Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ashihara, Yoshinobu
Surabaya: Fakultas Teknik Arsitektur ITS, 1974
729 ASH mt
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Triana P.
Abstrak :
ABSTRAK
Usaha pemasaran produk atau jasa dapat menjadi suatu proses sosial dimana individu maupun kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, dengan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. Banyaknya barang dan jasa yang ditawarkan membuat para produsen berlomba-lomba untuk menarik perhatian khalayak sasarannya. Timbullah promosi, yang berusaha memperkenalkan produk dan jasa yang ditawarkan dengan menjanjikan manfaat dan kepuasan yang didapat khalayak sebagai pembeli. Salah satunya dengan penyampaian pesan melalui daya tarik kemasan. Berarti pesan yang digunakan sebagai sumber informasi pada promosi harus mudah dimengerti, dapat diterima dan memiliki kesamaan pengertian bagi masing-masing pihak yang terlibat. Karenanya simbol-simbol yang digunakan pada pesan yang disampaikan harus melambangkan citra produk/jasa yang diharapkan oleh khalayak sasaran dalam pemenuhan kebutuhannya. Pada promosi perbankan, disain arsitektur-nya sama dengan kemasan pada produk lainnya, yaitu sebagai sarana penyampai informasi Pesan yang didapat pada penelitian ini berasal dari disain eksterior dan inteior Sampoema Bank di gedung Sampoema Plaza, Kuningan-Jakarta. Dimana bagian- bagian pada disain eksterior adalah: Dinding Bagian Luar, Entrance Sampoema Plaza, Entrance Sampoema Bank. Sedang pada disain inteiomya adalah: Lantai Lobby Utama, Dinding Lobby Utama, Langit-langit Lobby Utama, Fumiture, Counter Teller, Bagian Individual Banking dan Customer Service, Khasanah (Safe Deposite dan Main Vault), Ruang Duduk di Lantai Atas serta Elemen Pendukung Estetika Patung dan Lukisan. Dalam studi ini peneliti menggunakan metode wawancara dan kepustakaan untuk mengetahui apakah pesan yang ingin disampaikan sampai dan simbol apa yang digunakan sebagai pembangun pesan tersebut sesuai dengan isi pesan. Untuk pengumpulan data dari khalayak digunakan penyebaran daftar pertanyaan (sampel/survey). Data yang diperoleh dianalisa dengan skala Semcmtic Dijferential, dan metode penelitian diskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara pesan yang disampaikan melalui disain eksterior dan interior bank cenderung sama dengan pesan yang diterima oleh responden. Hasil yang kedua dijumpai bahwa, simbol yang digunakan sebagai pembangun pesan cenderung mempunyai kesesuaian dengan isi pesan. Hal ini terbukti dengan persepsi responden terhadap pesan yang disampaikan pada tiap-tiap bagian yang rata-rata mempunyai nilai sedang hingga tinggi.
1992
S3948
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manuhutu, Nicholas Yesaya
Abstrak :
Istana Buckigham adalah salah satu bangunan kediaman resmi raja dari kerajaan Britania Raya dan Alam Persemakmuran Inggris yang masih eksis hingga saat ini dan terletak di kawasan kota London. Bangunan ini dibangun pada tahun 1703 oleh Edward Blore untuk Duke of Buckingham yang berkebangsaan Inggris. Istana Buckingham merupakan salah satu bangunan yang unik di kota London, karena gaya bangunan gereja ini mengadaptasi dari dua gaya bangunan, yakni gaya Klasik dan gaya Palladian. Gaya Klasik adalah gaya bangunan yang mencerminkan peradaban Yunani dan Romawi kuno, sedangkan gaya Palladian adalah gaya bangunan yang memadukan unsur gaya Klasik dengan dekorasi dari gaya bangunan lainnya. Tulisan ini menggunakan metode Kualitatif-Deskriptif yang dalam pengumpulan datanya diperoleh melalui kajian studi pustaka, studi lapangan berupa kunjungan langsung, dan melakukan observasi terhadap ornamen-ornamen gereja di bagian eksterior dan interior. Gaya bangunan Klasik dan Palladian pada bangunan ini terlihat jelas melalui adanya penggunaan pilar- pilar, dan penggunaan jendela berbingkai. ......Buckigham Palace is one of the official residences of the monarchs of the United Kingdom of Great Britain and the World The British Commonwealth still exists today and is located in the London city area. this building built in 1703 by Edward Blore for the English Duke of Buckingham. Palace Buckingham is one of the unique buildings in the city of London, because of the style of this church building adapting two building styles, namely the Classical style and the Palladian style. Classical style is a building style which reflects the ancient Greek and Roman civilizations, while the Palladian style is a building style that combines elements of the Classical style with decorations from other building styles. This paper uses the method Qualitative-Descriptive in which data collection is obtained through literature review, field studies in the form of direct visits, and observing the church ornaments on the exterior and interiors. The Classical and Palladian building styles in this building are clearly visible through the use of pillars. pillars, and the use of framed windows.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rita Nurhayati
