Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18 dokumen yang sesuai dengan query
cover
O`Callaghan, Paul W.
New York : Pergamon Press , 1978
693.832 OCA b (1);693.832 OCA b (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011
R 729 DES (1)
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ryan Junaldi
2012
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Chempaka Syahbuddin
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada intervensi yang dilalcukan oleh manajemen di
PT KOE untuk mcmbcntuk perilaku hemat energi pada karyawan meialui
program carpooling.
Pada saat ini ketersediaan energi BBM semakin berkurang. Menurut UU
Konsewasi Encrgi no.30 tahun 2007 adalah tanggungjawab semua pihak untuk
melakukan konservasi energi. Karena pemakaian BBM di Indonesia terbanynk
dikonsumsi oleh sektor industrl, dengan perincian sebagai berikut : yaitu sektor
rumah tangga sebesar 21,5%, sektor transportasi 37,9% serta sektor industri
sebesar 40,6%, maka sektor indushi sangat mcnaruh perhatian khusus untuk
menghemat energi. Disinilah perusahaan dapat berpanisipasi.
Energi dalam arti spcsifik yang dipakai industri adalah energi listrik yang
menggunakan bahan bakar minyak untuk pembangkilnya. Dalam rangka ikut
berpartsisi dalam melakukan pcnghematan energi di perusahaan, managemen PT
KOE mcncari program konservasi energi yang sesuai dengan keseharian
karyawannya.
' Melalui observasi dan wawancara yang dilakukan penulis, tergambarkan
pola keseharian karyawan di PT KOE yang mengakibatkan pemakaian listrik yang
melebihi semestinya di dalam kantor. Hal ini menyebabkan membengkaknya
biaya listrik yang harus dibayarkan oleh perusahaan.
Untuk menimbulkan perilaku konscrvasi cnergi, penul is mengusulkan
kepada perusahaan untuk melakukan program kompetisi carpooling, yaitu sebuah
perilaku dimana karyawan menggunakan satu mobil beramai-ramai sewaklu
berangkat dan pulang kerja.
Bertujuan untuk melihat intensi karyawan dalam melakukan carpooling,
penulis melakukan intervensi di perusahaan dengan menyebarkan informasi
selama tiga hari benurut-turut kcpada kclompok yang terdiri dari 30 orang dengan
kritcria mcmiliki mobil pxibadi dan berdomisili di luar Jakarta. Dilakukan juga
pengukuran intensi, sebelum dan sesudah intervensi. Hasil yang didapat adalah
teljadi kcnaikan intcnsi untuk melakukan cmpooling puda karyawan setelah
diadakan intervensi.
Berdasarkan hasil intervensi ini, pcnulis mengusulkzm kepada pemsahaan
untuk mclaksanakan kompetisi carpooling antar karyawan untuk membentuk
perilaku melakukan carpooling sewaktu berangkat dam pulang kantor bcrsama
rekan sekerja.

ABSTRACT
Today, the supply of energy from fossil fuel is depleting, white the
demand is increasingly higher. Consequently, the price is also rising higher every
day. The Conservation Bill no.30 year 2007 (Undang-undang Konservasi no.30
tahun 2007) has stated that it is the responsibility ot' all involved in society such as
the industry, the transportation and the households sector to conserve energy. The
statistics shows that the industrial sector has consumed 40,6% ot? all energy
consumption, followed by the transportation sector that reaches 37% and the
household sector is 21 ,5%. Therefore, the industry is the sector most conccmcd to
safe energy a way to cut energy cost. Energy in industrial term means electricity;
as such electric power plant to be able to operate needs fossil fuel as the energy.
The intervention in corporation done by PT KOE company toward its
employees is done because the company is seeking a solution, a way to conserve
energy meaning to cut electricity cost.
From observation and interviews, the writer finds out the routines of the
everyday life of the employees of PT KOE company which eventually effects the
consumption of electricity which is higher than it should be. The management of
PT KOE has agreed to a proposal submitted bythe writer to conduct intervention
within corporation which is the carpooling, a behavior in which employees to go
to work and go home together sharing one car with fellow employees.
The writer conducts intervention in corporation by spreading infonnation
to a group of 30 employees in a three days? time in sequence, with the following
criteria: each has a private car, each lives in outer J akarta.
Intention measurement is also done before and after intervention. The
result is the raise of intention of the employees atier the intervention conducted.
Based on the result of the intervention, the writer proposes to the management of
PT KOE to conduct carpooling competition to develop carpooling behavior to go
to work and to go home together with colleague by sharing a car.

