Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 88 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Hamsal
"ABSTRACT
This study aimed at evaluating the petformance of one ecotourism spots namely Pulau Merah, the beach which
is located within the forest area in Banyuwangi, East Java. According to number of its visitors, Pulau Merah
is potential to be developed as an ecotourism destination. In addition, it is located near the Sukamade beach, one of the T riangle Diamond which is set as main tourism
destination by the local government ofBanyuwangi. The IPA (importance performance analysis) was conducted to
assess performance ofPulau Merah and its development priority by distributing questionnaire to visitors. The research reveals that the main priority of improvement for Pulau Merah are road access to location, increase of electricity and telecommunication network, improvement of beach area cleanliness, improvement of public toilets and washing facilities quality, addition number of trash can and addition of warning boards of danger and warning boards not to exploit plants and animals in the beach areas."
Jakarta: The Ary Suta Center, 2018
330 ASCSM : 41 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Pranoto
"Penelitian ini berfokus pada peningkatan kualitas jaringan High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) dalam industri telekomunikasi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas jaringan HSDPA dan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan siklus DMAIC pada Six Sigma dan Importance Performance Analysis (IPA) sebagai kontrolnya. Dari hasil analisis didapat Call Setup Success Rate (CSSR) merupakan parameter Critical to Quality pada HSDPA dengan kualitas terendah. Hasil penelitian memberikan perubahan rata-rata CSSR dari 98,44% menjadi 99,43% dan level sigmanya dari 3,6<σ<3,7 menjadi σ > 4,0. Dan dari hasil pengukuran IPA menunjukan nilai performansi 3,62 melebihi nilai kepentingan 3,56 yang artinya pelanggan puas, sehingga perbaikan tadi sekaligus memberikan hasil baik pada perusahaan.

This study focus on quality improvement of High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) network in telecommunication industry. The purpose of this study is to improve quality of HSDPA network and customer satisfaction. The research method used in this reaseach is through implementation of Six Sigma DMAIC cycle and Importance Performance Analysis (IPA) as control. From analysis is found that Call Setup Success Rate (CSSR) as Critical to Quality parameter on HSDPA with lowest quality. The result give the average change in CSSR from 98,44% to 99,43% and sigma level from 3,6<σ<3,7 to σ > 4,0. And the result of IPA measurement show performance score is 3,62 greater than importance score 3,56 that mean the customer is satisfied, so that the improvement was at the same time provide good results on that company."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35075
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Hamsal
"ABSTRAK
This study aimed at evaluating the performance of one ecotourism spots namely Pulau Merah, the beach which is located within the forest area in Banyuwangi, East Java. According to number of its visitors, Pulau Merah is potential to be developed as an ecotourism destination. In addition, it is located near the Sukamade beach, one of the Triangle Diamond which is set as main tourism destination by the local government of Banyuwangi. The IPA (importance-performance analysis) was conducted to assess performance of Pulau Merah and its development priority by distributing questionnaire to visitors. The research reveals that the main priority of improvement for Pulau Merah are road access to location, increase of electricity and telecommunication network, improvement of beach area cleanliness, improvement of public toilets and washing facilities quality,addition number of trash can and addition of warning boards of danger, and warning boards not to exploit plants and animals in the beach areas."
Jakarta: The Ary Suta Center, 2018
330 ASCSM 42 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ajib Haryanto
"Skripsi ini membahas tentang penentuan prioritas yang harus dilakukan dan sangat mempengaruhi kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah pesaing yang semakin bertambah dalam perbankan syariah dan kepuasan nasabah menjadi penting untuk mendapatkan dan mempertahankan nasabah . Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Analisis Faktor dan Importance Performance Analysis untuk mendapatkan faktor yang dominan.
Hasil penelitian ini menunjukkan faktor dominan yang membutuhkan prioritas perbaikan (terletak pada kuadran 1) adalah faktor kecepatan pelayanan dan kemudahan transaksi dengan nilai importance 4,41 dan nilai performance 2,92 serta faktor kehandalan teknologi dengan nilai importance 4,39 dan nilai performance 3,32.

