Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"This book presents the latest research findings, methods and development techniques related to Ubiquitous and Pervasive Computing (UPC) as well as challenges and solutions from both theoretical and practical perspectives with an emphasis on innovative, mobile and internet services. With the proliferation of wireless technologies and electronic devices, there is a rapidly growing interest in Ubiquitous and Pervasive Computing (UPC). UPC makes it possible to create a human-oriented computing environment where computer chips are embedded in everyday objects and interact with physical world. It also allows users to be online even while moving around, providing them with almost permanent access to their preferred services. Along with a great potential to revolutionize our lives, UPC also poses new research challenges"
Cham: Springer, 2019
006.3 INN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Zaki Baihaki
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
TA3142
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
International Engineering Consortium
"Contents :
- About the IEC
- ACRONYM GUIDE
- Executive Summary
- Chapter 1: The Growth of the Internet and User Demographics
- Chapter 2: The Residential Market
- Chapter 3: Business Applications
- Chapter 4: Telecommunications Service Providers and IP
- Chapter 5: Analyses and Conclusions "
Chicago: International Engineering Consortium, 2000
e20451541
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Salsabila
"Telekomunikasi merupakan salah satu industri yang keberadaannya akibat kemajuan teknologi informasi. Kebutuhan untuk mengakses informasi yang semakin meningkat menjadikan perusahaan telekomunikasi menyediakan beragam layanan. Bentuk kemajuan dari perkembangan layanan yang disediakan salah satunya teknologi layanan internet. Penggunaan internet saat ini menjadi kebutuhan primer bagi beberapa masyarakat tidak hanya penggunaannya namun juga kestabilan internet menjadi permasalahan utama untuk kelancaran proses komunikasi jarak jauh bagi pelanggan layanan internet. Salah satu Penyelenggara Telekomunikasi yang menyediakan layanan internet adalah PT Telkom Indonesia, Tbk. Terdapat beberapa pelanggan layanan Indihome yang mengalami gangguan layanan internet dengan mengkaji melalui Putusan
Nomor 149/PDT/2021/PT DKI. Pada penelitian ini penulis menemukan adanya beberapa permasalahan dan pelanggaran hak konsumen yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia, Tbk. Dengan menggunakan metode penelitian yuridis-normatif penulis mengkaji terkait bagaimana aspek hukum perlindungan konsumen di bidang telekomunikasi melihat dari asas-asas hukum dan sumber hukum tertulis serta wawancara untuk menunjang skripsi penulis. Penulis menelaah dan menganalisis terkait bentuk pertanggungjawaban hukum
PT Telkom Indonesia, Tbk selaku Penyelenggara Akses Internet, langkah hukum yang dapat ditempuh oleh konsumen apabila mengalami kerugian dari penggunaan jasa layanan internet hingga upaya pemerintah dalam mengatasi kerugian pelanggan layanan internet dengan merujuk peraturan perundang-undangan yang berkaitan seperti UU No. 36 Tahun 1999 Tentang Telekomunikasi, UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Peraturan Menteri
Komunikasi dan Informatika serta peraturan perundang-undangan terkait
lainnya.Terhadap kerugian yang dialami oleh konsumen mereka dapat melakukan langkah hukum melalui jalur litigasi dan non-litigasi. Pertanggungjawaban yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia, Tbk adalah tanggung jawab berdasarkan kesalahan dengan beban pembuktian terbalik untuk penggantian ganti rugi.

Telecommunications is one of the industries whose existence is due to advances in
information technology. The need to access information is increasing, making
telecommunications companies provide a variety of services. Forms of progress from the
development of services provided, one of which is internet service technology. The use
of the internet is currently a primary need for some people, not only its use but also the
stability of the internet is the main problem for the smooth process of long-distance
communication for internet service customers. One of the Telecommunications Providers
providing internet services is PT Telkom Indonesia, Tbk. There are several Indihome
service customers who experience internet service disruptions by reviewing through
Verdict Number 149/PDT/2021/PT DKI. In this study, the authors found several
problems and violations of consumer rights committed by PT Telkom Indonesia, Tbk. By
using the juridical-normative research method, the authors examine how the legal aspects
of consumer protection in the telecommunications sector are viewed from legal principles
and written legal sources as well as interviews to support the author's thesis. The author
wants to examine and analyze the form of legal liability of PT Telkom Indonesia, Tbk as
an Internet Access Provider, legal steps that can be taken by consumers if they experience
losses from using internet services to the government's efforts to overcome losses to
internet service customers by referring to laws and regulations that relating to Law No.
