Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Maulia Farsiko Gama
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak dari program diskon harga yang diterapkan oleh klien PT Enseval Putera Megatrading, yaitu PT Kalbe, terhadap logistik perusahaan. Produk yang digunakan pada penelitian ini adalah produk Mixagrip Flu dan Batuk yang mewakili karakteristik produk yang dikenakan program diskon. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penjualan aktual, ramalan penjualan, dan persediaan produk Mixagrip Flu dan Batuk. Dengan menggunakan pendekatan system dynamics, ditemukan bahwa kebijakan diskon harga menyebabkan fluktuasi penjualan dan tingkat persediaan barang yang pada akhirnya mempengaruhi keuntungan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koordinasi antara bagian pemasaran dan bagian logistik perusahaan dalam menanggapi program diskon harga memberikan keuntungan yang lebih tinggi bagi perusahaan dibandingkan dengan keuntungan yang selama ini perusahaan dapatkan.
This study aims to understand the impact of price discount policy implemented by PT Kalbe toward PT Enseval Putera Megatrading logistic performance. Mixagrip Flu dan Batuk is being used in this research as it represents the characteristics of discounted products in the company. Using actual sale, sale forecast, inventory product 2013-2014 datas, and system dynamics approach, author intend to show that price discount policy causing the fluctuation of sales and inventory level which in turn affect the company's profits. Research concludes that the coordination between marketing and logistics company in prder to respond the price discount prolicy provides a higher profit for the company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S58538
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aji Salman Fauzan
"Melihat perubahan yang terjadi terhadap konsumen sebaiknya para pelaku usaha selalu melakukan pembaharuan terhadap cara mereka dalam memberikan penawaran kepada konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap penawaran sebuah produk dengan dua jenis penawaran yang dilakukan secara secara bersama sama yaitu bonus packs dan price discount. Penelitian ini mencoba untuk melihat apakah konsumen yang memiliki price consciousness tinggi memiliki kecenderungan sikap yang lebih positif terhadap penawaran produk dengan kombinasi low bonus pack dan high price discount (LBP HPD) dibandingkan dengan high bonus pack dan low price discount (HBP LPD). Penelitian akan menggunakan factorial design between subject 2x2 dengan bonus pack dan price discount sebagai stimulus penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen memiliki sikap yang lebih positif terhadap penawaran produk dengan kombinasi LBP HPD dibandingkan dengan HBP LPD. Lebih lanjut pembahasan hasil penelitian juga menunjukan sikap yang cenderung lebih positif terhadap penawaran dengan kombinasi LBP HPD karena efek dari price discount. Terakhir konsumen yang memiliki price consciousness yang tinggi tidak terbukti memiliki sikap yang lebih positif terhadap penawaran produk dengan kombinasi LBP HPD dibandingkan dengan HBP LPD sebaliknya konsumen dengan price consciousness rendah memiliki sikap yang lebih positif terhadap penawaran produk dengan kombinasi LBP HPD. Hasil temuan pada penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi produsen untuk lebih sering menawarakan produk dengan dua jenis penawaran secara sekaligus hal ini dapat meningkatkan value dan lebih menarik perhatian dari konsumen untuk membeli produk.
Seeing the changes that have occurred to consumers, business actors should always update their ways of making offers to consumers. This study aims to determine consumer attitudes towards the offer of a product with two types of offers made together, namely bonus packs and price discounts. This study also tries to see whether consumers who have high price awareness tend to have a more positive attitude towards product offerings with a combination of low bonus packs and high price discounts (LBP HPD) compared to high bonus packs and low price discounts (HBP LPD). The study will use a 2x2 factorial design between subjects with bonus packages and price discounts as a research stimulus. The results of the study show that consumers have a more positive attitude towards product offerings with the LBP HPD combination compared to the HBP LPD. Further discussion of the results of the study also showed that attitudes tended to be more positive towards offers with the LBP HPD combination because of the effect of price discounts. Finally, consumers who have high price consciousness are not proven to have a more positive attitude towards product offerings with the LBP HPD combination compared to the HBP LPD, conversely consumers with low price consciousness have a more positive attitude towards product offerings with the LBP HPD combination. The findings in this study can be used as a reference for manufacturers to start offering products more frequently with two types of offers simultaneously, this can increase value and attract more consumers to buy the product."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library