This paper discusses the determination of priorities that must be done and greatly affects customer satisfaction in Bank Syariah Mandiri. The background of this research due to the growing number of competitors in Islamic Banking and customer satisfaction becomes important to gain and retain customers. In this study the method used is the Factor Analysis and Importance-Performance Analysis to gain a dominant factor.
The results of this study indicate factor that needs improvement priorities (placed in first quadrant) is speed service, ease of transaction with importance value 4,41 and performance value 2,92 and reliability of technology with importance value 4,39 and performance value 3,32.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1408
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"This research aims to analyze the quality of subdistrict public services in decentralization era, identifyservices dimensions or attributes that are prioritized by subdistrict for a better performance, and conduct comparative study to analyze whether a subdistrict with larger delegated authorities has a better quality of public services. The analysis was conducted using the Service Quality (ServQual) that had been developed into Importance Performance Analysis (IPA). The research was conducted through surveys in two locations i.e. Katapang Subdistrict in Bandung and Dramaga Subdistrict in Bogor, on three types of services namely 1) civil administration/registration services 2). Business license services and 3). Building construction license services.The research result showed that although the subdistricts had legally and formally shifted into local government institution, the quality of public service performance is still not optimal. This was indicated by the lower performance index as well as the importance index of the respondents for both subdistricts, in other words there were gaps between respondents perception and respondents expectation on public service quality.
"
Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 16 (2) Mei-Agustus 2009: 87-95,
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Carolina
"

Memasuki era Healthcare 4.0, Indonesia melakakun berbagai upaya dalam meningkatkan penggunaan teknologi digital pada rumah sakit yang ada di Indonesia. Salah satu teknologi yang telah mulai diimplementasikan dan dikembangkan adalah teknologi Rekam Medis Elektronik (RME). Namun dalam implementasinya, masih banyak rumah sakit yang belum mengimplementasikan teknologi RME dengan maksimal. Di dalam penelitian-penelitian sebelumnya disebutkan bahwa kesiapan dan penerimaan suatu teknologi akan mempengaruhi keberhasilan implementasi teknologi tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan dalam menggunakan teknologi khususnya teknologi RME berdasarkan model Technology Readiness Index 2.0 (TRI 2.0), serta melihat pengaruh setiap variabel terhadap penerimaan teknologi RME yang mengacu pada Technology Readiness and Acceptance Model (TRAM). Berdasarkan hasil pengukuran skor kesiapan, didapatkan bahwa pengguna RME di berbagai rumah sakit di Indonesia termasuk dalam kategori high technology readiness. Dari analisis yang dilakukan pada penelitian ini, ditemukan bahwa kesiapan teknologi yang tinggi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap penerimaan teknologi RME. Variabel yang ditemukan memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan teknologi RME pada rumah sakit di Indonesia adalah perceived ease of use dan innovativeness. Kedua variabel yang berpengaruh ini kemudian dijadikan dasar untuk membangun strategi dengan menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) sehingga didapatkan atribut yang dijadikan prioritas untuk dilakukan strategi peningkatan atau perbaikan. 


Entering the era of Healthcare 4.0, Indonesia has made various efforts in increasing the use of digital technology in hospitals in Indonesia. One of the technologies that has begun to be implemented and developed is Electronic Medical Record (EMR) technology. But in the implementation of the EMR technology, there are still many hospitals that have not been very successful. The previous studies mentioned that the readiness and acceptance of a technology will affect the successful implementation of the technology. Therefore, this study aims to measure the level of readiness in using technology, especially EMR technology based on the Technology Readiness Index 2.0 (TRI 2.0), and analyzing the effect of each variable on the acceptance of EMR technology using Technology Readiness and Acceptance Model (TRAM). Based on the technology readiness measurement results, it was found that EMR users in various hospitals in Indonesia are in the category of high technology readiness. From the analysis conducted in this study, it was found that high technology readiness had no direct significant effect on the acceptance of EMR technology. Perceived ease of use and innovativeness are the variables that were found to have a significant influence on the acceptance of EMR technology in hospitals in Indonesia. These two influential variables are then used as the basis for building a strategy using Importance-Performance Analysis (IPA) so that the attributes that are prioritized for an improvement strategy are obtained.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bella Theresia Harianja
"ABSTRAK
Mobile Health adalah bentuk inovasi dari teknologi e-health yang dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dimana inovasi ini dapat menjangkau lapisan masyarakat dengan menggunakan media komunikasi yang saat ini sangat dekat dengan manusia. Aktivitas mHealth semakin tersebar secara luas di seluruh dunia. Sejak tahun 2016, tercatat ada 259.000 aplikasi mhealth tersedia di App store, seperti Halodoc. Jabodetabek sebagai area megapolitan terbesar di dunia dapat menjadi target penerapan mHealth yang potensial dengan menargetkan Generasi Y sebagai pengguna potensial. Tingkat penerimaan terhadap penerapan mobile health berbeda untuk setiap generasi. Generasi Y yang merupakan generasi dengan kelompok umur 18-39 tahun memiliki karakter yang unik seperti melek teknologi dan sebagian besar secara suka rela dapat mengadopsi teknologi baru. Namun menurut Deloitte Indonesia hanya sekitar 10% dari jumlah penduduk di Indonesia yang sudah menggunakan aplikasi digital berbasis kesehatan sehingga penelitian ini menggunakan Model UTAUT yang telah diperluas untuk menemukan faktor yang berpengaruh terhadap penggunaan aktual mobile health di Jabodetabek. Faktor performance expectancy, social influence, perceived reliability menjadi faktor yang dapat mempengaruhi keinginan seseorang dalam menggunakan aplikasi mobile health. Faktor-faktor ini kemudian digunakan untuk merancang rekomendasi strategi dalam meningkatkan adopsi aplikasi Halodoc di Jabodetabek dan divalidasi menggunakan Diagram Importance-Performance Analysis.

