Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 41 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anthony, Robert
Jakarta: Binarupa Aksara, 1993
152.4 ANT ut
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Juriana
Abstrak :
ABSTRAK
Kepercayaan diri merupakan aspek psikologis yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan performa seorang atlet. Atlet renang Sekolah Ragunan merupakan atlet junior sebagai wadah pembibitan untuk meningkatkan prestasi olahraga. Tesis ini membahas peran pelatihan mental dalam meningkatkan kepercayaan diri atlet renang Sekolah Ragunan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian before-after treatment dan jumlah informan tujuh orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan mental berperan untuk meningkatkan kepercayaan diri atlet renang Sekolah Ragunan. Pelatihan mental relaksasi dan visualisasi dirasakan sebagai latihan mental yang paling berperan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar atlet renang Sekolah Ragunan melanjutkan latihan mental yang telah diberikan sampai berdampak positif terhadap performa mereka. Selain itu, dibutuhkan lebih banyak tenaga psikolog olahraga di masa yang akan datang untuk menjalankan program pendidikan dan pelatihan mental di cabang olahraga yang lainnya.
ABSTRACT
Sport confidence is important psychology?s aspect for athletes to be successful in their performance. SMP/SMA Ragunan? swimmers are junior talent athletes to accelerate in sport champion. This research discuss about the role of mental training in enhancing sport confidence of SMP/SMA Ragunan?s swimmers. This is a qualitative research with before and after design with seven specific informan. The result of this research showed that mental training have actively role in enhancing sport confidence of SMP/SMA Ragunan?s swimmers. Relaxation and visualization training plays the best role in enhancing sport confidence. Based on result of this research suggest that Ragunan?s swimmers have to continue mental training until they get positive effect in their performance. Besides, sport needs more sport psychologist in the future to give mental training and education programe in another kinds of sport.
2012
T30954
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Francisca Shanti Kusumaningsih
Abstrak :
Pendidikan kesehatan perawatan metode kanguru (PMK) merupakan usaha membimbing orang tua mencapai peran ibu dalam perawatan dan pengasuhan bayi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh intervensi terhadap keterampilan dan kepercayaan diri ibu memberikan air susu ibu (ASI). Desain penelitian menggunakan quasi-experimental pre test and post test without control group design. Responden adalah 17 ibu yang mempunyai bayi berat lahir rendah (BBLR) di ruang perinatologi RSUP Sanglah Denpasar. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner kepercayaan diri dan lembar observasi keterampilan memberikan ASI. Analisis hasil menggunakan uji paired t test. Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan dan kepercayaan diri ibu memberikan ASI sebelum dan sesudah diberikan intervensi (keterampilan: p=0,000, α=0,05; kepercayaan diri: p=0,000, α=0,05). Pendidikan kesehatan PMK sebaiknya dijadikan prosedur tetap perawatan BBLR.
Kangaroo care health education is an attempt to guide parent achieving mother?s role in the baby care. The objective of this research was to determine the influence of kangaroo care health education on mothers skill and confidence to breastfeeding their baby. The study design used a quasi-experimental pre and post-test without control group design. Respondents were 17 mothers with low birth weight (LBW) infant in the Perinatology Sanglah Hospital in Denpasar. In the collection of the data, confidence questionnaires and breastfeeding skills observation sheets were used as instrument tool. The data was analyzed with paired t test. This research found that there were a significant influence on mother?s skill and confidence in breastfeed their baby as the result of kangaroo care health education (skills: p=0.000, α=0.05; confidence: p=0.000, α=0.05). it was recommended that kangaroo care health education is should be implemented in the care of LBW infant.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
T31939
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Langit Biru
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2022
158.3 LAN b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Penyandang tuna netra adalah orang yang mengalami gangguan dan kelainan dalam indera penglihatan.Kondisi ini menjadikan penyandang tuna netra,mengalami berbagai macam masalah ,baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi perkembangan pribadi dan sosial termasuk dalam karier pekerjaannya......
