Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ajeng Dinantika Rahayu
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai strategi Perangkat Daerah untuk meningkatkan partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan melalui Forum Anak di tingkat kota (studi deskriptif pada Kota Administrasi Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta) dan hambatan yang terdapat pada program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi literatur, wawancara mendalam, observasi partisipatif serta dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima tahapan yang dilakukan oleh Perangkat daerah sebagai strategi pengembangan komunitas yaitu tahap persiapan dengan menentukan kriteria, melakukan penyebarluasan informasi, pengkaderan forum anak, pembentukan dan pengukuhan forum anak serta peningkatan kapasitas. Tahap kedua yaitu tahap pengkajian dengan analisis SWOT dan analisis problem tree. Selanjutnya, tahap perencanaan dengan penyusunan matriks stakeholder serta penyusunan prioritas masalah dan program. Tahap formulasi rencana aksi serta terakhir pelaksanaan dengan melewati proses pra msurenbang dan msurenbang. Selanjutnya, dalam lima tahapan yang dilakukan oleh perangkat daerah tersebut sebagai strategi pengembangan dengan mengolaborasikan pendekatan direktif dan pendekatan non direktif. Kendala berasal dari kepribadian antara lain yaitu kestabilan (homeostasis) dan kebiasaan (habit). Sedangkan faktor kendala yang berasal dari sistem sosial yaitu kesatuan dan kepaduan sistem serta budaya (systemic and cultural coherence), intervensi kelompok kepentingan (vested interests), dan penolakan terhadap orang luar (rejection of outsiders). ......This study discusses the strategy of the Regional Apparatus to increase children's participation in development planning through the Children's Forum at the city level (descriptive study in South Jakarta Administrative City, DKI Jakarta Province) and the obstacles contained in the program. This research uses a qualitative approach with a descriptive type of research. Data collection techniques used are literature study, in-depth interviews, participatory observation and documents. The results showed that there were five stages carried out by the regional apparatus as a community development strategy, namely the preparation stage by determining criteria, disseminating information, cadre of children's forums, formation and strengthening of children's forums and capacity building. The second stage is the assessment stage with SWOT analysis and problem tree analysis. Next, the planning stage involves the preparation of a stakeholder matrix and the preparation of problem and program priorities. The action plan formulation stage and the last stage is implementation by going through the pre-msurenbang and msurenbang processes. Furthermore, in five stages carried out by the regional apparatus as a development strategy by collaborating directive and non-directive approaches. Constraints come from personality, among others, homeostasis and habits. Meanwhile, the constraining factors that come from the social system are systemic and cultural coherence, intervention of interest groups (vested interests), and rejection of outsiders.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imelda Meinar Sari
Abstrak :
ABSTRAK
Anak sebagai penerus bangsa hingga saat ini masih berada pada kondisi memprihatinkan. Anak perlu disosialisasikan haknya agar mampu menyuarakan aspirasi berkaitan dengan kepentingan dan kebutuhan mereka. World Vision Indonesia (WVI) sebagai NGO yang fokus pada anak telah melakukan sosialisasi hak anak melalui program anak sebagai wadah transfer nilai hak partisipasi. Program yang dilakukan adalah kegiatan kelompok minat dan bakat (tari, futsal, musik), pertemuan rutin Forum Anak, penyuluhan dan perayaan. Penelitian kuantitatif ini dilakukan terhadap 94 anak dampingan WVI ADP Kebon Pala, Jakarta Timur. Terdiri atas 50 anak yang mengikuti program WVI dan 44 anak yang tidak mengikutinya dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengetahuan hak partisipasi dan partisipasi dalam keluarga terhadap kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan hak partisipasi berbeda signifikan secara statistik pada α=0.05 (pvalue= 0.005) antara mengikuti program WVI dengan yang tidak mengikutinya. Tingkat pengetahuan hak partisipasi yang mengikuti program WVI lebih tinggi (76%) daripada yang tidak mengikutinya (48%). Partisipasi dalam keluarga terdapat perbedaan signifikan secara statistik pada α=0.05 (p-value=0.025) dimana partisipasi dalam keluarga yang mengikuti program WVI lebih tinggi (64%) daripada yang tidak mengikutinya (41%). Hal ini menunjukkan perlunya untuk menfasilitasi forum anak menjadi wadah sosialisasi hak anak termasuk hak partisipasi.
ABSTRACT
As the next generation, children until now are still in poor condition. Children need to be socialized to be able to express the aspirations of their rights related to their interests and needs. World Vision Indonesia (WVI) as an NGO that focuses on children had socialized child rights through program which transfer participation rights values. The program is a interests and talent group (such as dance, indoor soccer, music), Children's Forum regular meetings, education and celebration. Quantitative research was conducted on 94 children assisted WVI ADP Kebon Pala, East Jakarta. It consists of 50 children who attend the program WVI and 44 children who did not follow within the past year. The goal is to determine whether there are differences in knowledge and participation rights of participation in the family of the two groups. The results showed different levels of knowledge of the rights of participation are statistically significant at α = 0.05 level (p-value = 0.005) between children who attend the WVI program and children that does not follow. The level of knowledge of rights WVI program participation is higher (76%) than those not followed (48%). Participation in the family show that there is a statistically significant difference at α = 0.05 level (pvalue = 0.025) where participation in the family who attend the program WVI higher (64%) than those not followed (41%). This suggests the need for a forum to facilitate the child into socialization container children's rights including the right of participation
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42318
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stevi Della Ardina Putik Permata
Abstrak :
Tesis ini membahas metode partisipasi yang digunakan Forum Anak Kelurahan Benda Baru (FAKBB) dalam tahapan pembangunan kota dan derajat partisipasi Forum Anak Kelurahan Benda Baru (FAKBB) dalam Musrenbang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini menghasilkan temuan bahwa partisipasi Forum Anak Kelurahan Benda Baru (FAKBB) di Kota Tangerang Selatan masih dalam tahap sosialisasi. Derajat partisipasi dalam Musrenbang saat ini masih dalam derajat Non Participation sedangkan, motode partisipasi yang digunakan masih belum maksimal sehingga perlu adanya pengunaan metode partisipasi Community Action Planning (CAP), teknik partisipasi Awareness Methods, Classic Brainstorming, Interactive Brainstroming, dan Digital Technology yang disesuaikan dengan karakteristik anak dalam tiap tahapan pembangunan kota.
This thesis discussed the use of participatory methods Forum Anak Kelurahan Benda Baru (FAKBB) in the stages of urban development and the ladder of participation Forum Anak Kelurahan Benda Baru (FAKBB) in Musrenbang. This research was a qualitative which used case study approach. This research found that participation Forum Anak Kelurahan Benda Baru (FAKBB) in South Tangerang City was still in the stage of socialization. The ladder of participation in Musrenbang was still in Non Participation ladder, whereas the participatory methods used was not optimal so it was necessary to use Community Action Planning (CAP ) participatory methods, Awareness Methods participation techniques, Classic brainstorming, brainstorming Interactive and Digital Technology which needed to be adapted to the child characteristics in every stages of urban development.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library