Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Yasminne Nur Annisa Iman
"Buku Calligraphies of Love, sebuah buku kumpulan kaligrafi karya Hassan Massoudy yang merupakan kaligrafer kontemporer Irak. Hassan menghasilkan karya kaligrafi dengan menggabungkan kaligrafi tradisional dan seni kontemporer hingga menghasilkan kaligrafi kontemporer yang indah dan mendunia. Masalah yang diangkat dalam penelitian adalah bagaimana tipografi dan pengaplikasian warna yang digunakan Hassan Massoudy dalam buku Calligraphies of Love, apa objek yang dilukis Hassan dalam kaligrafinya, dan makna dan pesan apa yang ingin disampaikan Hassan melalui karyanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif naratif dengan menarasikan penelitian dari hasil pengamatan visual. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori kaligrafi Arab kontemporer. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Hassan Massoudy menggunakan tipografi kaligrafi kontemporer ekspresionis, tradisional dan abstrak dalam buku Calligraphies of Love. Hassan memainkan warna-warna cerah seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, toska dan warna netral seperti coklat dan hitam dalam buku Calligraphies of Love. Melalui buku Calligraphies of Love, makna dan pesan yang ingin disampaikan Hassan adalah gagasan perdamaian, toleransi dan cinta.
Calligraphies of Love, a calligraphy collection book by Hassan Massoudy, a contemporary Iraqi calligrapher who makes calligraphic works by combining traditional calligraphy and contemporary art to produce beautiful and worldwide contemporary calligraphy. Formulation of the problem that will be discussed related to how the typography and color application Hassan Massoudy used in his book Calligraphies of Love, what objects Hassan painted in his calligraphy, and what is Hassan wanted to convey through his work. This study used a descriptive qualitative narrative method by narrating the research from visual observations. This research uses contemporary Arabic calligraphy theory. This research found that Hassan Massoudy used contemporary expressionist, traditional and abstract calligraphy typography in the book Calligraphies of Love. Hassan plays bright colors like red, orange, yellow, green, blue, turquoise and neutral colors like brown and black in the book Calligraphies of Love. Through the book Calligraphies of Love, the meaning and message that Hassan wanted to convey was the idea of peace, tolerance and love."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Aura Shifa Aprilyza
"Masjid Asmaul Husna di Gading Serpong menggunakan desain kaligrafi Asmaul Husna yang menghiasi setiap dinding luar masjid menggunakan tulisan kaligrafi Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakteristik kaligrafi yang digunakan dan bagaimana estetika serta makna simbolis yang terdapat pada kaligrafi di Masjid Asmaul Husna Gading Serpong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dari data melalui buku cetak maupun digital, jurnal-jurnal, surat kabar, video dokumentasi Masjid Asmaul Husna Gading Serpong di platform tertentu, serta wawancara kepada pengurus masjid secara langsung atau tidak langsung sebagai narasumber untuk memaksimalkan hasil observasi penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Masjid Asmaul Husna Gading Serpong memiliki keunikan dalam konsep desainnya, yaitu penggunaan kaligrafi bertuliskan Asmaul Husna pada setiap dinding luar masjid. Kaligrafi Asmaul Husna yang digunakan pada Masjid Asmaul Husna Gading Serpong merupakan kaligrafi khat Kufi Musattar dengan karakteristik kaku dan bersiku. Desain ini menunjukkan bagaimana elemen seni kaligrafi Islam diintegrasikan ke dalam arsitektur masjid sebagai bentuk simbolisme, identitas keislaman tempat ibadah, dan seni budaya.
Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong uses the Asmaul Husna calligraphy design that decorates every outer wall of the mosque using Arabic calligraphy. This study aims to analyze the characteristics of the calligraphy used and the aesthetics and symbolic meanings contained in the calligraphy at the Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong. This study uses a descriptive qualitative approach from data through printed and digital books, journals, newspapers, video documentation of the Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong on certain platforms, as well as interviews with mosque administrators directly or indirectly as sources to maximize the results of research observations. The results of the study show that the Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong has a unique design concept, namely the use of calligraphy with the words Asmaul Husna on every outer wall of the mosque. The Asmaul Husna calligraphy used at the Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong is a Kufi Musattar calligraphy with stiff and angular characteristics. This design shows how elements of Islamic calligraphy art are integrated into the architecture of the mosque as a form of symbolism, Islamic identity of the place of worship, and cultural arts."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library