36 of 1999 concerning Telecommunications, Law no. 8 of 1999 concerning Consumer
Protection, Decree of the Minister of Industry and Trade, Regulation of the Minister of
Communication and Informatics and other related laws and regulations. Against losses
suffered by consumers, they can take legal steps through litigation and non-litigation. The
liability carried out by PT Telkom Indonesia, Tbk is a liability based on fault with the
reverse burden of proof for compensation.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teuku Yuliar Arif
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40410
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Pujiharjawasana
"Kabupaten Kudus merupakan salah satu dari 35 kabupaten/kota di Jawa tengah yang cukup potensial. Hampir 90 % basis perekonomian masyarakatnya bertumpu pada sektor industri / perdagangan, sehingga menempatkan kabupaten Kudus sebagai kabupaten dengan product domestic bruto (PDRB) tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Semarang. Bahkan kalau dilihat PDRB secara perkapita justru tertinggi di Jawa tengah melampaui Semarang lebih dari 25 % di tahun 2000.
Akibat kegiatan industri/perdagangan tersebut di tahun 2001 memberi kontribusi ke kas negara rata-rata per hari kerja hampir Rp. 15,5 milyar dalam bentuk cukai rokok dan cukai lainnya, PPN dan PPH pasal 22, namun tidak sedikitpun yang dapat dibagi langsung ke pemkab Kudus sebagai bagian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagaimana dimungkinkan bagi daerah yang memiliki sumber daya alam seperti hutan, pertambangan umum dan lain-lain yang tidak dimiliki oleh pemkab Kudus. Minimnya sumber daya alam di Kabupaten Kudus tidak bias mendongkrak APBD yang saat ini hanya tercatat 11 % dari APBD atau sekitar Rp. 24,5 milyar.
Tesis ini membahas salah satu upaya yang bisa ditempuh oleh pemkab Kudus untuk meningkatkan PAD melalui langkah revitalisasi aset daerah yang selama ini pemanfaatannya tidak optimal dan cenderung membebani APBD agar bisa memberi kontribusi terhadap peningkatan PAD. Upaya tersebut adalah pengoptimalan VSAT SISKOMDAGRI yang saat ini pemanfaatannya hanya 10 % untuk difungsikan sebagai node backbone Internet melalui pendirian usaha ISP bekerja sama dengan mitra swasta dalam bentuk kerja sama operasi. Tinjauan analisis yang digunakan adalah analisa kelayakan bisnis.
Dari analisa kelayakan bisnis dengan menyalurkan bandwidth Internet 256 kbps di tahun pertama, kemudian diupgrade menjadi 384 kbps ditahun ketiga serta 512 kbps ditahun ketujuh melalui wireless 2,4 GHZ sebagai jaringan akses memberikan hasil yang layak. Pemkab sebagai pemilik aset VSAT berhak atas revenue sharing yang berkontribusi langsung pada peningkatan PAD.

Kabupaten Kudus is one of 35 districts/cities in Central Java, which is quite potential. Almost 90% of the society's economy is based on industrial/trading sector; hence Kabupaten Kudus becomes a district with the second highest product Domestic Bruto (PDRB) in Central Java, after Semarang. Moreover, if we see the ratio of PDRB for people per area, it has the highest PDRB in Central Java, surpassing Semarang by 25% in 2000.
The result of the industries/trades in 2001 contributes to the country cash at almost Rp. 15, 5 billion per work-day, in the form of cigarette/tobacco customs and other customs, value-added taxes (PPN) and income taxes (PPH) sub-chapter 22, Never the less, none of these can be shared directly to kudus municipality as district original income, as it is possible for other areas which have natural resources like forests, general mining, etc, that are not owned by kudus municipality. The minimum natural resources in kudus district cannot support the district's budget which is now only 11% of the budget or about Rp 24, 5 billion.
This thesis discusses about one of the efforts which can be carried-out by kudus municipality in order to increase its income, i.e., through revitalization of regional assets which have not been utilized optimally and tend to burden the budget so that they can give contribution towards the increase of the income. The effort is the utilization of VSAT SISKOMDAGRI that's only 10% exploited as node of internet backbone, in the form of joint operation body. The analytical review applied is business feasibility analysis.
