Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurozy
Abstrak :
Indonesia merupakan salah satu negara pemasok kebutuhan komoditi perikanan dunia dengan potensi produksi yang cukup besar. Sebagai sumber penghasil devisa, komoditi perikanan telah memainkan peranan yang tidak kalah penting dengan komoditi lain. Selama beberapa tahun terakhir devisa yang dihasilkan dari ekspor komoditi perikanan menunjukkan kecenderungan meningkat.

Di samping potensi yang cukup besar, sub sektor perikanan sebagai penghasil devisa juga didukung oleh beberapa faktor kondisi seperti sumber daya manusia, sarana dan prasarana. Sub sektor ini juga didukung industri pengolahan ikan yang tersebar di beberapa daerah, Sementara itu, dukungan dari pemerintah di samping mengupayakan iklim usaha yang kondusif, pengembangan sarana dan prasarana fisik, juga pengembangan ketrampilan SDM.

Meningkatnya permintaan negara-negara konsumen serta depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat memberikan peluang untuk meningkatkan akses pasar. Namun demikian, sejalan dengan adanya peluang , khususnya di pasar Amerika-Serikat ternyata Indonesia menghadapi persaingan yang ketat dengan negara-negara pemasok di samping penerapan kebijakan standard mutu yang ketat oleh pemerintah Amerika Serikat. Ketatnya persaingan dan persyaratan mutu tersebut merupakan tantangan yang harus diatasi agar peluang yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan peluang pasar Amerika Serikat serta strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemanfaatan peluang yang ada. Jenis penelitian ini adalah studi analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan "Diamond Porter". Sementara itu, untuk membantu menyusun strategi bagi peningkatan pemanfaatan peluang pasar digunakan model analisis SWOT.

Untuk meningkatkan pangsa pasar komoditi perikanan ke Amerika Serikat, maka strategi yang perlu dilakukan adalah strategi peningkatan mutu (kualitas). Dengan penerapan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing komoditi perikanan Indonesia di pasar Amerika Serikat, karena dengan peningkatan mutu pada gilirannya kesetiaan konsumen (pelanggan) akan dapat ditingkatkan.
2000
T5104
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarry Asrini
Abstrak :
Pasar memainkan peranan cukup penting dalam memasok kebutuhan pokok masyarakat, termasuk ikan. Namun pasar tradisional memiliki stigma buruk dalam hal pengelolaan lingkungan, identik dengan kotor dan bau. Dalam rangka mengubah stigma masyarakat terhadap pasar ikan tradisional, pemerintah membangun Pasar Ikan Modern (PIM) di Muara Baru yang bertujuan menyediakan tempat jual beli ikan yang nyaman dan bersih. Dalam pengoperasiannya, pemerintah merelokasi pedagang ikan di PPI untuk berjualan di PIM Muara Baru. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi lingkungan pasar, partisipasi pedagang, omset penjualan, dan menyusun strategi dalam pengembangan PIM Muara Baru. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan metode AHP. Berdasarkan hasil penelitian, kondisi lingkungan PIM Muara Baru belum memenuhi standar sanitasi pasar sehat berkelanjutan, partisipasi pedangang terhadap kebersihan lingkungan PIM Muara Baru kurang baik dengan nilai rata-rata <50%, omset penjualan pedagang mengalami penurunan sebesar 30-80% setelah direlokasi, dan strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan PIM adalah peningkatan peran pengelola pasar. ......The market plays an important role in supplying the community's basic needs, including fish. However, traditional markets have a bad stigma in terms of environmental management, synonymous with dirty and smelly. In order to change the community's stigma towards traditional fish markets, the government built a Modern Fish Market (PIM) in Muara Baru which aims to provide a comfortable and clean place to buy and sell fish. In operation, the government relocated fish traders at PPI to sell at PIM Muara Baru. The purpose of this research is to analyze the condition of the market environment, merchant participation, sales turnover, and develop strategies for developing PIM Muara Baru. This study uses a quantitative approach with data analysis methods using descriptive analysis and AHP methods. Based on the results of the study, the environmental conditions of PIM Muara Baru have not met the sanitary standards of a sustainable healthy market, the participation of traders in environmental cleanliness of PIM Muara Baru is not good with an average value of <50%, the sales turnover of traders has decreased by 30-80% after being relocated, and the strategy that can be used in the development of PIM is the increased role of market managers.

 

 

Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library