Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
selfiyani lestari
"Tesis ini membahas pengaruh berita mengejutkan sebagai salah satu karakteristik berita palsu terhadap intensi menyebarkan berita melalui WhatsApp dengan moderasi gratification sought mencari informasi, bersosialiasi, hiburan, dan mencari status. Penelitian dilakukan secara kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Eksperimen dilakukan secara between subject melalui laman daring kepada 275 partisipan. Kelompok eksperimen menerima skenario penerimaan berita mengejutkan, sedangkan kelompok kontrol menerima skenario penerimaan berita tidak mengejutkan. Analisis data dilakukan melalui uji multiple regression menggunakan SPSS versi 24. Hasil menunjukkan bahwa berita mengejutkan lebih meningkatkan intensi menyebarkan berita dibandingkan berita tidak mengejutkan (B = .590, SE = .202, p = .004). Gratification sought mencari status berperan sebagai moderator yang menurunkan intensi menyebarkan berita mengejutkan. Gratification sought hiburan maupun mencari status, usia, dan jenis kelamin juga diketahui menjadi prediktor intensi menyebarkan berita. Penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya yang menjelaskan peran dari karakteristik dan gratifikasi terhadap penyebaran berita melalui media sosial. Selain itu, adanya interaksi antara karakteristik berita dan gratifikasi menjadi penemuan yang dapat memberikan pandangan baru bagi studi psikologi media dalam mengkaji penyebaran berita melalui media sosial.

This thesis studied the influences of surprising news and gratification soughts on the intention of spreading news through WhatsApp. Online survey experiments were conducted using between-subject design with 275 participants. Participants in the treatment group received a script containing surprising news while the control group received a script containing unsurprising news. Data analysis was carried out through multiple linear regression test. The result showed that surprising news increased the intention to spread the news more than unsurprising news (B = .590, SE = .202, p = .004). Gratification sought for status seeking was found as moderator which reduced the intention to spread surprising news. Furthermore, gratification sought in entertainment and seeking status, along with age and gender were also found to generate stronger intention to spread news. This study supports previous research that explains the role of news characteristics and gratification in spreading news through social media. Morover, the interaction between news characteristics and gratification can provide a new perspective on the study of media psychology in examining the dissemination of news through the social media."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatimah Solihah
"Tesis ini membahas kebutuhan-kebutuhan pengguna terhadap kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan dengan berlandaskan teori uses and gratifications. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Sebanyak 405 responden dengan kriteria yaitu pengguna Twitter yang tergabung sebagai follower akun autobase @indomyfess, berhasil diperoleh dengan kuesioner yang disebar secara nline. Metode analisis deskripitif dan SEM digunakan untuk membuktikan adanya pengaruh kepuasan penggunaan terhadap niat keberlanjutan penggunaan media sosial. Mengadopsi kerangka penelitian Bae (2017), terdapat tiga hipotesis dalam penelitian ini, yaitu kebutuhan yang dicari pengguna terpuaskan. Kedua, masing-masing terpenuhinya kebutuhan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna secara menyeluruh. Ketiga, kepuasan pengguna berpengaruh terhadap niat keberlanjutan penggunaan media sosial. Selisih gratification sought dan gratification obtained menemukan bahwa pada aspek sosialiasi, kenyamanan, dan dukungan sosial, kebutuhan pengguna terpenuhi. Kemudian hasil penelitian membuktikan bahwa kebutuhan yang terpenuhi mempengaruhi kepuasan pengguna dan kepuasan pengguna mengarah pada niat keberlanjutan penggunaan. Di masa depan, penelitian dapat menekankan faktor komunitas yang tidak dibahas mendalam pada penelitian ini.

This study discusses the user needs towards satisfaction and intention to continue using social media based on the uses and gratifications theory. This research is an quatitative research with explanatory approach used. A total of 405 respondents with the criteria, that is Twitter users who follow autobase account @indomyfess, were successfully obtained with questionnaires distributed online. Descriptive analysis and SEM methods were used to demonstrate the effect of user satisfaction on the intention to continue using social media. Adopting research framework of Bae (2017), there are three hypotheses in this study, firstly the needs which users seek are satisfied. Secondly, the fulfillment of each need affects overall user satisfaction. Thirdly, user satisfaction affects the intention to continue using social media. Using gratification sought and gratification obtained, it found that user needs in aspect of socialization, convenience, and social support, were met. Moreover, results of the study prove that fulfilled needs affect user satisfaction and user satisfaction leads to the continuance usage for social media users. In the future, research may emphasize community factors which were not discussed in depth in this study."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library