Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ismet Burhanuddin
"ABSTRAK
Untuk menunjang kegiatan dari setiap perusahaan diperlukan pegawai-pegawai yang berkualitas. Kualitas dari tiap pegawai berbeda-beda karena adanya perbedaan tingkat pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh masing pegawai. Dengan pengalaman kerja dan masing diberikan pendidikan dan latihan maka pengetahuan dan kemampuan seorang pegawai dapat meningkat. Menyadari betapa pentingnya peranan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pegawai, P.T. Asuransi Jasa Indonesia (merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia yang menjadi obyek penelitian untuk penulisan skripsi ini) memiliki program pendidikan penjenjangan karier yang terselenggara dengan baik dan berkesinambungani Dari beberapa jenis pendidikan yang ada, maka untuk penulisan skripsi ini penulis memilih hanya satu jenis program pendidikan, yaitu "Pendidikan Regular". Penelitian dilakUkan terhadap periode tahun 1980 dengan 1985. sampai Melalui penelitian yang dilakukan o leh penulis, ingin diketahui bagaimana pendidikan reguler itu diselenggarakan dan bagaimana manfaatnya baik bagi diri pegawai yang mengikutinya maupun bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan yang dijalankan P.T. Asuransi Jasa Indonesia regular ternyata memberikan manfaat yang positip bagi pegawai maupun perusahaan. Oleh karena program pendidikan regular dijalankan dengan prosedur dan materi yang baik, selektip dan terprogram secara berkesinambungan. Disamping itu para staf pengajar terdiri dari orang-orang yang berkualifikasi dibidangnya. Sehingga walaupun pendidikan regular ini diselenggarakan dalam waktu yang sangat singkat, 2 ( dua ) bulan dan dengan materi yang adat, namun pendidikan ini dinilai berhasil. Hal ini dapat terbukti dari jumlah 477 orang peserta pada periode tahun 1980 s/d 1985 telah lulus 455 orang peserta dan 59,53 % telah memperoleh promosi. Sebagian besar para alumni program pendidikan reguler periode tahun 1980 s/d 1985 yang telah memperoleh promosi menyatakan, bahwa setelah selesai mengikuti pendidikan regular wawasan pengetahuannya semakin luas dan kemampuan mengatasi problem pekerjaan yang dihadapi semakin meningkat. Sehingga sangat menunjang pelaksanaan tugas pekerjaan yang dipikulnya saat ini. Pernyataan ini penulis peroleh sebagai hasil wawancara dan penyebaran daftar pertanyaan kepada 23 orang alumni. Di pihak lain, pimpinan perusahaan menyatakan dalam suatu wawancara bahwa keberhasilan program pendidikan yang dilaksanakan. sangat menunjang kemajuan perusahaan karena perusahaan memiliki. sejumlah pegawai yang berpotensi dan selalu termotivasi semangat kerjanya karena perusahaan menyediakan sarana pengembangan diri."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pertahanan dan Keamanan RI, Lembaga Ketahanan Nasional, 2013
378.15 IND b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Widodo
"Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang pelaksanaan Program SLTP Terbuka di Kecamatan Marau Kabupaten Ketapang Propinsi Kalimantan Barat. Latar belakang penulis meneliti masalah ini karena Program SLTP Terbuka yang dilaksanakan di Kecamatan Marau menunjukkan adanya kasus tingginya angka drop out dan penurunan jumlah peminat, serta hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa umumnya rendah. Oleh karena itu, timbul pertanyaan bagaimana pelaksanaan Program SLTP Terbuka tersebut dalam rangka pembangunan somber Jaya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi kepustakaan, dan teknik wawancara mendalam. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Secara konseptual penelitian ini menggunakan pendekatan sistem, yaitu untuk menghasilkan out put maka harus ada input dan proses pembelajaran. Dalam implementasi program harus memperhatikan 4 faktor yakni komunikasi, sumber-surnber, watak pengaturan atau sikap serta struktur birokrasi.
