Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Sarah Kloer
Abstrak :
Perusahaan Traveloka ditantang untuk mempertahankan customer brand engagement dalam era transisi digital, salah satu caranya adalah melalui gamification dengan fitur Game Farm. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gamification terhadap customer brand engagement pada pengguna Traveloka Game Farm. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan kuesioner 177 responden yang memenuhi kriteria dengan teknik penarikan sampel secara purposive sampling yang merupakan bagian dari non-probability sampling. Pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dalam bentuk regresi sederhana serta regresi berganda untuk menentukan dimensi yang paling kuat dalam pengujian variabel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gamification terhadap customer brand engagement pada pengguna Traveloka yang memakai fitur Game Farm. Penelitian ini juga menunjukkan hasil bahwa dimensi game components memiliki pengaruh yang paling kuat daripada dimensi game mechanics dan game dynamics.
......Companies like Traveloka are challenged to retain customer brand engagement within the competitive digital transition era between other similar companies, one of which is through gamification in the form of Game Farm. The purpose of this research is to analyze how gamification affects customer brand engagement towards Traveloka Game Farm users. Within this research, the method used is a quantitative approach through a questionnaire spread towards 177 Traveloka respondents who have fulfilled the sampling criteria. The data collected from the survey is analyzed using descriptive statistical analysis as well as inferential statistical analysis through a simple regression analysis and multiple regression analysis to determine which dimension of the variable has the largest impact with the SPSS 20 software. The result of this research shows that gamification does affect customer brand engagement. Between gamification’s three dimensions, game components are the most significant compared to game mechanics and game dynamics dimensions.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Thara Nadhifa Zakirah
Abstrak :
Perkembangan eksponensial gim video dalam budaya populer telah menarik perhatian cendekiawan selama bertahun-tahun. Dibanding media lain, gim video unik karena mereka memberikan pengalaman interaktif untuk para pemain dengan cara memberi pemain kekuasaan untuk memilih. Keberadaan mitologi dan sistem kepercayaan dalam gim video telah diperdebatkan sebagai peran yang penting, di mana mitologi dan sistem kepercayaan bertindak sebagai referensi yang menjadi dasar gim itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana sistem kepercayaan utama di Dragon Age: Origins (2009) saling berhubungan dengan hirarki ras dalam game. Narasi dan mekanik dalam him dipelajari guna menunjukkan dengan tepat hubungan lembaga agama dengan rasisme. Hasil temuan menunjukkan bahwa ada hubungan yang kompleks antara rasisme dan lembaga agama. Dari waktu ke waktu, studi soal rasisme berlandaskan agama dan pemahaman kita akan religiusitas berkembang. Meskipun tidak ada korelasi eksplisit yang menyatakan bahwa lembaga agama dan rasisme itu berkaitan, bukan berarti keduanya sepenuhnya tidak terkait. Kita harus berhati-hati untuk tidak menentang agama itu sendiri, tetapi mengkritik dinamika lain yang ikut bermain seperti kekuasaan dan harta.
......The exponential growth of video games in popular culture has been piquing scholars' attention for years. Video games are unique compared to other media as they provide interactive experience for the users by giving them the power to choose. It has been argued that mythologies and belief systems play an important role in video games, wherein they act as referents to which video games are based on. This study aims to research how the major belief system in Dragon Age: Origins (2009) is interconnected with the in-game racial hierarchy. Using textual analysis as the method, the game narrative and mechanics are studied in order to pinpoint the connection between institutionalized religion and racism. The findings show that there are complex relations between racism and institutionalized religion. Through time, the study of religious racism and our understanding of religosity evolved. Although there are no explicit positive corelation between the two, it is not entirely unrelated either. We must be careful to not to oppose religion itself, but to criticize the other dynamics that come into play such as power and money.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library