"
2008
T34106
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Endah Eny Sulistyawati
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang penerapan bangunan hemat energi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kerangka rekayasa sistem. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran sistem dan rekomendasi kebijakan dari hasil evaluasi kebijakan pemerintah terkait bangunan hemat energi, serta mendapatkan rekomendasi dari studi kasus pengambilan keputusan pemilihan teknologi hemat energi. Pengambilan keputusan untuk studi kasus dilakukan dengan metode Analytic Hierachy Process AHP . Berdasarkan hasil penelitian, penerapan bangunan hemat energi di Indonesia masih memerlukan dorongan kebijakan pemerintah, terutama terkait pembiayaan proyek efisiensi energi. Faktor ekonomi masih merupakan faktor utama yang dipertimbangkan dalam penerapan bangunan hemat energi di Indonesia. Kemudian diperlukan peningkatan kemampuan teknikal bagi praktisi bangunan dan pihak lembaga pembiayaan terkait efisiensi energi. Selain itu, karena faktor lingkungan belum mendapat prioritas utama dalam penggunaan energi di bangunan, maka dibutuhkan upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat Indonesia dalam membudayakan perilaku hemat energi.

ABSTRACT
This study discusses the application of low energy buildings in Indonesia with a system engineering framework approach. The purpose of this research is to get the system overview and policy recommendation from result of government policy evaluation related to energy saving building, and get recommendation from case study of decision making of energy saving technology selection. Analytic Hierachy Process AHP is a method used to make decisions. Based on the results of this research, the implementation of low energy building in Indonesia still needs an encouragement of government policy, especially related to financing energy efficiency projects. Economic are still the main factor considered in the implementation of low energy buildings in Indonesia. Then it is necessary to improve technical capability related to energy efficiency for building practitioners and financing institutions. Moreover, since environmental have not been prioritized in energy use in buildings, it needs an effort to build awareness of Indonesian society to develope energy saving behavior."
2017
T48165
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lilis Purnamasari
"Penerangan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia dimanapun berada, karena dengan adanya penerangan itu akan sangat membantu aktivitas dan produktivitas manusia. Semakin banyak jumlah manusia kebutuhan akan penerangan itu pun juga bertambah. Hal tersebut berarti berbanding lurus dengan kebutuhan listrik. Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul produkproduk lampu hemat energi. Kebenaran daya lampu hemat energi tersebut perlu diuji apakah benar lampu tersebut hemat, dan seberapa persen penghematannya. Pada penelitian ini dilakukan pengecekan daya lampu dan perhitungan penghematan lampu hemat energi menggunakan metode LCCA dari 2 alternatif lampu yang direkomendasikan. Lampu yang diteliti adalah TL, CFL, dan lampu LED. Hasilnya, lampu LED terpilih menjadi lampu pengganti TL dengan tingkat penghematan biaya sebesar 11% dan penghematan daya sebesar 87% dari lampu TL yang digunakan di banguna-banguan FT UI.

Lighting is one of the primary needs of human beings everywhere, because with the lighting that will greatly assist human activity and productivity. The more the number of people will need that information was also increased. It means directly proportional to the demand for electricity. Along with technological developments, emerging products of energy saving lamps. Truth is power energy saving lamp needs to be tested whether the saving lamps, and how much percent savings. In this study done checking power saving lamps and energy-efficient lighting calculations using the LCCA of two alternative lights recommended. Studied the TL lamps, CFL, and LED lights. The result, the LED replacement lamp TL was elected to the rate of 11% cost savings and power savings of 87% of TL lamps used in buildings of FT-UI."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1963
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fikry Rachman Faizal
"Rendahnya tingkat penggunaan bahan bakar, bertenaga, ringan merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan untuk merancang kendaraan yang diikut serta dalam kompetisi tahunan Shell Eco-marathon. Kompetisi ini meransang jiwa enjiniiring insinyur-insinyur muda untuk merancang kendaraan inovatif yang mampu berjalan ribuan kilometer untuk setiap liter bahan bakarnya. Mendesain, Membangun, Mempraktikannya untuk membuktikan bahwa hasil rancangan mereka benar-benar berhasil.
Tulisan ini mempresentasikan kajian teoritis dan optimasi mesin otto satu silinder empat langkah berkapasitas 65 cc hasil rancangan tim riset berdasarkan teori motor pembakaran dalam dengan mengoptimasi rumus-rumus empiris pada perhitungan siklus termodinamika, dengan tujuan hasil perhitungan masih dalam batasan nilai input untuk mengkalkulasi komponen-komponen mesin hasil rancangan. Mesin ini dirancang untuk kompetisi hemat energi seperti Shell Eco-marathon.