From the business feasibility analysis by distributing internet band with 256 kbps in the first year, then upgraded to 384 kbps in the third year, and 512 kbps in the eighth year via wireless 2, 4 GHZ as access network result in a feasible outcome. The municipality as VSAT asset owner has a right on the revenue sharing that gives direct contribution towards income increase.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T5432
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dadan Sumantri
"Fokus penelitian ini adalah menganalisis loyalitas konsumen internet service provider dengan menggunakan mobile access dengan mengambil studi kasus pada pelanggan internet broadband di Jabodetabek. Variabel yang digunakan untuk mengukur loyalitas adalah variabel kepuasan pelanggan, service quality, switching cost, persepsi harga dan corporate image.
Metode analisis data pada penelitian ini adalah metode survey dengan menganalisis data utama yang bersumber dari kuesioner yang disebarkan kepada 200 pelanggan internet broadband dari pelanggan konsumen internet service provider yang menggunakan mobile wireless access. Teknik sampel yang digunakan adalah judgment sampling dengan sampling error sebesar 5% dan tingkat kepercayaan sebesar 10%.
Hasil Penelitian ini adalah variabel kepuasan pelanggan dan variabel switching cost yang mempengaruhi secara signifikan variabel loyalitas. Sedangkan variabel service quality secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan dan variabel corporate image.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, maka perusahaan disarankan menciptakan switching cost dengan cara menumbukan rasa enggan untuk berpidah ke ISP lain dan menciptakan kepuasan pelanggan dengan mengoptimalkan service quality. Selain itu, pengoptimalan service quality oleh perusahaan diharapkan dapat meningkatkan corporate image.

This research is focus to analyze the internet service provider of consumer loyalty on mobile wireless access by taking a case study in broadband internet at Jabodetabek. Customer satisfaction, service quality, switching cost, price perceptions and corporate image are used to measure customer loyalty.
The survey method using quesioner as main data which questionnaires distributed to 200 customers of broadband internet service provider internet consumer customers using mobile wireless access by judgment sampling technique. s used Sampling error is 5% and confidence level is 10%.
The results of this study are the variables of customer satisfaction and switching cost variables are significantly affect the loyalty variable. While service quality variables significantly affect customer satisfaction variables and the variable corporate image.
The results of research and analysis is to increase customer loyalty, the company suggested creating barrier using switching costs and create customer satisfaction by optimizing service quality. In addition, the optimization of service quality by the company is expected to improve the corporate image.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45168
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidabutar, Roland
"ISP (Internet Service Provider) diharapkan untuk mampu menawarkan layanan paket data melalui beberapa teknologi nirkabel (seperti: 3G, 802.11g, WiMAX). Seiring dengan perkembangan teknologi perangkat komunikasi sekarang ini, maka kebutuhan akan penggunaan jaringan teknologi 3G mengakibatkan penambahan jumlah traffic. Offloading jaringan seluler merupakan solusi yang cukup menjanjikan untuk digunakan sebagai alternatif layanan telekomunikasi karena tidak membutuhkan biaya yang relatif banyak untuk mengaplikasikannya, proses pembangunan infrastrukturnya cepat, dan dapat digunakan dalam semua sistem operasi perangkat mobile.
Proses offloading memerlukan suatu skema pengambilan keputusan perpindahan jaringan agar jumlah handover dapat dilakukan seminimal mungkin, mengingat bahwa pemancar setiap teknologi mempunyai paramter-parameter seperti mobilitas, bandwidth, daya yang dipancarkan, kekuatan sinyal, dan jumlah kapasitas pengguna. Dengan demikian, diperlukan suatu model pengambilan keputusan sebagai mekanisme dalam pemilihan teknologi guna untuk meningkatkan efektivitas proses offloading dan performance jaringan. Algoritma pengambilan keputusan yang berbasiskan bandwidth dapat melihat bagaimana proses perpindahan jaringan secara vertikal dan ada beberapa parameter yang menjadi pertimbangan, yaitu: nilai RSS, gangguan, daya pada sisi pemancar, bandwidth yang dibutuhkan aplikasi, dan bandwidth teknologi.

