changing from using Braille sense of touch into digital talking book the sense of hearing becomes a problem of itself. In the information interpretation stage, the informant interprets the content of the digital talking book assisted by notes in Braille. In the memory retention phase, the informant is able to remember well the temporary information, such as the terms of words, numbers, and the explanation of the definition, but it has limitations for long term memory therefore it takes a longer time.Key words Digital Talking Book visual impaired information reception information selection interpretatin retention.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
T47873
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tuti Alawiyah
Abstrak :
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penerimaan informasi media pembelajaran Digital Talking Book oleh siswa tunanetra. Pada intinya, penerimaan informasi adalah mengubah pesan ke dalam bentuk yang dapat digunakan untuk memandu perilaku manusia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Informan adalah salah satu siswa tunanetradi sekolah inklusi MTsN 19 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan informasi melalui Digital Talking Book secara bergantian sesuai dengan kebutuhan. Dalam tahapan intepretasi Braille. Dalam tahapan retensi memori, informan mampu mengingat secara baik informasi yang bersifat sementara, seperti kata-kata yang berupa istilah, angka-angka, dan penjelasan tentang definisi, namun keterbatasan untuk memori jangka panjang sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Kecenderungannya adalah bahwa informan lebih memilih Braille dibandingkan dengan Digital Talking Book karena dianggap lebih mudah, ekonomis, dan cepat; merasa berinteraksi langsung dengan tulisa; dan penggunaan indera perabanya lebih optimal sehingga mengingat lebih cepat.
Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2017
371 TEKNODIK 21:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Kristiani
Abstrak :
Skripsi ini berfokus pada pemanfaatan koleksi perpustakaan, khususnya koleksi DAISY Digital Talking Book di Perpustakaan Yayasan Mitra Netra, Jakarta. Masalah yang dikaji oleh peneliti, yaitu perkembangan, pemanfaatan serta harapan pemustaka terhadap koleksi DAISY DTB. Dalam hal ini, terdapat tiga indikator dalam meneliti pemanfaatan koleksi tersebut, yaitu jumlah, pemanfaatan dan temu kembali koleksi DAISY DTB. Pendekatan penelitian, yaitu kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Yayasan Mitra Netra. Metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi dan wawancara (semi terstruktur). Hasil dari penelitian ini merupakan evaluasi mengenai pemanfaatan koleksi DAISY DTB oleh pemustaka perpustakaan tersebut. ......This thesis focuses on the utilization of the library collection, especially the collection of DAISY Digital Talking Book in the Library of Mitra Netra Foundation, Jakarta. Problems studied by researchers, namely the development, use and expectations by library user of the collection of DAISY DTB. In this case, there are three indicators in researching the use of these collections, including size, utilization and access of DAISY DTB collections. The research approach is qualitative research with case study method. Subjects in this study are Mitra Netra Foundation Library user. Method of data collections are observation and interviews (semi-structured). Result from this study is the evaluation of the use of DAISY DTB collection by library user.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15417
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library