Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Danar Tri Kusuma Ramdani, author
Berbagai literatur mengemukakan bahwa joint attention merupakan defisit yang khas dialami anak dengan autism spectrum disorders (ASD). Joint attention merupakan dasar utama dari perkembangan sosial-komunikasi anak, dan anak dengan ASD umumnya mengalami masalah dalam hal ini (Volkmar, 2007). Pivotal response training (PRT) merupakan salah satu bentuk intervensi yang dapat diterapkan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32955
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yasmine Nur Edwina, author
ABSTRAK
Dengan menggunakan desain penelitian mixed-method, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi ibu-anak dan kemampuan joint attention (JA) pada anak dengan autism spectrum disorder (ASD), khususnya anak dengan ASD usia sekolah yang memiliki kemampuan verbal minim. Metode observasi terstruktur adalah metode pengambilan data utama yang digunakan dalam penelitian. Alat...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T52614
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Athalia Sunaryo, author
Anak yang mengalami Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise. Specified (PDD-NOS), memiliki hambatan dalam memberi respon terhadap stimulus joint attention dari orang lain (Rocha, Schreibman, & Stahmer, 2007). Padahal joint attention merupakan pivotal skills atau keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembangnya kemampuan pada area lain (Jones & Carr, 2004). Lebih lanjut, orang tua...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T34136
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Herlinda Ekapraja, author
Initiation of joint attention merupakan kemampuan dasar yang diperlukan individu dalam berinteraksi secara sosial. Kemampuan ini melibatkan aspek bahasa, komunikasi, dan interaksi sosial, yang merupakan area defisit utama pada individu dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan modifikasi perilaku melalui penerapan prompting dan reinforcement oleh...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42822
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mayang Gita Mardian, author
Anak-anak dengan autism spectrum disorder (ASD) mengalami hambatan dalam komunikasi dan interaksi sosial. Salah satu defisit yang tampak adalah kurangnya joint attention, padahal kemampuan tersebut penting bagi anak untuk membangun komunikasi serta interaksi timbal balik dengan orang lain. Developmental, Individual Differences, Relationship-Based (DIR)/Floortime merupakan salah satu intervensi bagi anak-anak dengan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45349
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Murtafiah, author
2010
S3668
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library