Abstrak :
Ditinjau penggunaan rumusan Fiacco-McCormick (1968) dan rumusan Adaptasi Rao untuk menentukan parameter penalti awal yang digunakan dalam menyelesaikan masalah minimisasi dengan kendala melalui Metode Fungsi Penalti Eksterior. Beberapa persoalan minimisasi dengan kendala diberikan, termasuk persoalan dengan fungsi obyektifnya berupa fungsi Rosenbrook. Melalui beberapa percobaan numerik, persoalan persoalan tersebut diselesaikan dengan menggunakan kedua rumusan parameter penalti awal yang telah disebutkan. Dengan pemilihan parameter awal yang tepat untuk setiap persoalan, maka efisiensi Metode Fungsi Penalti Eksterior dapat ditingkatkan.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1992
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khalisa Nurfajri
Abstrak :
Meningkatnya jumlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia telah memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia, tetapi banyak UMKM yang tidak dapat mengelola bisnisnya dengan baik. UMKM Inap at Capsule merupakan UMKM yang bergerak di industry perhotelan dan menyediakan jasa penginapan dengan konsep tempat tidur kapsul. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode business coaching, sebuah riset kualitatif, untuk memetakan kondisi dan masalah UMKM, dilanjutkan dengan mengambil tindakan korektif untuk mengimplementasikan solusi perbaikan. Hasilnya menunjukkan bahwa UMKM tidak mendesain website dengan efektif dan tidak memperbarui informasi pada website sehingga banyak konten yang sudah tidak relevan. Selain itu, inkonsistensi dalam menampilkan harga kamar sangat berpotensi menyebabkan pengunjung website bingung. Masalah lain adalah tingkat awareness potential customer disekitar UMKM masih sangat rendah, serta desain eksterior dari hotel yang tidak menggambarkan hotel. Maka solusi yang ditawarkan adalah mengembangkan desain website serta desain eksterior bangunan hotel untuk mendukung kegiatan pemasaran. Survei dilakukan untuk mendukung bukti hasil perbaikan. Hasilnya, terdapat peningkatan signifikan penilaian oleh responden pada aspek visual, informasi dan tampilan keseluruhan usulan desain website yang baru dibanding desain yang lama. Desain eksterior juga mendapat penilaian yang tinggi berdasarkan penilaian hasil kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM Inap at Capsule mengelola kegiatan pemasarannya dengan mengembangkan desain website serta desain eksterior bangunan hotel. ......The increasing number of MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia has had a positive contribution to Indonesias economy, but many MSMEs unable to manage their business well. Inap at Capsule is an MSME in hospitality industry, that offers hospitality services with capsule bed concept. The data were collected using business coaching methods, a qualitative research that used to mapping MSMEs condition and problem, then take a corrective action to implement solutions for improvement. The result shows that the MSME doesnt design the official website effectively and update the website regularly. Other problems are low awareness of potential customer around MSME and poor aesthetics of hotel exterior design.  The solutions offered include developing of website design and hotel exterior design of Inap at Capsule. Surveys were also conducted to support evidence of the improvement result. As the results, there was a significant increase in the respondents assessment of the visual aspects, information and overall appearance of the new website design compared to the existing ones. Hotel exterior design also got high score from respondent assessment. This study aims to help Inap at Capsule hostel to manage their marketing activities by designing new website and hotel exterior design.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septy Aprilliandary
Abstrak :