ABSTRACT
Mobile Health is an innovation from e-health technology that is utilized in the world of health where this innovation can reach the layers of society by using trend communication media. MHealths activities are increasingly widespread throughout the world. Since 2016, there have been 259,000 health applications available on the App store, such as Halodoc. Jabodetabek as the largest megapolitan area in the world can be a target of potential mHealth implementation by targeting Generation Y as a potential user. The level of acceptance of the application of mobile health is different for each generation. Generation Y, which is the 18-39 age group, has unique characteristics such as technology literacy and most can voluntarily adopt new technologies. However, according to Deloitte Indonesia, only about 10% of the population in Indonesia already uses health based digital applications, so this study uses the expanded UTAUT Model to find factors that influence the actual use of mobile health in Jabodetabek. Performance expectancy factors, social influence, perceived reliability become factors that can influence ones desire to use mobile health applications. These factors are then used to design strategy recommendations in increasing the adoption of Halodoc applications in Jabodetabek and are validated using the Importance-Performance Analysis Diagram.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Infaz Rizki Adawati
"ABSTRAK
Layanan diseminasi data statistik melalui website BPS belum memenuhi harapan para pengguna website. Hal ini dapat dilihat melalui hasil Survei Kebutuhan Data (SKD) 2017 BPS yang menunjukkan adanya kesenjangan antara harapan pengguna website dengan kepuasan yang diterima. Selain itu berdasarkan hasil penilaian Open Data Inventory (ODIN), website BPS belum memenuhi kriteria penilaian kualitas website internasional terutama dalam hal penilaian kelengkapan cakupan dan keterbukaan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang strategi peningkatan kualitas website diseminasi data BPS agar website BPS dapat memenuhi harapan pengguna website dan memenuhi penilaian internasional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif (mixed methods). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei kepada beberapa sampel pengguna website. Data hasil survei dikelompokkan ke dalam kuadran matriks IPA. Atribut layanan website yang berada pada kuadran concentrate here dan keep up the good work akan menjadi fokus perbaikan. Delapan atribut website pada kuadran concentrate here perlu menjadi prioritas perbaikan organisasi seperti keakuratan data, kemudahan penggunaan website, keterbaruan data, dan kelengkapan data. Sepuluh atribut yang terdapat dalam kuadran keep up the good work merupakan atribut yang penting untuk dipertahankan kinerjanya oleh organisasi. Strategi perbaikan kualitas website diusulkan melalui studi literatur yang dikonfirmasi melalui wawancara kepada narasumber. Urutan dan prioritas perbaikan website secara teknis disusun dengan menggunakan Quality Functional Deployment (QFD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPS perlu untuk melakukan optimasi pemrograman website, merancang ulang layout website, membuat forum data statistik, menyelenggarakan statictical capacity building, serta meningkatkan interoperabilitas data.