ISP (Internet Service Provider) is expected to be able to offer a packet data service through multiple wireless technologies (such as 3G, 802.11g, WiMAX). Along with the recent development of communication technology devices, the need for the use of 3G technology network resulted in increase in the number of traffic. Offloading mobile networks is a solution that is promising to be used as an alternative for telecommunications services, for cheaper resolution, rapid infrastructure development process, and able be applied in all mobile device operating system.
Offloading process requires as minimum as possible handover decision, since the transmitter has the a lot of parameters such as mobility, bandwidth, the radiated power, signal strength, and the number of user capacity. So, there should be a handover decision model as a mechanism in an election technology to improve the effectiveness of offloading process and network performance. Handover decision for vertical handover algorithm is based on bandwidth so it can show the process of handover. Parameters used as consideration of the algorithm is the value of RSS, interference, power of the transmitter, the required bandwidth, and bandwidth the wireless technologies.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63304
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Contents :
- Table of Contents by Author
- Acronym Guide
- Next-Generation OSS for Next-Generation Services
- OSS with the Network as a Killer Application
- Testing Tomorrow's Needs Today
- Business-to-Business E-Commerce for Telecom Carriers
- OSS Challenges for CLECs
- Evolving the Intelligent-Agent Technology
- Architectural and OSS Changes for Entering the Real-Time World
- OSS for the Next Millennium:The New Killer Ann
- The Complexity Opportunity
- The Carrier's View: A Reality Check
- OSS Is Not a Killer App
- How Next-Ceneration Technologies Will Alter the OSS Landscape
- Enabling an Interactive Value Proposition for Communications Providers
- Business Costs Placing Emphasis on OSS Features
- Delivering On-Demand IP Service with Guaranteed Service Quality
- IN as a Stepping Stone to IP
- The Real Benefits of IP Telephony
- Delivering QoS in IP Networks
- Enabling Carrier Settlements in Multiservice IP Networks:A Case Study
- Embracing the IP World
- XML for Services
- IP from a Service Provider's Perspective
- Automating Customer Care
- Guaranteeing Quality of Service with Next-Generation Equipment
- Flow-Through Provisioning:Keeping Up with Changes to Your Trading-Partner
Interfaces
- Customer Focus a Main Part of E-Business Success
- Data Quality for the Internet Age
- Testing Challenges for ADSL Networks
- Today's IP-VPN Quality of Service
- Delivering Services to Customers:Becoming an E-Telco
- Delivering and Profiting from End-to-End Quality of Service
- Service Management for Effective Service Delivery
- Keys to Open-System Integration
- OSSs and Data Warehouses:Working Together
- Moving towards a Modular, Open OSS Framework Architecture for Maximum
Flexibility and Scalability
- Examining a New Network from an ILEC Perspective
- Network Management of Multi-Technology Networks
- Coordinating OSS Integration and Interconnection for End-to-End Fulfillment of
Customer Orders
- Business-to-Business Challenges of the Unbundled Local Loop
- Unking Legacy RTUs into a TMN Environment
- Solutions to BSS and OSS Interaction
- Facilitating End-to-End OSS Integration and Management:An Interconnection
Perspective
- Mediation: Building Bridges or Building Walls?