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ana Ratnawati
Abstrak :
ABSTRAK
Ibu postpartum primipara seringkali belum siap menjalankan peran orangtua dalam merawat bayi. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan efektifitas intervensi edukasi perinatal terhadap pencapaian peran menjadi orangtua. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pendekatan pre-post test with control goup. Sebanyak 55 responden pasangan suami istri berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil uji statistik membuktikan bahwa intervensi efektif untuk meningkatkan kepercayaan ibu dalam merawat bayi (p value=0,044), ikatan talikasih ibu dan bayi (p-value=0,0001), dan dukungan suami (p value=0,031). Intervensi tidak efektif meningkatkan persepsi ibu terhadap dukungan suami (p value=0,938). Rekomendasi penelitian ini, institusi pemberi pelayanan keperawatan maternitas mengembangkan metode edukasi untuk meningkatkan pencapaian peran orangtua.
ABSTRACT
Postpartum primiparous mothers and her husband often do not perform their parental role in taking care of her baby. This study aimed to prove the effectiveness of the intervention of perinatal education in achieving their parental role. This study used quasi experimental design with the approach of pre-post test non equivalent control groups. About 55 married couples were participated as the respondents of this study. The statistical test result proved that the intervention was effective in improving mother?s confidence in taking care of her baby (p value=0,044), mother and baby attachment (p-value=0,0001), and the husband?s support (p value=0,031). This intervention was not effective in improving mother?s perception of husband?s support (p value=0,938). This study recommended the maternity nursing institutions to develop an education method to improve the parental role achievement.
2012
T30681
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ulnyangyi
Abstrak :
Judul asli: Amugeosdo moleun chae eoleun-i doeeossda = i became an adult without knowing anything ; "Orang dewasa yang hebat bukanlah mereka yang sempurna tanpa kesalahan, tetapi mereka yang belajar dari kesalahannya dan maju perlahan." Ada hal-hal yang baru disadari dalam proses pertumbuhan menjadi dewasa. Ada banyak hal di dunia ini yang membuat orang dewasa ingin menangis. Jauh lebih banyak daripada saat kita masih kecil, yang menangis hanya karena terjatuh. Banyaknya luka yang terukir di dalam hati selama hidup bukan makin berkurang, justru makin bertambah, hingga pada akhirnya perasaan ingin menangis itu muncul saat diri kita terusik akan hal yang sepele sekalipun. Meskipun luka yang lama telah mengeras menjadi koreng, tetapi saat muncul goresan baru di bagian yang lain rasanya akan sangat sakit.
Yogyakarta: Aria Media Mandiri, 2022
158.1 ULN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mercy Claudia Marceau
Abstrak :
Latar Belakang: Perawatan gigi tiruan cekat merupakan salah satu perawatan yang bersifat invasif karena membutuhkan preparasi pada gigi penyangga. Oleh karena itu, seorang dokter gigi harus memiliki kepercayaan dan kesiapan diri yang tinggi untuk melakukan perawatan gigi tiruan cekat, agar tidak terjadi kesalahan yang bersifat irreversible. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kesiapan dengan kepercayaan diri mahasiswa profesi FKG UI dalam menangani kasus gigi tiruan cekat, serta mengetahui distribusi dan frekuensi kesiapan dan kepercayaan dan diri mahasiswa profesi FKG UI dalam menangani kasus gigi tiruan cekat. Metode Penelitian: Sebanyak 153 responden yang merupakan mahasiswa aktif tingkat 1 dan 2 pada Program Studi Profesi FKG UI berpartisipasi dalam survei yang dilakukan secara daring. Responden mengisi dua kuesioner terkait kesiapan dan kepercayaan diri dalam menangani kasus gigi tiruan cekat yang digunakan oleh Ilić et al dan Barrero et al dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Inggris. Penyebaran kuesioner dilakukan secara daring dalam bentuk google form. Hasil Penelitian: Hasil uji Continuity Correction menunjukkan bahwa kesiapan memiliki hubungan yang bermakna secara statistik dengan kepercayaan diri mahasiswa profesi FKG UI (p=0,003, p=0,000, p=0,005). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tindakan dengan tingkat kepercayaan diri yang paling rendah adalah preparasi saluran akar untuk perawatan gigi tiruan mahkota (47,7% responden menjawab “moderate confidence”) dan tindakan dengan tingkat kepercayaan yang paling tinggi adalah pencetakan untuk perawatan gigi tiruan cekat (48,4% responden menjawab “confident”). Selain itu, dari penelitian ini diketahui bahwa tindakan dengan tingkat kesiapan yang paling rendah adalah memperbaiki fraktur dan pengangkatan mahkota tiruan di mana 39,2% dari responden menjawab “neutral”. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan dengan kepercayaan diri mahasiswa profesi FKG UI. Mahasiswa profesi FKG UI memiliki tingkat kesiapan dan kepercayaan diri yang cukup baik dalam menangani kasus gigi tiruan cekat. ......Background: Fixed denture treatment is an invasive treatment since it requires preparation of the supporting teeth. Therefore, a dentist must have a high degree of self-confidence and preparedness to carry out fixed denture care, so that irreversible errors do not occur. Objectives: This study aims to analyze the relationship between preparedness and self-confidence of FKG UI’s clinical dental students in handling fixed denture cases, as well as knowing the distribution and frequency of preparedness and self-confidence of FKG UI’s clinical dental students in handling fixed denture cases. Research Methods: A total of 153 respondents, consisting of first- and second-year students of the FKG UI Professional Study Program participated in the online survey. Respondents completed two questionnaires related to preparedness and self-confidence in handling fixed denture cases used by Ilić et al and Barrero et al in their original language, namely the English language. Distribution of the questionnaire was carried out online in the form of a google form. Research Results: The result of the Continuity Correction test shows a statistically significant relationship between preparedness and self-confidence of FKG UI's clinical dental students (p=0,003, p=0,000, p=0,005). This research also shows that the action with the lowest level of confidence is root canal preparation for casted post where 47.7% of the respondents answered, “moderate confidence”, and the action with the highest level of confidence is taking impressions for fixed prosthetics where 48.4% of the respondents answered “confident”. In addition, this research also shows that the action with the lowest level of preparedness is repairing fractures and removing crowns in which 39.2% of the respondents answered “neutral”. Conclusion: There is a significant relationship between preparedness and self-confidence of FKG UI's clinical dental students. FKG UI's clinical dental students have a satisfactory level of readiness and confidence in handling fixed denture cases.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Talitha Kyla Ardinda
Abstrak :
Latar belakang: Kondisi kehilangan gigi dapat menurunkan kemampuan tubuh seperti saat mastikasi, bicara, estetika, maupun gangguan pada sendi temporomandibular. Salah satu solusi untuk menggantikan gigi yang hilang adalah dengan menggunakan gigi tiruan lepasan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan perawatan, di antaranya adalah pengetahuan dan kepercayaan diri yang dimiliki oleh operator. Kepercayaan diri dapat menunjang terlaksananya prosedur dengan benar. Pengetahuan yang dimiliki didapatkan selama proses pembelajaran. Persepsi yang positif terhadap proses pembelajaran dapat meningkatkan semangat dan kepercayaan diri mahasiswa. Tujuan: Mengetahui distribusi frekuensi kepercayaan diri mahasiswa profesi dalam melakukan perawatan dengan gigi tiruan lepasan, melakukan tahapan perawatan gigi tiruan lepasan, dan mengetahui persepsi mahasiswa profesi mengenai sistem pembelajaran prostodontik. Metode: Studi deskriptif observasional dengan desain potong lintang. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring kepada seluruh mahasiswa profesi dan diisi oleh mahasiswa profesi yang yang telah melakukan perawatan gigi tiruan lepasan, yaitu 1 kasus gigi tiruan lengkap dan 1 kasus gigi tiruan sebagian lepasan. Selanjutnya mahasiswa dikelompokan berdasarkan angkatan tahun memasuki program profesi. Data dianalisis dengan uji desktriptif untuk mencari tahu nilai reratanya. Hasil Penelitian: Didapatkan 80 mahasiswa profesi yang memenuhi kriteria inklusi dan bersedia mengsi kuesioner. Kepercayaan diri mahasiswa profesi saat melakukan perawatan prostodontik paling tinggi dimiliki kelompok angkatan 2013 saat melakukan perawatan gigi tiruan sebagian lepasan (8,00) dan melakukan pencobaan gigi tiruan sebagian lepasan (wax) (9,00) serta kelompok angkatan 2014 saat melakukan pencetakan untuk membuat model studi untuk perawatan gigi tiruan lengkap (9,00). Lebih dari 95% mahasiswa profesi FKG UI yang mengisi kuesioner memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran prostodontik yang diterimanya. Kesimpulan: Kepercayaan diri mahasiswa profesi paling tinggi dalam menangani perawatan gigi tiruan sebagian lepasan, serta pada tahapan perawatan gigi tiruan lepasan paling tinggi pada pencetakan untuk membuat model studi dan pencobaan gigi tiruan (wax). Mayoritas mahasiswa