Anindya Hassanti Tamin
Abstrak :
ABSTRAK
Seiring dengan berkembangnya teknologi, fenomena internet memiliki peran yang
sangat penting. Di Indonesia sendiri, fenomena internet cukup berkembang sangat
pesat dalam 12 tahun terakhir ini. Salah satu fenomena yang berkembang seiring
dengan peningkatan penggunaan internet adalah tumbuhnya e-commerce. Salah satu
tipe situs e-commerce di Indonesia yang sedang marak adalah situs e-retailer.
Walaupun e-commerce di Indonesia meningkat setiap tahunnya ternyata masih
banyak sekali orang yang masih ragu untuk melakukan transaksi pada suatu situs
online. Menurut salah satu penelitian mengatakan bahwa konsumen memberanikan
diri untuk berbelanja pada suatu situs yang memiliki rekomendasi yang baik.
Sehingga kepuasan pelanggan memiliki peran sangat besar. Oleh karena itu perlu
kiranya dilakukan analisa preferensi konsumen terhadap atribut situs e-retailer secara
komprehensif yang ditinjau dari faktor teknologi, faktor berbelanja dan faktor produk.
Penelitian ini dilakukan terhadap 124 pengguna situs e-retailer yang tinggal di
Jabodetabek. Adapun metode yang digunakan adalah Conjoint analysis serta Cluster
analysis untuk menentukan segmentasi. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa
urutan aspek dari yang paling penting pada sebuah situs e-retailer adalah keragaman
produk yang ditawarkan, keamanan situs e-retailer, kepercayaan konsumen,
Kenyamanan berbelanja, nilai dari produk yang dibeli, pengiriman produ, privasi data
konsumen dan yang terakhir adalah fitur dan desain situs.
ABSTRACT
Along with the development of technology, the Internet phenomenon has a very
important role in our everyday life. In Indonesia, this phenomenon is developing very
rapidly in the past 12 years. Another phenomenon that is growing along with the use
of the Internet is e-commerce. One of e-commerce sites that are emerging in
Indonesia is e-retailer. Although e-commerce in Indonesia is increasing every year
there are still many people who are reluctant to do transactions on an online site.
According to a research, consumers are more attracted to a site that has a good
recommendation. So the customer satisfaction has a very important role. Therefore, it
would needed to analyze comprehensively the consumer preferences for attributes of
the e-retailer sites in terms of technology factors, shopping factors and product
factors. This study was conducted on 124 users of e-retailers who live in Jakarta,
Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi Area. The method used is Conjoint analysis
and Cluster analysis to determine segmentation of consumers. The results of this
study is that the three most important aspect of an e-retailer in order to increase the
level of customer satisfaction is the diversity of products offered, followed by the
security of e- retailers, and consumer’s trust. These are followed by shopping
convenience, the value of the product purchased, shipping, data privacy and features
of the site.
2014
S53126
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library