ABSTRACT
Statistical data dissemination through BPS website have not met expectation of data users. The Data Need Survey (SKD) 2017 indicates a gap between user expectations and user satisfaction. In addition, some users have difficulty understanding the features on the BPS website. In addition, based on the ODIN assessment, the BPS website has not met the criteria for evaluating international website quality, in data completeness and data openness criteria.The purpose of this research is to design strategies to improve the quality of BPS data dissemination websites so that the BPS website can meet the expectations of website users and meet international assessments. This research use quantitative and qualitative methods (mixed methods) to analyze data. Data collection is done by conducting surveys to some sample data users. Data are grouped into IPA matrix
quadrants.
Attributes in concentrate here quadrant and keep up the good work quadrant
will be the focus of improvement. The proposed strategy was confirmed through interviews. The priority of website improvements is technically compiled using Quality Functional Deployment (QFD). The results showed that BPS needed to optimize website code, redesign the website layout, create statistical data forum, conduct statistical data
building, and also improve data interoperability.
"
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistiyana Dewi Setyaningrum
"ABSTRAK
Sistem Administrasi Perpajakan Modern (SAPM) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pajak, bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada Wajib Pajak. Salah satu implementasi SAPM adalah penunjukkan staf pendukung pelayanan, yaitu Account Representative (AR). Dalam melaksanakan tugasnya, AR harus selalu memperhatikan kinerja layanan kepada Wajib Pajak. Kinerja layanan yang balk akan tercermin dari kepuasan Wajib Pajak. Pengukuran kinerja layanan perlu dllakukan untuk mengetahui apakah layanan yang diberikan sudah memuaskan atau masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, studi ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut. Studi ini mengambil lokasi di KPP Madya Tangerang. Hal ini dilakukan dengan alasan sebagai betikut, di KPP Tangerang, belum pernah ada evaluasi mengenai kinerja AR melalui survei kepada Wajib Pajak. Padahal, peran inl telah dlperkenalkan sejak tahun 2006. Kualitas layanan AR diukur melalui lima dimensi yaitu: (1) tangible; (2) reliability; (3) responsiveness; (4) assurance; dan (5) empahty. Wajib Pajak diminta memberikan penilaian mengenai kinerja AR dalam memenuhi aspek pelayanan yang terdapat di setiap dimensi Selaln itu, Wajib Pajak juga diminta untuk memberikan persepsi mengenai tingkat kepentlngan setiap aspek pelayanan tersebut. Skala penilaian menggunakan skala Likert 1-4. ini memetakan pola kesesuaian antara kinerja dan tingkat kepentingan Diagram Importance-Performance Analysis. Setiap aspek layanan akan mempunyai posisi relatlf terhadap sumbu tengah X dan Y yang..."
2008
T20907
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Lestari
"Seiring dengan semakin meningkatnya perkembangan rumah sakit di Indonesia, maka persaingan antar rumah sakit pun semakin meningkat. Mum pelayanan rumah sakit eral kaitannya dengan kepuasan pasien. Mutu terdiri dari lima dimensi yaitu langibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaiy. Kepuasan pada kelima dimensi mutu ini diduga erat kaitannya dengan keinginan pasien untuk kembali. Hubungan ini diduga dipengaruhi oleh karakteristik pasien (umur, pekerjaan, pendidikan, domisili & cara bayar). Penelitian ini bcrtujuan untuk mcngctahui apakah ada hubungan yang signifkan antara kepuasan pasien di unit rawat jalan RSIA Hermina Bekasi dengan keinginan kembali. Rancangan penelitian adalah penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional siudy dengan besar sampel 120 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kelima dimensi mum pasien merasa tidak puas pada dimensi reliability. Sebanyak 80% responden menyatakan ingin kembali memanfaatkan pclayanan. Dari basil analisa bivariat dengan nilai UF 0,1 didapatkan hanya Cara bayar, dimensi tangible dan dimensi emphaty saja yang mempunyai hubungan yang signifikan dengan keinginan untuk kenipali. Sedangkan analisa multivariat memmjukkan bahwa yang paling berpengaruh pada variabel cara bayar dengan peluang 2,037 kali untuk kembali bagi mcrcka yang dengan cara membayar sendiri dibanding dengan yang ditanggung. Bcrdasarkan hasil Pery%rmance & Imporfance Analysis didapatkan yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan berturut - turut adalah : reliabilily tangible, responsiveness, emphaty dan assurance.

The development of hospitals in Indonesia are growing rapidly, hence the competition between hospitals is increasing. The hospital quality service is closely related to the patient’s satisfaction. There are five dimensions of quality : tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy. The satisfaction on the five dimensions of quality was presumed to have correlation with the patient’s willingness to return. This correlation was presumed to be influenced by the patient’s characteristics (age, job, education, residence, & paying method . 'I`his study revealed that there is significant correlation between the satisfaction at the maternal outpatient unit at RSIA Hermina Bekasi with the patient’s willingness to return in 2008. The study design is cross sectional study with 120 respondents.
The result of this study shows that from all five dimensions of service quality respondents was unsatisfied with reliability dimension and 80% respondents shows their willingness to return. The bivariate analysis using ot= 0,1 shows that only paying method, tangible and empathy that has significant correlation with the patient’s willingness to retum. The multivariate analysis shows that the most influencing factor is paying method with 2,037 chance to retum of those who pay by themselves. The Importance and Perfomance Analysis shows that the priority to be raised are reliability, tangible, responsiveness, empathy and assurance.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
T34280
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9   >>