"Motor-motor listrik khususnya motor induksi selain digunakan di industri juga diaplikasikan pada kendaraan listrik seperti mobil dan bus. Pada penulisan ini, penulis memfokuskan pada perancangan dan analisa motor induksi tiga fasa 120 kW 600 V untuk diaplikasikan pada bus listrik mengingat saat ini pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden No.55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan sehingga kendaraan bermotor listrik khusus kendaraan umum seperti bus listrik akan disegerakan penggunaannya dengan tujuan untuk mengurangi polusi yang telah menjadi permasalahan di beberapa kota besar. Pada setiap pengaplikasiannya, motor induksi yang digunakan memiliki karakteristik torsi-kecepatan yang berbeda. Karakteristik torsi-kecepatan sangat dipengaruhi oleh bentuk rotor, stator, dan winding motor induksi tersebut. Oleh karena itu, dalam lingkup dunia riset telah banyak metode-metode yang digunakan dalam mendesain rotor dan stator motor induksi sehingga meningkatkan performa karakteristiknya. Dalam mendesain dan mengoptimasi motor, terdapat dua simulasi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu simulasi dengan input tegangan konstan 600 V dan simulasi dengan input v/f konstan. Pada hasil akhirnya, efisiensi motor yang dapat dicapai yaitu sebesar 92.2% dan faktor daya 0.883. Pada simulasi input tegangan konstan, torsi starting motor sebesar 194 Nm dan torsi breakdown motor sebesar 728 Nm. Sedangkan pada simulasi input v/f konstan, torsi motor sebesar 728 Nm dari kecepatan 0 hinga 1600 rpm sebelum akhirnya turun secara logaritmik hingga mencapai 84 Nm pada kecepatan 5600 rpm.
.....Electric motors, especially induction motors, which are used in industry, are also applied to electric vehicles such as cars and buses. The author focuses on the design and analysis of a 120 kW 600 V three-phase induction motor to be applied to Molina electric buses (National Electric Cars) considering that currently the government has established Presidential Regulation No. 55 of 2019 concerning the Acceleration of the Battery-Based Electric Motor Vehicle Program for Road Transportation, electric motorized vehicles specifically for public vehicles such as electric buses will be hastened to use with the aim of reducing pollution which has become a problem in several big cities. In each application, the induction motor used has different torque-speed characteristics. Torque-speed characteristics are strongly influenced by the shape of the rotor, stator, and windings of the induction motor. Therefore, in the world of research, many methods have been used in designing the rotor and motor stator to improve their characteristic performance. In designing and optimizing the motor, there are two simulations carried out in this study, namely a simulation with a constant voltage input of 600 V and a simulation with a constant v/f input. In the end, the efficiency of the motor that can be achieved is 92.2% and the power factor is 0.883. In the constant voltage input simulation, the motor starting torque is 194 Nm and the motor breakdown torque is 728 Nm. While in the constant v/f input simulation, the motor torque is 728 Nm from 0 to 1600 rpm before finally decreasing logarithmically to 84 Nm at 5600 rpm."