Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Apung Sumengkar
Abstrak :
Studi ini mencoba memahami bagaimana logika dominan dinamis dirangsang dan mempengaruhi kinerja perusahaan dengan mengupayakan kesesuaian strategis dinamis. Beberapa ahli percaya bahwa internasionalisasi dapat meningkatkan daya saing dan prospek kelangsungan hidup Usaha Kecil Menengah (UKM) (Zhou dan Wu 2014; Lee et al. 2012) . Sarjana lain telah mengidentifikasi tiga (3) faktor kunci yang mempengaruhi internasionalisasi UKM, yaitu (a) konteks institusional (Li, 2013), (b) kapabilitas dinamis spesifik pemilik (Chittoor, et al., 2017), dan (3) kapabilitas dinamis organisasi (Mudalige et al, 2018). Namun, penelitian yang mengkaji interaksi dinamis antara ketiga faktor tersebut terhadap kinerja internasionalisasi UKM masih terbatas, terutama dalam konteks negara berkembang seperti Indonesia. Kajian ini dimaksudkan untuk mengisi gap penelitian tersebut dengan mengukur pengaruh konteks institusional, kapabilitas dinamis spesifik pemilik, dan kapabilitas dinamis organisasi terhadap kinerja ekspor UKM Indonesia. Hasil empiris dari 88 usaha kecil pengekspor di Indonesia menunjukkan bahwa kapabilitas dinamis organisasi sangat dipengaruhi oleh konteks kelembagaan, terutama regulasi pemerintah dan dukungan budaya. Sementara itu, kapabilitas dinamis spesifik pemilik secara empiris terbukti tidak dipengaruhi oleh konteks kelembagaan dan perlu dimediasi oleh kapabilitas dinamis organisasi untuk mempengaruhi kinerja. Terakhir, kinerja UKM pengekspor terbukti secara langsung dipengaruhi secara signifikan oleh konteks kelembagaan dan kapabilitas dinamis organisasi. ......This study attempts to understand the impact of institutional context and dynamic capabilities to the performance of Indonesia SMES International Business. Some scholars believed that internationalization could enhance Small Medium Enterprises (SME) competitiveness and survival prospects (Zhou and Wu 2014; Lee et al. 2012). Other scholars have identified three (3) key factors affecting internationalization of SMEs, which are (a) institutional context (Li, 2013), (b) the owner specific dynamic capabilities (Chittoor, et al., 2017), and (3) the organization dynamic capabilities (Mudalige et al, 2018). However, there are limited research that study the dynamic interaction between these three factors to SME internationalization performance, especially with the context of emerging economies like Indonesia. This study intended to fill the research gap by measuring the interaction of institutional context, owner specific dynamic capabilities, and organization dynamic capabilities to the export performance of Indonesian SMEs. Empirical results from 88 exporting small business in Indonesia showed that organization dynamic capabilities are significantly influenced by institutional context, mainly government regulations and cultural support. Meanwhile, owner specific dynamic capabilities are empirically proven not influenced by institutional context and needs to be mediated by organization dynamic capabilities to influence performance. Finally, the performance of the exporting SMEs is proven to be significantly influenced directly by institutional context and organization dynamic capabilities.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feriska Ajeng Anantri
Abstrak :
Penelitian ini berdasarkan pada penerapan Orientasi Kewirausahaan, Daya Serap, dan Kinerja Inovasi sebagai tolak ukur prespektif Bisnis berkelanjutan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan implementasi selama masa pandemi Covid 19. Penelitian ini dilakukan pada seluruh UKM (Usaha Kecil Menengah) yang ada di kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap perspektif berkelanjutan UKM (Usaha Kecil Menengah) Kota Malang Di Masa Pandemi Covid 19; (2) Pengaruh daya serap dapat memoderasi hubungan antara orientasi kewirausahaan terhadap perspektif berkelanjutan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Kota Malang di masa pandemi Covid 19.; (3) efek moderasi dari daya serap pada hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja inovasi terhadap perspektif berkelanjutan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Kota Malang di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang datanya bersumber dari isian 100 kuesioner UKM Kota Malang di masa pandemi Covid 19. Model analisis yang digunakan adalah model Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini menemukan Orientasi Kewirausahaan, Daya Serap, dan Kinerja Inovasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Bisnis Berkelanjutan. ......This research is based on the application of Entrepreneurial Orientation, Absorption, and Innovation Performance as a benchmark for the sustainable business perspective of SMEs (Small and Medium Enterprises) in the hope it will be increase the success of implementation during the pandemic Covid 19. This research was conducted on all SMEs (Small and Medium Enterprises) in the city of Malang. This study aims to determine: (1) The effect of entrepreneurial orientation on the sustainable perspective of SMEs (Small and Medium Enterprises) in Malang City during the Covid 19 Pandemic; (2) The effect of absorption can moderate the relationship between entrepreneurial orientation and the sustainable perspective of SMEs (Small and Medium Enterprises) in Malang City during the Covid 19 pandemic; (3) the moderating effect of absorption on the relationship between entrepreneurial orientation and innovation performance on the sustainable perspective of SMEs (Small and Medium Enterprises) Malang City during the Covid 19 pandemic. This research is a quantitative study whose data is sourced from 100 questionnaires from Malang City SMEs during the Covid 19 pandemic. The analytical model used is the Moderated Regression Analysis (MRA) model. This study found that Entrepreneurial Orientation, Absorption, and Innovation Performance have a significant influence on Sustainable Business.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riska Noor Azzahra Indraputri
Abstrak :