Low rates of fuel utilization, high power, and low weight of the vehicle are some factors that need to be considered while participating in the annual Shell Ecomarathon competition. This competition stimulates the sense of engineering of young engineers to design an innovative vehicle which can run through thousands of kilometers on a liter of fuel. Design, build, and run the vehicle to proof that it is really work.
This paper present the theoretical study on 65cc Four-Stroke Onecylinder Spark-Ignition Engine, based on Internal Combustion Engine theory with optimize the empirical value of thermodynamic cycle due to the calculation results are still within the limits of input value for calculating the components used for designing. This engine is designed for fuel-saving competition like Shell Eco-marathon.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joan Linden Lockita
"Nakoela adalah bagian tim UI SMV yang berfokus untuk mengembangkan mobil hemat energi kelas prototype berfokus meningkatkan efisiensi sistem dari kendaraan. Mobil Nakoela ikut berkompetisi pada lomba Kontes Mobil Hemat Energi dan Shell Eco Marathon. Aerodinamika merupakan salah satu aspek yang menentukan tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar. Gaya drag dan lift merupakan komponen dari aerodinamika kendaraan yang dianalisa dengan menggunakan metode computational fluid dynamic, dengan menggunakan asas pemodelan wind tunnel. Simulasi aerodinamika dengan menggunakan CFD juga dilakukan proses Grid independence study dengan tujuan untuk mencari konfigurasi ukuran element dari objek yang akan disimulasi sehingga tidak menghasilkan data yang valid. Gaya drag dan lift akan mengalami peningkatan sejalan dengan pengingkatan kecepatan gerak dari kendaraan. Gaya drag yang timbul pada mobil Nakoela denagn kecepatan 50 km/jam adalah 5,16 N dan gaya lift yang timbul dengan kecepatan yang sama bernilai -4,08 N. Nilai coefficient of drag dari body Nakoela bernilai 0,107 dan nilai dari coefficient of lift -0,019. Peningkatan temperatur udara saat mobil Nakoela bergerak akan mempengaruhi nilai gaya drag dan lift, semakin tinggi temperatur maka gaya drag dan lift akan semakin kecil. Perubahan temperatur tidak menimbulkan dampak yang signifikan terhadap nilai dari coefficient of drag dan coefficient of lift body mobil Nakoela.

Nakoela is one of the UI SMV teams that focuses on developing a highly efficient prototype concept in energy usage. The Nakoela car competed in the Kontes Mobil Hemat Energi and Shell Eco-Marathon. Aerodynamics is one aspect that determines the fuel efficiency level of a vehicle. Drag and lift are components of vehicle aerodynamics analyzed using computational fluid dynamic methods. Before CFD analysis, a Grid independence study process was also carried out to find a configuration of the element sizes of the object, thus producing valid data. Drag and lift forces will increase in line with the increase of vehicle’s movement speed. The drag force that occurs on the Nakoela car at a speed of 50 km/h is 5.16 N and the lift force is -4.08 N. The coefficient of drag of the Nakoela body is 0.107 and the value of the coefficient of lift is -0.019. An increase in air temperature when the Nakoela car is moving will affect the value of the drag and lift forces, the higher the temperature, the smaller the drag and lift forces occur. However, temperature changes do not have a significant impact on the value of the Drag and Lift Coefficient."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Febrianto
"Arus inrush merupakan suatu kondisi transien arus ketika dilakukan operasi pensaklaran pada beban dalam suatu rangkaian listrik. Arus inrush dalam ketenagalistrikkan selalu diperhitungkan untuk beban-beban kapasitas besar atau peralatan listrik yang mengkonsumsi daya listrik yang besar. Jarang sekali dilakukan penelitian mengenai arus inrush pada operasi pensaklaran beban yang menyerap daya relatif kecil, seperti pada beban pada rumah tangga. Pengujian karakteristik arus inrush pada pensaklaran lampu hemat energi ini dilakukan untuk melihat bagaimana karakteristik arus inrush saat operasi penutupan saklar dilakukan, danapa yang menyebabkan operasi penutupan saklar pada lampu hemat energi ini menghasilkan respon lonjakan arus sesaat. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa penyebab terjadinya fenomena arus inrush pada operasi pensaklaran lampu hemat energi ini adalah karena adanya nilai kapasitansi yang besar pada komponen ballast di dalam lampu hemat energi.