- Achieving Integrated Management for Multi-Vendor, Multi-Technology Transport
networks
- optimal Infrastructure for the Managed Network:Benefits of the Object Model
- OSS Vendors: Challenges and Methodologies
- Problems Associated with the Loss of NPA/NXX Intelligence
- Application Service Framework
- 3G service Modeling and Optimization
- outsourcing: The Bind That Ties
- using TMN and TOM in a Converged Network
- The Foundation of Next-Gen Networks: In-Memory Database Technology
- Component Technology for Developing Network-Management GUIs
- An Architecture for Warehousing and Accessing Usage Data
- Rules-Based Mediation Engine The Enabler for Open OSS"
Chicago: Professional Education International, 2001
e20448168
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Bondan Widiawan
"Kemajuan Teknologi Informatika khususnya internet membawa perubahan yang sangat cepat dan dapat memberikan manfaat positif, namun intemet juga memiliki' banyak kelemahan yang dapat dimanfaatkan secara negatif oleh sebagian penggunannya. Di Indonesia pengguna Internet masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara seperti Singapura, Cina, Korea Selatan, Jepang, India, Australia, serta beberapa negara lainnya. Hal ini dapat diakibatkan antara lain karena faktor budaya, daya beli masyarakat Indonesia yang masih rendah, kurangnya dukungan pemerintah, dll. Namun yang mengherankan meskipun jumlah pengguna internet di Indonesia tergolong kecil, tetapi angka kejahatan Internet di Indonesia sangat tinggi, Hal ini terlihat dari banyaknya hasil survey yang dilakukan menjelaskan posisi Indonesia yang dinilai memiliki kontribusi terhadap cyber crime yang cukup besar. Realitas tersebut membangun gambaran negatif yang mewakili entitas dan identitas bangsa Indonesia di lingkup peraauran global, dan bila dilihat dari konsep Ketahanan Nasional hal tersebut merupakan cerminan dari lemahnya kemampuan mengatasi ancaman, gangguan, Hambatan dan tantangan baik dari dalam maupun luar serta dapat membahayakan integritas, identitas, serta kelangsungan hidup bangsa dan negara, dengan and lain cyber crime memiliki implikasi negatif dan merugikan Ketahanan Nasional Indonesia. Oleh karena itu dibutuhkan upaya untuk memperkecil penyalahgunaan internet di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui pengamatan dengan melakukan interaksi langsung dengan obyek yaitu internet, juga menggunakan pendekatan kuantitaif yang diperoleh dari hasil questioner dari beberapa pakar dibidangnya yang berkorelasi dengan teknologi internet, kemudian dilakukan pengujian dengan menggunakan alat bantu AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk menentukan altematif berupa saran yang sebaiknya digunakan untuk menekan dampak negatif dari penyalahgunaan internet agar dapat menunjang Ketahanan Nasional Indonesia, maka diperoleh beberapa altematif cara yang dapat dilakukan untuk memperkecil penyalahgunaan internet di Indonesia, diantaranya sebagai berikut ; alternatif pertama adalah membuat regulas/ peraturan atau undang-undang yang mengatur kejahatan internet secara khusus. Hal ini sangat beralasan mengingat sampai saat ini di Indonesia masih belum mempunyai hokum yang mengatur kejahatan internet secara khusus. Alternatif kedua adalah memberikan kewenangan kepada institusi intelegen baik dari POLRI, BAIS, BIN, kejaksaan dan aparat lain yang terkait, serta bekerja sama dengan IPS (Internet Service Provider) atau Penyedia Jasa Layanan Internet untuk melakukan pemantauan dan penyelidikan dalam rangka mengantisipasi kemungkinan disalahgunakannya internet. Alternatif ketiga adalah melakukan blocking situs yang terindikasi dapat disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan cyber.
Progress of Technology Informatics specially Internet bring very change quickly and can give positive benefit, but internet also have many weakness to be exploited negatively by some people. In Indonesia internet consumer still pertained to lower in comparison with state like Singapore, Chinese, South Korea, Japan, India, Australia, and also some other state. This matter can be resulted because of cultural factor, lower purchasing power some Indonesian, lack of governmental support, etc. Surprisingly the Internet consumer in Indonesia pertained-is small; but the number of internet crime in Indonesia is very high, This seen from the result of survey which is explained assessed Indonesia position have contribution to cyber crime is big enough. The reality build negative picture which deputize Indonesian nation identity and entity in global scope, and if seen from National Resilience concept represent reflection from weakening of ability overcome threat, trouble, And challenge resistance either from in and also outside and can endanger integrity, identity, the continuity of nation life and state, with other meaning cyber crime have negative implication and harm Indonesia National Resilience. IS required effort to minimize the crimes of internet in Indonesia.
This research use qualitative approach, data obtained from perception by direct interaction with object that is internet, also use quantitative approach to obtain questioner result from some expert which have correlation with internet technology, then by using appliance assist AHP (Analytical Hierarchy Process) to determine alternative suggestion which are better be used to depress negative impact from abuse of internet can support Indonesian National Resilience, hence obtained some alternative way to minimize the internet crime in Indonesia, among others as follows ; first alternative is to make regulation or law to arrange the internet crime specifically this is very occasion because till now Indonesia have no owned law to arrange the Internet crime. Second alternative by giving right to Intelligence institution either from POLICE, BAIS, BIN, Public attorney And related other government officer, and also cooperate with ISP (Internet Service Provider) to make investigation and monitoring in order to anticipating possibility misusing of internet. Third alternative is blocking site which is indicating can be misused to act the cyber crime.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004
T11887
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>