Industri otomotif memberikan konstribusi terbesar dalam produk domestik bruto Indonesia. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan industri otomotif, terutama industri mobil, persaingan antar produsen mobil semakin tinggi. Hal ini mengakibatkan hasil keluaran produk dari berbagai produsen mobil akan mencapai tahap dimana hampir semuanya memiliki standar kualitas yang sama. Keadaan ini mendorong konsumen untuk memanfaatkan faktor lain di luar spesifikasi fungsional dan kualitas untuk membuat keputusan membeli mobil, yaitu persepsi afektif. Penelitian ini membahas bagaimana konsumen mobil tipe city car di Indonesia menilai produk dari sisi bentuk eksterior dengan mengeluarkan sisi afektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering, lebih tepatnya menggunakan Kansei Words. Pengolahan data dari konsumen dilakukan dengan metode association rule mining dan conjoint analysis. Dari hasil peneltiian, diketahui bahwa terdapat lima kelompok Kansei Words yang mewakili persepsi afektif konsumen, yaitu klasik (classic) dan ramping (sleek), mantap/kuat (robust) dan bertenaga/tangguh (powerful), mencolok (sporty) dan formal (formal), lucu/imut (cute), dan modern (modern). Keluaran akhir dari penelitian ini adalah terbentuknya 5 usulan desain baru untuk bentuk eksterior city car yang memenuhi masing-masing kelompok Kansei Words di atas. ...... Automotive industry delivering a great contribution to Indonesia by accounting high percentage in gross domestic product. As automotive industry is developing, especially for car industry, the competition between car companies is highly increasing. This condition resulted in a situation where products from different car companies having the same standard for quality. Therefore, customers are triggered to consider another factor beside functional specification and quality, which is affective perception. This research focused on how customers of city car in Indonesia evaluate the product from its exterior shape by considering their affective side. Method of this research is Kansei Engineering, specifically its Kansei Words. Data from customers are processed with the method of association rule mining and conjoint analysis. From the output of this research, there are 5 groups of Kansei Words that represent customers affective perception, which are classic and sleek, robust and powerful, sporty and formal, cute, and modern. The final output from this research are 5 recommended designs for city car exterior shape that describe all the Kansei Words above.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54367
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yodha Dwi Pratomo
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini memaparkan studi eksperimental dan analisa numerik sambungan balok-kolom eksterior untuk mengetahui perubahan kekakuan didaerah pertemuan balok-kolom dimana terdapat tulangan polos longitudinal pada balok. Pada kajian eksperimental ini pembebanan dilakukan secara statik semi siklik dan metode control displacement dengan analisa dinamik dilakukan sepanjang pengujian. Sambungan pada penelitian ini diperoleh dari pertemuan balok-kolom bangunan enam lantai di lantai satu yang didesain dengan metode desain kapasitas. Desain mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) 2847:2013 untuk desain beton bertulang serta SNI 1726:2012 dan SNI 1726:2002 standar gempa bangunan gedung. Parameter yang ditinjau pada eksperimen ini adalah karakteristik sambungan hasil dari percobaan laboratorium dibandingkan dengan kajian numerik menggunakan Drain 2DX. Hasil uji eksperimen dan analisis numerik yang diperoleh menunjukan jika kekakuan rotasi pada sampel SNI 2012 lebih tinggi jika dibandingkan sampel SNI 2002 dengan pola retak keduanya terjadi pada muka kolom. Pengurangan kekakuan akibat retak tersebut juga mengakibatkan penurunan frekuensi alami struktur tersebut.
ABSTRACT
This Thesis explain the experiment study of exterior RC beam-column joint to contain the stiffness loss of the joint where using plain longitudinal reinforcement in the beam. In this experimental assessment, the samples are loaded in displacement control semi-cyclic loading scheme, with dynamic measurement conducted along the testing. Joint type of RC beam-column joint taken from a sixth story office building at the first floor which is designed by the capacity design method. Model design accordance to Indonesian code (SNI) 2847:2013 as concrete reinforcement design code for building and SNI 1726:2002 and SNI 1726:2012 for seismic code. Parameter was investigated the characteristic of the joint compared by the experimental and numerical results using Drain 2DX. From both the testing and the numerical analysis showed that rotational stiffness of the joint designed by newer code (SNI 2012) has a large than the one design by older code (SNI 2002) with the crack pattern at the column face. This loss stiffness has also followed dynamics measurement by the loss of natural frequency of the structure.
2016
S64586
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library