Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Oktafany
"Latar Belakang: Problem-based learning dalam pendidikan kedokteran di Indonesia menuntut lulusannya untuk memiliki mutu yang baik. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (UNILA) telah mulai menerapkan strategi pembelajaran PBL pada tahun ajaran 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan kinerja tutor dan kinerja belajar mandiri dan pelaporan hasil belajar mandiri dalam diskusi problem-based learning pada mahasiswa FK UNILA Provinsi Lampung.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif cross sectional. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan alat bantu kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sampel merupakan total sampling dari mahasiswa kedokteran FK Unila semester 3 dan 7 sebanyak 375 sampel.
Hasil: Terdapat hubungan bermakna antara kinerja tutor dengan kegiatan belajar mandiri dan pelaporan hasil belajar mandiri oleh mahasiswa FK Unila. Analisis chi square nilai p < 0,001. Pada uji statistik didapati nilai OR =4,88 yang berarti bahwa responden yang menyatakan kinerja tutor baik berpeluang sebesar 4,88 kali untuk memiliki kinerja belajar mandiri dan pelaporan hasil belajar mandiri yang baik dibandingkan dengan responden yang menyatakan kinerja tutor kurang.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kinerja tutor dengan kinerja belajar mandiri dan pelaporan hasil belajar mandiri.
......Background: Problem-based learning of medical education in Indonesia requires graduates to have a good quality. Faculty of Medicine, University of Lampung (UNILA) have started implementing PBL learning strategies in the academic year 2008. The aim of this study is to find the relationship tutor's performance and the performance of self-directed learning activity and reporting process of medical students Unila Lampung Province.
Methods: This study is a quantitative cross sectional. Data was collected using a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The sample is a 3rd and 7th semester medical student of FK UNILA (375 samples).
Results: There was a significant relationship between the performance of tutors with self-directed learning activities and the self study report of 3rd and 7th UNILA medical school (p value <0.001). From statistical analysis, we found OR = 4.88, which means that the respondents who perceived to have a good tutor performance were 4.88 times to have a good self-directed learning performance and their sel-study reporting results that compared the performance of tutors respondents who expressed less.
Conclusion: There is a relationship between the tutor's performance with student self-directed learning performance and self-study reporting results."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Rachmi
"Kurikulum berbasis kompetensi di PSKU Universitas Mulawarman dilaksanakan mulai September 2007, menggunakan problem-based learning atau PBL yang merupakan strategi pembelajaran berdasar problem. Dalam tutorial PBL terjadi proses belajar secara kolaboratif memanfaatkan sumber pengetahuan kolektif untuk meningkatkan pembelajaran semua anggota kelompok. Partisipasi mahasiswa dalam tutorial mungkin dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kinerja tutor, kualitas problem, dan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterkaitan antara kinerja tutor, kualitas problem, komunikasi interpersonal, dan partisipasi mahasiswa dalam PBL di PSKU Universitas Mulawarman. Penelitian ini dilakukan pada akhir uji coba PBL, diikuti oleh mahasiswa kedokteran tahun pertama dan kedua yang dibagi dalam 15 kelompok secara random pada 25 Mei 2007. Tiap mahasiswa mengisi kuesioner tentang kinerja tutor, kualitas problem, dan komunikasi interpersonal sesuai dengan persepsinya.
Partisipasi mahasiswa tiap kelompok dinilai oleh observer sesuai dengan daftar tilik. Analisa statistik dilakukan dengan regresi linier menggunakan STATA 6.0. Dari 110 mahasiswa, sebanyak 64 orang yang mengikuti uji coba, dan seluruhnya bersedia mengikuti penelitian ini. Kinerja tutor menunjukkan hubungan dengan partisipasi mahasiswa (coe//szen/Coef.=0,66;95%CI=0.38-0.94). Unsur non-sugestif (Coef.=0,76;95%CI=0,15-l,38) dari kinerja tutor mempunyai pengaruh paling kuat terhadap partisipasi mahasiswa diikuti oleh unsur non-asertif (Coef.=0,77;95%CI=0,14-l,40). Komunikasi interpersonal juga menunjukkan keterkaitan dengan partisipasi mahasiswa (Coef.=0.67; 95%CI=0.05-1.30). Koefisien regresi yang positif menunjukkan adanya hubungan yang positif antara unsur non-asertif dan non-sugestif, serta komunikasi interpersonal terhadap partisipasi mahasiswa. Sedangkan kualitas skenario menunjukkan hubungan yang lemah dengan partisipasi mahasiswa.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan unsur non-asertif dan non-sugestif dari kinerja tutor, serta komunikasi interpersonal yang baik akan meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam tutorial PBL."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2007
T58790
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library