Inrush current is a transient current that occurred at load switching operation. Experiment about inrush current in power system almost done with high power load switching operation. Just a little of inrush current experiment do in a load which consumed low power, like in household equipment. Experiment of inrush current that occur in energy saver lamp switching operation has been done to see the inrush current characteristic at turn on operation, and to analyze how inrush current can occur in this turn on operation. Form the result of this experiment shows that inrush current in energy saver lamp switching operation occurred because there was a high capacitance value from ballast component in energy saver lamp."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S51024
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Frederick Marshall Allo Linggi
"Penerangan merupakan salah satu pengkonsumsi energi listrik terbesar yang berkisar 20 %-25 % dari total konsumsi energi listrik yang terpakai sehingga diperlukan pemilihan penggunaan lampu yang hemat energi. Lampu LED adalah inovasi teknologi penerangan yang lebih hemat energi dibandingkan Lampu Hemat Energi (LHE). Maka dari itu dilakukan penelitian dengan menggunakan lampu LED 10 Watt dan LHE 14 Watt bermerek sama. Pengujian yang dilakukan adalah Pengujian Penuaan 100 jam untuk menganalisis kebenaran spesifikasi lampu dan Pemeliharaan Fluks Cahaya 480 jam untuk membandingkan laju perubahan spesifikasi yang terjadi dari lampu terhadap waktu pada tiga tegangan kerja yaitu 198 V, 220 V, dan 231 V berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 06/2011 , SNI IEC 60969 : 2009 ,dan SNI 04-0227-2003. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa tegangan operasi terbaik dari kedua lampu adalah tegangan 220 V. Setelah pengujian penuaan dan pemeliharaan fluks cahaya pada tegangan 220 V didapatkan lampu LED dengan spesifikasi 10 Watt 800 lumen 80 lumen/watt, diperoleh hasil 9,7 Watt, 851,17 lumen, 87,75 lumen/watt dan LHE spesifikasi 14 Watt, 810 lumen, 58 lumen/watt, diperoleh hasil 12,5 Watt, 727,5 lumen, 58,2 lumen/watt.

Lighting is one of the biggest electrical usage, taking 20% 25% of the total consumption, so that the selection of an efficient, low power lamp is a necessity. LED lamp is a lighting technology innovation which has a better efficiency compared to that of a Compact Flourescent Lamp (CFL). From this fact, a research is done by using a 10 watt LED and a 14 watt CFL from the same brand. The measurements done are a 100 hour ageing test to analyze the validation of the lamp's spesification and a 480 hour lumen maintenance to compare the rate of the spesification change of the lamp on three operating voltage: 198 V, 220 V, and 231 V based on the Regulation of Minister of Energy and Mineral Resources Number 06/2011, SNI IEC 60969 : 2009, and SNI 04-0227-2003. From the measurement done, the best operating voltage for both lamps is 220 V. From the ageing and lumen maintenance test, the 10 Watt and 800 lumens with 80 lumen/watt LED lamp results in 9,7 watt and 851,17 lumen, with 87,75 lumen/watt and the 14 watt and 810 lumen with 58 lumen/watt CFL lamp results in 12,5 watt, 727,5 lumen, with 58,2 lumen/watt."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47503
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>