Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurul Octiviani
"Dalam masyarakat multilingual, peralihan bahasa dalam interaksi sehari-hari umum terjadi berdasarkan alasan atau motif tertentu. Ada banyak cara bagi masyarakat untuk berkomunikasi, salah satunya adalah komunikasi daring. Penelitian ini membahas mengenai alih kode dalam interaksi komunikasi pada video blog SunnydahyeIn, yaitu video Finally Made Korean Fashion Shopping Mall! Hijab Friendly dan Mega Unboxing Spring Aesthetic Korean Hijab Friendly Clothes! What are 2021 K-fashion Trends. Penelitian ini bertujuan memaparkan bentuk-bentuk alih kode dan penyebab terjadinya alih kode dalam kedua video tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis ditemukan tiga tipe alih kode, yaitu alih kode antarkalimat (inter-sentential), ekstrakalimat (extra-sentential/emblematic/tag), dan intrakalimat (intra-sentential). Bentuk alih kode yang paling banyak ditemukan adalah alih kode intra-sentential. Alih kode dengan penyisipan unsur-unsur yang berwujud kata lebih banyak ditemukan dalam data tersebut. Berdasarkan analisis data, penyebab terjadinya alih kode adalah untuk mengungkapan perasaan, emosi, dan pembicaraan mengenai topik tertentu.

In a multilingual society, language switching in everyday interactions is commonly based on certain reasons or motives. There are many ways for people to communicate, one of which is online communication. This article discusses code-switching in communication interactions on SunnydahyeIn's video blog, specifically in the vlog ‘Finally Made Korean Fashion Shopping Mall! Hijab Friendly’ and ‘Mega Unboxing Spring Aesthetic Korean Hijab Friendly Clothes! What are 2021 K-fashion Trends’. The objective of the research is to explain the types and functions of code-switching discovered in the videos. Qualitative descriptive research methods are used in this article. The results of the analysis found that there were three types of code-switching, namely inter-sentential, extra-sentential/emblematic/tag, and intra-sentential. Based on data analysis, the most frequent type of code-switching found in the videos is intra-sentential. Code-switching with the insertion of elements in the form of words is more commonly found in the data. Based on data analysis, the cause of code-switching is an expression of feelings, emotions, and talking about a particular topic triggered by the common fashion terms."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Iche Synthia
"ABSTRAK
Studi ini melakukan penelitian alih kode yang terjadi di dalam iklan audio visual telepon pintar. Penelitian ini menggunakan dua cara metode kualitatif. Pertama, melakukan analisis tipe alih kode yang diambil dari 20 iklan audio visual telepon pintar yaitu Samsung, Oppo, dan Vivo. Kedua, untuk mengetahui pendapat masyarakat umum mengenai alih kode dalam iklan, menyebarkan kuesioner dalam bentuk terbuka dan tertutup. Penemuan berdasarkan tiga merek telepon pintar, hasil menunjukan bahwa tipe alih inter-sentential terjadi dengan sebanyak 52%. Kedua HD , AI , dan Selfie adalah kata terminologi yang digunakan sebagai bentuk motivasi dari alih kode. Kemudian, hampir 70% masyarakat setuju dengan adanya alih kode di dalam iklan karena memberikan dampak positif yaitu masyarakat mudah mengingat iklan tersebut dan secara tidak langsung dapat belajar bahasa inggris. Terakhir, alih kode yang terjadi di dalam iklan tidak hanya bersifat persuasif melainkan dapat memberikan pengetahuan kepada penonton.

ABSTRACT
This present study conducts code switching research that occurs in audiovisual smartphone advertisements. This paper uses two ways of qualitative methods. First, the type of code switching analysis was taken from 20 audiovisual smartphone advertisements, namely Samsung, Oppo, and Vivo because code switching mostly occurs in these three brands smartphone. Second, public opinion finding about code switching in advertisements, distributing questionnaires in forms of close ended and open ended. The findings across brands smartphone that the type of inter-sentential switching occurs with as much as 52%. Furthermore, HD, AI, and selfie are the terminology words as the motivation of code switching. Then almost 70% of the people agree with the code switching in advertisements because it has a positive impact, that is, people easily remember the advertisement and indirectly can learn English. Finally, the code switching that occurs in advertisements is not only persuasive but also can provide knowledge to the viewers."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library