Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indira Chanum
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini didasari kerangka berfikir bahwa pendidikan dasar merupakan aspek penting yang fundamental bagi' 5etiap individu. Melalui pendidikan dasar inilah di1etakan kerangka landasan daya nalar, sikap, dan ketrampilan subyek didik untuk mampu melanjutkan studi pada tahap yang lebih tinggi ataupun terjun mengembangkan ketrampilan di masyarakat. Demikian urgennya peranan pendidikan dasar maka untuk menunjang keberhasilannya diperlukan guru-guru pendidikan dasar yang berbobot dalam arti mampu menyelenggarakan prose; belajar MEDQSJBF YBWQ bermutu, sehingga mampu mengembangkan semua potensi yang dimi1iki siswa.

Untuk mencetak guru pendidikan dasar yang bermutu maka pemerintah membuka program D II PGSD sebagai peningkatan dari SPE. Paningkatan kualifikasi guru-guru sekolah dasar ini mutlak perlu sejalan dengan meningkatkan fungsi pendidikan dasar yang bukan lagi sekedar pendidikan yang terminal sesudah 6 tahun, melainkan merupakan bagian yang teritegrasi dengan pendidikan dasar 9 tahun. Hal ini cukup jelas dinyatakan dalam U.U. Pendidikan Nasional No: 2 Tahun 1989. Untuk merealisasikan tujuan itu maka IKIP ditugasi mencetak tenaga guru Sekolah Dasar melalui PVDQVBW D I1 PGSD. Setelah program ini berlangsung sekitar 3 tahun peneliti mencoba melihat bagaimana kualitas produk PGSD ini.

Penelitian ini dilakukan terhadap 135 mahasiawa PGSD yang sudah menempuh praktek pangalaman lapangan (PPL) sebagai puncak pambekalan teori dan praktek keguruan di PGSD. Hasil panelitian yang ditemukan adalah sebagai berlkut.

1.Peserta PESD memiliki Tingkat Asplrasi yang cukup tinggi untak mangadi guru. Tingkat Aspirasi ini mamiliki hubungan yang positif dengan Sikap gerhadap profesi guru dan Panguasaan prestasi profesi keguruan.

2. Paaerta PGSD memiliki Sikap yang pmsitif tarhadap Profesi guru, dan hal ini memiliki hubungan yang positif terhadap Panguasaanvprestasi prnfesi keguruan.

3. Proses belajar mangajar yang dikembangkan di PGSD mamiliki tingkat Kebarmaknaan yang ralatif tinggi. Tingkat Habarmaknaan proses belajar mengajar di PGSD ini memiliki hubungan yang positif dengan Penguasaan prestasi prcfesi kaguruan. Kebermaknaan prose; belajar mengajar ini merupakan prediktor yang paling tapat untuk mempredikai varian Fenguasaan prestasi profesi keguruan.

Bardasarkan haeil temuan seperti tersabut di atas makadapat diajukan saran-saran sebagai barikut. Partama, walauaun sumbangannya kacil keberadaan tingkat aspirasi merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam kepribadian calon mahasiswa FGSD. Kadua, Ferlu diupayakan usaha yang lebih sarius untuk dapat lebih meningkatkan kebermaknaan proses belajar mengajar di PGSD.

Kiranya juga perlu dilakukan penelitian tahap lanjut dangan memperluas jumlah sampel, manggunakan metoda pengumpulan data dan analisis data yang labih canggih saningga bisa diambil suatu generalisasi yang lebih bisa dipertanggung jawabkan. Hiranya juga perlu mamanfaatkan hasil penelitian sederhana ini sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan mutu lulusan program DII PGSD
1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library