Dan hasil penelitian, koordinasi telah dijalankan dalam menentukan lokasi TKB. Demikian juga kegiatan sosialisasi serta orientasi belajar siswa baru telah dilaksanakan secara rutin pada setiap awal tahun pelajaran. Kegiatan penyusunan program tahunan, cawu/semester, penjadwalan kegiatan tatap muka dan belajar mandiri, serta supervisi secara teratur telah dilaksanakan. Namun, kegiatan tatap muka tidak bisa dilaksanakan di sekolah Induk, pola sistem tatap muka ditetapkan pola tatap muka guru kunjung. Dalam model ini Guru Pembina mendatangi TKB yang letaknya jauh dan sulit untuk memmberikan tatap muka. Pola kegiatan pembelajaran tidak menggunakan pola 4 atau 5 hari belajar mandiri di TKB dan 2 atau 1 hari kegiatan tatap muka di sekolah Induk. Pengelola menetapkan pola 3 hari belajar di TKB, alokasi waktu ini kadang-kadang digunakan untuk kegiatan tatap muka. Jadwal kegiatan supervisi, kegiatan guru kunjung yang telah ditetapkan, tidak dilaksanakan secara rutin, disebabkan faktor beratnya geografis serta kendala transportasi. Guru bina enggan berkunjung ke TKB karena dana transport yang tidak memadai dan kurangnya motivasi dan komitmen guru Bina. Kurangnya layanan bimbingan belajar kepada siswa di TKB menjadi salah sate penyebab kurangnya motivasi belajar siswa. Adanya akumulasi kesulitan dalam belajar sebagai faktor yang menghambat peningkatan kapasitas individual dengan indikasi rendahnya tingkat daya serap materi modul, rendahnya basil UAN, serta tingginyi kasus drop out.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kurangnya program ini dikomunikasikan baik secara internal maupun eksternal, faktor keterbatasan Sumber (Resources) balk jumlah maupun kemampuan staf (Guru Bina, Guru Pamong), Sumber non-manusia berupa informasi yang kurang dikelola dengan optimal, serta tidak adanya jaminan bahwa program dapat dilaksanakan sesuai yang diharapkan, terbatasnya aloes terhadap fasilitas penunjang belajar (laboratorium, Perpustakaan, Program kaset pembelajaran, sarana komunikasi dua arah), sarana transportasi, sehingga pelayanan tidak dapat berjalan optimal. Kurangnya kemampuan Kepsek mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan Staf menjadi penghambat implementasi program. Rendahnya komitmen Staf (Guru Bina, Guru Pamong), dukungan pembiayaan dari Pemda; Faktor efektivitas dan efisiensi birokrasi yang relatif kurang, ditunjukkan dengan kurang memiliki rasa tanggap terhadap aspirasi masyarakat, serta lemahnya pengawasan dan koordinasi antar lembaga. Seluruhnya merupakan faktor penghambat implementasi Program SLTP Terbuka. Kondisi sosial ekonomi menjadi penyebab kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar. Faktor internal yakni rendahnya motivasi berprestasi, Siswa sulit merubah kebiasaan belajar dari pola tatap muka secara klasikal ke pola belajar mandiri, serta kurangnya dukungan orang tea menjadi faktor penghambat peningkatan kapasitas individual siswa. Upaya yang telah dilakukan adalah menerapkan pola guru rumpun. Pemerintah telah memberikan bantuan khusus murid, Program Life Skills untuk mencegah terjadinya drop out, serta pelibatan siswa dalam Lomba Motivasi Belajar Mandiri.
Penilaian masyarakat bahwa SLTP Terbuka itu identik dengan "SLTP Teriinggal", menurunkan animo masyarakat untuk memanfaatkan program ini, yang berarti SLTP Terbuka belum mampu memberikan layanan sosial pendidikan bagi masyarakat, belum mampu meningkatkan kapasitas individual maupun membangun kompetensi sosial dalam rangka pembangunan sumber daya manusia untuk pembangunan.
Untuk perbaikan pelaksanaannya diusulkan perlunya peningkatan intensitas pembinaan dari Guru Bina dan pengawasan fungsional oleh Diknas Ketapang. Konsekuensinya Pemda harus memberikan dukungan pembiayaan. Di daerah yang berpotensi tamatan SD tidak melanjutkan ke SLTP, seharusnya dibuka TKB Mandiri yang bekerja lama dengan Kepala SD, Kepala Desa, kalangan dunia usaha, serta tetap memperhatikan kondisi lokal."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T14410
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library