profesi yang terlibat dalam penelitian memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran prostodontik di FKG UI. Latar belakang: Kondisi kehilangan gigi dapat menurunkan kemampuan tubuh seperti saat mastikasi, bicara, estetika, maupun gangguan pada sendi temporomandibular. Salah satu solusi untuk menggantikan gigi yang hilang adalah dengan menggunakan gigi tiruan lepasan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan perawatan, di antaranya adalah pengetahuan dan kepercayaan diri yang dimiliki oleh operator. Kepercayaan diri dapat menunjang terlaksananya prosedur dengan benar. Pengetahuan yang dimiliki didapatkan selama proses pembelajaran. Persepsi yang positif terhadap proses pembelajaran dapat meningkatkan semangat dan kepercayaan diri mahasiswa. Tujuan: Mengetahui distribusi frekuensi kepercayaan diri mahasiswa profesi dalam melakukan perawatan dengan gigi tiruan lepasan, melakukan tahapan perawatan gigi tiruan lepasan, dan mengetahui persepsi mahasiswa profesi mengenai sistem pembelajaran prostodontik. Metode: Studi deskriptif observasional dengan desain potong lintang. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring kepada seluruh mahasiswa profesi dan diisi oleh mahasiswa profesi yang yang telah melakukan perawatan gigi tiruan lepasan, yaitu 1 kasus gigi tiruan lengkap dan 1 kasus gigi tiruan sebagian lepasan. Selanjutnya mahasiswa dikelompokan berdasarkan angkatan tahun memasuki program profesi. Data dianalisis dengan uji desktriptif untuk mencari tahu nilai reratanya. Hasil Penelitian: Didapatkan 80 mahasiswa profesi yang memenuhi kriteria inklusi dan bersedia mengsi kuesioner. Kepercayaan diri mahasiswa profesi saat melakukan perawatan prostodontik paling tinggi dimiliki kelompok angkatan 2013 saat melakukan perawatan gigi tiruan sebagian lepasan (8,00) dan melakukan pencobaan gigi tiruan sebagian lepasan (wax) (9,00) serta kelompok angkatan 2014 saat melakukan pencetakan untuk membuat model studi untuk perawatan gigi tiruan lengkap (9,00). Lebih dari 95% mahasiswa profesi FKG UI yang mengisi kuesioner memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran prostodontik yang diterimanya. Kesimpulan: Kepercayaan diri mahasiswa profesi paling tinggi dalam menangani perawatan gigi tiruan sebagian lepasan, serta pada tahapan perawatan gigi tiruan lepasan paling tinggi pada pencetakan untuk membuat model studi dan pencobaan gigi tiruan (wax). Mayoritas mahasiswa profesi yang terlibat dalam penelitian memiliki persepsi positif terhadap pembelajaran prostodontik di FKG UI. ......Background: Loss of teeth can reduce the ability of the body such as during mastication, speech, aesthetics, and disorders of the joints. One solution to replace missing teeth is to use removable dentures. There are several factors that influence the success of treatment, including knowledge and confidence possessed by the operator. Confidence can support the implementation of the procedure correctly. Knowledge is gained during the learning process. A positive perception of the learning process can increase student enthusiasm and confidence. Objective: To determine the frequency distribution of clinical year students' confidence in handling removable denture treatment, and the stage prosthodontic treatments, also to determine their perception of the quality of prosthodontic studies. Method: An observational descriptive study with a cross-sectional design. Retrieval of data using a questionnaire distributed online to all clinical year students and will be filled by clinical year students who have done 1 case of complete denture and at least 1 case of partial denture. Furthermore students are grouped according to the year of entering the professional program. Data were analyzed with descriptive test to find out the mean value. Results: There were 80 clinical year students who met the inclusion criteria and were willing to fill in the questionnaire. The highest confidence levels of clinical year student in performing removable prosthodontic treatment are found in the 2013 group when performing partial denture treatment (8,00) and try-in stage of partial denture (wax) (9,00) and also the 2014 group taking primary impression for complete denture (9,00). More than 95% of the FKG UI clinical year students who filled out the questionnaire had a positive perspective on the prosthodontic learning they received. Conclusion: The confidence of clinical year students is higher in handling removable partial denture treatment and in specific treatment is higher when taking primary impession and try-in stage (wax). The majority of professional students have positive perceptions of prosthodontic learning at FKG UI.
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>