Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shanti Rachmawati Putri
Abstrak :
Dengan munculnya pemain financial technology (FinTech), saat ini Bank perlu mempunyai karakteristik seperti fleksibilitas dan kecepatan dalam hal merespons secara efektif kebutuhan nasabah yang berkembang di pasar yang dinamis dan bahkan disruptif. Kecenderungan perbankan yang sudah mapan semata-mata bersandar pada keunggulan kompetitif yang ada berdampak pada kurangnya kemampuan mereka dalam mencari peluang bisnis baru. Oleh karena itu, bank membutuhkan perangkat strategis untuk meningkatkan kemampuan eksplorasinya guna meningkatkan kinerja inovasi bisnisnya. Dalam hal ini, proses inovasi harus lancar, merangkul inovasi kolaboratif terbuka, yang melampaui kegiatan internal, seperti kolaborasi dengan start-up. Inovasi kolaboratif dengan start-up seperti FinTech sangat penting untuk unggul dalam transformasi era digital untuk memberikan layanan yang sesuai dengan tuntutan konsumen dan pemangku kepentingan pada umumnya. Studi ini berupaya untuk membahas pengaruh kewirausahaan strategis dan kinerja inovasi kolaboratif dalam industri perbankan Indonesia. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari penelitian sebelumnya, yang memungkinkan responden untuk menunjukkan sikap yang mendukung atau tidak mendukung terhadap objek yang diminati. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 72 manajer dan manajemen tingkat atas industri berbasis perbankan di Indonesia. Survei dianalisis dengan menggunakan perangkat analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS) untuk menguji model struktural (hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan kinerja inovasi kolaboratif dipengaruhi oleh pengelolaan sumber daya secara strategis dan pola pikir kewirausahaan. Untuk studi lebih lanjut, peneliti harus mempertimbangkan keterbatasan naskah ini dalam hal konteks dan kasus penelitian serta perspektif baru dari desain penelitian. ......With the emergence of financial technology (Fintech) players, nowadays Banks need to be more flexible and faster to respond effectively to customers’ growing needs in dynamic and even disruptive market. The tendency of established banking solely leans on their existing competitive advantage impacting on their deficient capability when it comes to explore new business opportunities. Therefore, banks need strategic tools to enhance their exploration capability to increase their business innovation performance. In this instance, the innovation process must be fluid, embracing open-collaborative innovation, which extends beyond internal activities, such as start-up collaboration. Collaborative innovation with start-up such as Fintech is critical to excel in digital era transformation to provide services that suit consumers' demands and stakeholders in general. This study endeavors to address the effects of strategic entrepreneurship and collaborative innovation performance in Indonesia’s banking industry. This study has used questionnaires developed from previous study, which enables respondents to display favorable or unfavorable attitude toward the object of interest. This study was conducted through survey method. Data were collected using questionnaires distributed to seventy-two managers and top-level management of banking-based industry in Indonesia. Surveys are analyzed by using Structural Equation Modelling (SEM) analysis with Partial Least Square (PLS) method to assess the structural model (hypotheses). For further study, researcher should consider the limitation presented in this paper in terms of context and case of the study as well as new perspective of research design.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Derajat Nur Hakim
Abstrak :
Industri telekomunikasi Indonesia saat ini berkembang dengan sangat cepat dan kompetitif, terutama di era digital. Perkembangan teknologi dan preferensi pasar mengubah batas-batas industri sehingga metode analisis pasar dianggap kurang penting dan tidak memberikan dasar yang kokoh untuk perumusan strategi jangka panjang. Dibangun berdasarkan manajemen pengetahuan dan teori kemampuan inovasi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan mekanisme proses inovasi kolaboratif dengan menyelidiki hubungan yang kompleks antara faktor-faktor penting yang mempengaruhi kinerja inovasi perusahaan dalam jaringan rantai pasokan. Dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM), hasil survei terhadap 100 Responden  Pimpinan unit di PT Telkomsel menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kegiatan inovasi kolaboratif, berbagi pengetahuan, strategi inovasi, dan kinerja inovasi perusahaan. Selain itu, diharapkan berbagi pengetahuan memainkan peran mediasi parsial dalam hubungan antara kegiatan inovasi kolaboratif dan kinerja inovasi perusahaan. Strategi inovasi menunjukkan efek signifikan pada kegiatan inovasi kolaboratif dalam hubungan kinerja inovasi. Hasil ini berkontribusi pada manajemen proses inovasi kolaboratif dengan menawarkan konseptualisasi bernuansa inovasi kolaboratif - hubungan kinerja inovasi antar unit dalam perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. ......The Indonesian telecommunications industry is currently developing very fast and competitive, especially in the digital era. Technological developments and market preferences change industry boundaries so that market analysis methods are considered less important and do not provide a solid basis for long-term strategy formulation. Building on knowledge management and innovation capability theory, the aim of this research is to reveal the mechanisms of collaborative innovation processes by investigating the complex relationships between important factors that affect the innovation performance of firms in supply chain networks. Using the Structural Equation Model (SEM) method, the results of a survey of 100 Unit Leader Respondents in PT Telkomsel showed that there was a significant positive relationship between collaborative innovation activities, knowledge sharing, innovation strategy, and company innovation performance. In addition, it is expected that knowledge sharing plays a partial mediating role in the relationship between collaborative innovation activities and firm innovation performance. The innovation strategy shows a significant effect on collaborative innovation activities in relation to innovation performance. These results contribute to collaborative innovation process management by offering a nuanced conceptualization of collaborative innovation - innovation performance relationships between units within Indonesia's largest telecommunications company.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library