Penelitian ini membahas pengaruh orientasi kewirausahaan dengan perhatian khusus pada hubungan diferensial yang ada antara ketiga sub dimensi tersebut terhadap kinerja perusahaan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa UMKM Indonesia memiliki masalah dengan sumber daya (terutama akses keuangan) dan keterampilan manajerial, sehingga penelitian ini akan memasukkan ketersediaan sumber daya keuangan dan fleksibilitas sumber daya sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan 149 responden yang merupakan pemilik usaha mikro di Komunitas “Tangan Di Atas” (TDA) Indonesia. Metode analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa innovativeness dan proactiveness memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kinerja perusahaan, sedangkan fleksibilitas sumber daya memoderasi hubungan secara signifikan. Variabel risk-taking berhubungan positif dengan kinerja perusahaan dalam moderasi sumber daya keuangan ......This study discusses the effect of entrepreneurial orientation with particular attention to the differential relationship that exists between the three subdimensions to firm performance. Previous research has shown that Indonesian MSMEs have problems with resources (especially access to finance) and managerial skills, so this study will include the availability of financial resources and the flexibility of resources as a moderating variable. This study used 149 respondents who are owners of micro businesses in the Indonesian Community of “Tangan Di Atas” (TDA). The data analysis method uses SEM-PLS. The results show that innovation and proactivity have a significant positive relationship with firm performance, while resource flexibility moderates the relationship significantly. Risk-taking is positively related to firm performance in the moderation of financial resources.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sianipar, Ronald
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengembangkan jejaring terhadap kinerja UMKM yang dimediasi oleh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 95 UMKM yang ada di sentra tekstil Cipadu, Kota Tangerang, Indonesia. Dengan metode analisis SEM-PLS, hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar memediasi pengaruh kemampuan mengembangkan jejaring terhadap kinerja UMKM dan kemampuan mengembangkan jejaring juga berpengaruh positif secara signifikan terhadap orientasi kewirausahaan namun orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja. Kemampuan mengembangkan jejaring juga tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini merekomendasikan perlunya meningkatkan orientasi pasar dari UMKM, memperkuat jejaring diantara UMKM dan membangun kapasitas UMKM tentang kewirausahaan serta memberi masukan buat pembuat kebijakan atau pemerintah daerah untuk membantu UMKM meningkatkan kinerjanya dengan cara melakukan pelatihan dan meningkatkan kualitas akses dan fasilitas terhadap UMKM.
This study aims to understand effect of networking capabilities on performance of SMEs by mediating role of entrepreneurial orientation and market orientation. This study uses quantitative methods with data collection from 95 SMEs in Cipadu textile center, Tangerang City, Indonesia. With causal analysis method, SEM-PLS analysis, the results of research show that market orientation can mediate networking capabilities on performance of SMEs and networking capabilities have significant influence on entrepreneurial orientation. Yet, networking capabilities and entrepreneurial orientation have no influence on performance of SMEs significantly. This study proposes strengthening market orientation of SMEs, building networking among SMEs and building capacity of SMEs on entrepreneurialship and enhancing market orientation in improving performance of SMEs. In addition, advocacy also should be addresed to policy makers such as local government to support SMEs to improve performance by building capacity of SMEs through training and improving accesibility and facilities of SMEs.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54301
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Zaki Azizi
Abstrak :
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran mediasi kemampuan pembelajaran strategi dan kapasitas daya serap serta hubungannya orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan di industri komponen otomotif. Penelitian tentang konsep pembelajaran strategi dan kapasitas daya serap memediasi orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja sebagai sarana perusahaan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis masih belum banyak dilakukan. Menanggapi hal tersebut penelitian ini dilakukan di lingkungan industri komponen otomotif di Indonesia dimana gambaran rantai   pasok  dalam industri otomotif adalah seperti piramida, di mana perusahaan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sebagai puncaknya, selanjutnya ditopang perusahaan-perusahaan  pembuat komponen otomotif pada tingkatan yang disebut Tier-1, Tier-2, dan Tier-3. Penelitian ini menggunakan 118 sampel perusahaan komponen otomotif Tier1 atau perusahaan komponen inti. Dengan menggunakan analisis partial least squares (PLS), hasilnya menunjukkan bahwa terdapat full mediating dari kemampuan pembelajaran strategi dan kapasitas daya serap terhadap kinerja perusahaan. Orientasi kewirausahaan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kinerja dan kemampuan pembelajaran strategi tetapi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan pada kapasitas daya serap. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa orientasi pasar mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pembelajaran strategi dan kapasitas daya serap. ......The main objective of this study is to examine the mediating role of strategy learning capabilities and absorptive capacity and the relationship of entrepreneurial orientation and market orientation to firm performance in the automotive component industry. Research about the concepts of of strategy learning capabilities and absorptive capacity mediates entrepreneurial orientation and market orientation towards firm performance to adapt dynamic environment has received less research attention. Responding to this research was conducted in the Automotive Component Industry environment in Indonesia where the supply chain picture in the automotive industry is like a pyramid, where the Automotive company is at its peak, then supported by automotive component manufacturing companies at a level called Tier-1, Tier-2, and Tier-3. This study uses 118 samples of Tier1 automotive component companies or core component companies. By using partial least squares (PLS) analysis, the results showed that there is full mediating of strategy learning cability and absorptive capacity on firm performance. Entrepreneurial orientation has a significant positive effect on the firm performance and strategic learning capability however does not have a significant effect on absorptive capacity. The results of this study also showed that market orientation has a positive influence on the strategic learning cability and absorptive capacity.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library