Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prima Aldi Juniarto
"Penelitian pemberdayaan kelompok pengurus Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong KUBE PKH) Harapan Jaya Kelurahan Manggarai Kecamatan Tebet Jakarta Selatan melalui pemanfaatan teknnologi dan informasi cukup penting dan menarik serta berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Teknologi dan informasi merupakan sebuah kebutuhan primer yang wajib di penuhi oleh setiap lapisan masyarakat. Dalam hal ini teknologi dan informasi telah membantu memperbaiki ekonomi, sosial serta budaya dalam tananan masyarakat kini. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah E-Government terutama dalam program E-Warong KUBE PKH milik Kementerian Sosial. Guna menjawab permasalahan ini, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan pengurus E-Warong KUBE PKH) Harapan Jaya Kelurahan Manggarai, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa komitmen pelaksana program, sangat penting untuk mendukung setiap proses dan kegiatan program E-Warong terkait pelayanan publik berbasis elektronik (e-service) dalam pemberdayaan melalui pemanfaatan teknologi dan informasi yang dilakukan. Kemudian sarana dan prasarana juga penting mengingat tanpa hal tersebut, maka pemberdayaan dan layanan program E-Warong dengan basis pemanfaatan teknologi dan informasi akan sulit berjalan. Terakhir sumber daya manusia karena pemberdayaan dan pengembangan program akan akan sulit terwujud tanpa hal tersebut.

An empowerment research conducted with a group of management of mutual cooperation electronic shop business joined by Harapan Jaya Family Program (E-Warong KUBE PKH) Manggarai Village Tebet District Jakarta Selatan through information technology utilization has been an important and interesting research and possessing a well process. Information technology is an obligated primary basic human need. In this case, information technology has been supporting to escalate economy, social, and culture in today society. That has been proved by appearance of a lot of innovations run by government which one of those is E-Government especially E-Warong KUBE PKH Program owned by Ministry of Social. Due to that issue, this research is established using qualitative descriptive method. Data is collected through observation and deep interview with the management of E-Warong KUBE PKH Harapan Jaya Manggarai Village, subsequently qualitatively analyzed. The results of the study conclude that the commitment of program implementers is very important to support every process and activity of the E-Warong program related to electronic-based public services (e-service) in empowerment through the use of technology and information carried out. Further, facility and infrastructure are necessarily important due to many difficulties would arise to run the empowerment and service of E-Warong program through information technology utilization with its absence. Lastly, human resource is significant as well to actualize the empowerment and development of the program."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hillary Aprilia
"ABSTRAK
Skripsi ini akan membahas mengenai penerapan Layanan Keuangan Tanpa Cabang dalam Rangka Keuangan Inklusi Laku Pandai di Indonesia. Terdapat dua permasalahan yang akan dibahas, yakni pengaturan Bank Penyelenggara dan Agen Laku Pandai serta tanggung jawab hukum yang dimiliki oleh Bank Penyelenggara dan Agen Laku Pandai dengan studi kasus E-Warong KUBE PKH di Johar Baru selaku agen Bank BNI46. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif menggunakan data sekunder. Adapun pengaturan hukum yang berlaku di Indonesia mengenai Laku Pandai diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan POJK No. 19/POJK.03/2014 tentang Laku Pandai, yang mengatur hubungan hukum antara Bank Penyelenggara dan Agen Laku Pandai. Adapun tanggung jawab hukum keduanya diatur dalam perjanjian kerja sama penyelenggaraan Laku Pandai yang termuat pada pasal hak dan kewajiban. Tanggung jawab tersebut di antaranya mencakup aspek Uji Tuntas Nasabah dan Agen, pemberian edukasi dan pembinaan kepada Agen, pengawasan penyelenggaraan, dan pembagian imbal jasa atas hubungan kerja sama. Apabila ditinjau dari perjanjian kerja sama Bank BNI46 dengan Agen46, tanggung jawab tersebut di antaranya berupa pelaksanaan validasi data hasil CDD yang dilakukan Agen dan ikut bertanggung jawab terhadap hasilnya. Sedangkan dari sisi Agen46, tanggung jawab yang dimilikinya antara lain harus melakukan pencatatan atas segala aktivitas layanan keagenan yang dilakukannya.

ABSTRAK
This thesis will discuss the implementation of Layanan Keuangan Tanpa Cabang dalam Rangka Keuangan Inklusi Laku Pandai in Indonesia. There are two issues to be discussed, namely the legal arrangement of Laku Pandai Operator Bank and Laku Pandai Agent and the legal responsibility owned by the Laku Pandai Operator Bank and Laku Pandai Agent with case study of E Warong KUBE PKH in Johar Baru as the agent of Bank BNI46. The research method used is normative juridical research using secondary data. The legal responsibility in force in Indonesia regarding Laku Pandai are regulated in the Regulation of Financial Services Authority POJK no. 19 POJK.03 2014 concerning Laku Pandai, which governs the legal relationship between Laku Pandai Operator Bank and the Agent. The legal responsibilities are both stipulated in the agreement on the conduct of Laku Pandai contained in the article of rights and obligations. These responsibilities include the aspects of Customer and Agent Due Diligence, providing education and guidance to the Agent, supervising the implementation, and sharing fees for partnership. If reviewed from the agreement of Bank BNI46 with Agent46, such responsibilities include the validation of data CDD results made by Agent and Operator Bank takes responsibility for the results. While from the side of Agent46, one of the responsibility is to record all of the activities the agency served. "
2017
S69611
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library