Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 2 Document(s) match with the query
cover
Azra Mashita
"Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional dan dinilai mampu menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi. Persaingan pada lingkungan yang kompetitif dan keadaan yang terus berubah menjadi tantangan bagi UMKM. Untuk dapat terus bertahan dan tumbuh dalam segala tantangan yang selalu terjadi adalah dengan meningkatkan kinerja. Entreprenerial marketing dan network relationship dinilai menjadi dua faktor utama yang memengaruhi kinerja UMKM. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kedua variabel tersebut terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif yang data nya bersumber pada kuesioner dari 150 pelaku UMKM kuliner yang tergabung dalam program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) di Kota Jakarta Selatan. Penelitian ini menemukan bahwa entrepreneurial marketing dan network relationship memengaruhi kinerja UMKM baik secara parsial maupun simultan.

Micro, small & medium enterprises (MSMEs) has important and strategic role in national economic development and capable of being the backbone of economic growth. Competitive and always changing environment are challenges for MSMEs. One way to continue to survive and grow in every challenges is to improve performance. Entrepreneurial marketing and network relationships are considered to be two main factors that affect the performance of MSMEs. The purpose of this study was to determine how the influence of these two variables on the performance of MSMEs. This study used quantitative approach with data sourced from questionnaire filled by 150 culinary SMEs from integrated entreprenurship program by government in South Jakarta. This study found that entrepreneurial marketing and network relationships affect the performance of MSMEs either partially or simultaneously."
Jakarta: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prabadika Reyhan Fernaldy
"UMKM merupakan sektor yang berpengaruh sangat besar terhadap perekonomian di negara Indonesia, Shojiru Healthy Juice merupakan salah satu produk UMKM yang ada di Indonesia dengan produk berupa minuman siap saji yang memiliki keunggulan berupa sehat dengan rasa yang nikmat. Usaha yang telah berjalan selama 8 tahun ini, terus mengalami perkembangan usaha, namun dalam waktu satu tahun terakhir perusahaan mengalami kemunduran yang sangat signifikan. Terdapat beberapa faktor penyebab menurunnya performa usaha dari Shojiru Healthy Juice dimana salah satu yang menjadi faktor utamanya adalah terkait berlebihnya beban kerja dari owner karena terdapat kegiatan lain di luar mengurus usaha Shojiru, tidak baiknya manajemen kinerja dan analisis pekerjaan yang ada pada usaha. Riset ini bertujuan untuk dapat memberikan solusi dengan perbaikan pada manajemen kinerja dan analisis pekerjaan kepada UMKM untuk dapat mengalami perkembangan usaha yang baik. Tools analysis dan wawancara merupakan metode yang digunakan untuk menciptakan penerapan solusi. Hasil yang didapatkan dari penerapan solusi adalah terjadinya peningkatan penjualan sebesar 22,3% dan peningkatan kerjasama dengan outlet baru sebesar 6%.

MSMEs are a sector that has a very large influence on the economy in Indonesia. Shojiru Healthy Juice is one of the MSME products in Indonesia with products in the form of ready-to-drink drinks which have the advantage of being healthy with a delicious taste. This business, which has been running for 8 years, continues to experience business development, but in the last one year the company experienced a very significant setback. There are several factors causing the decline in the business performance of Shojiru Healthy Juice where one of the main factors is related to the excess workload of the owner because there are other activities outside of managing Shojiru's business, not improving the performance of management and analysis of work in the business. This research aims to be able to provide solutions with improvements in performance management and job analysis to MSMEs so they can experience good business development. Tools analysis and interviews are the methods used to create implementation solutions. The results obtained from implementing the solution were an increase in sales of 22.3% and an increase in collaboration with new outlets of 6%."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library