Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Seno Subro
Solo: Andrea Press, 2002
927 SEN a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ima Apriliani
"ABSTRAK
Skripsi ini berisi pembahasan mengenai kedekatan alam dalam kisah cinta manusia yang terdapat dalam langgam Jawa. Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana kohesi dan koherensi berdasarkan sintesis teori dari Kridalaksana, Halliday-Hasan, dan Alwi,dkk. Hasil penelitian ini menemukan adanya hubungan kedekatan alam dalam kisah cinta manusia. Objek alam yang telibat dalam langgam Jawa adalah lintang, wulan, wukir, samudra, bumi, dan langit. Kedekatan alam dan manusia tergambarkan dalam perannya yang direpresentasikan dalam langgam Jawa. Peran objek alam itu adalah sebagai saksi ketulusan cinta, sahabat setia yang menemani, dan gambaran tantangan yang harus dihadapi dalam sebuah kisah percintaan.

ABSTRACT
This thesis contains a discussion of the closeness of nature in human love story contained in Langgam Jawa. This study uses the theory of discourse Analysis about cohesion and coherence based on the theory of Kridalaksana synthesis, Halliday-Hasan, and Alwi, et al. The results of this study found a close relationship in the nature of human love story. Natural object involved in the Langgam Jawa is lintang, wulan, wukir, samudra, bumi, and langit. The closeness of nature and human in the role that is represented in Langgam Jawa. The role of natural objects it is as a witness to the sincerity of love, loyal companions who accompany, and a picture of the challenges that must be faced in a love story."
2014
S70184
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arnizal
"Dalam masyarakat Minangkabau dikenal semacam tata krama berbicara sehari-hari antara sesama anggota masya_rakat sesuai dengan peran dan/atau status sosial sese_orang dalam masyarakat. Tata krama tersebut berupa se_buah ragam bahasa yang disebut langgam kato. Namun, ada_nya tata krama berbicara semacam itu bukanlah berarti adanya bahasa bangsawan di samping adanya bahasa rakyat biasa. Tata krama seperti itu dipakai oleh semua orang, sedangkan perbedaan pemakaianuya ditentukan oleh pem_bicara dan lawan bicaranya. Ada empat langgam kato, (1) kato mandata, (2) kato mandaki, (3) kato manurun, dan (4) kato malereng. Keempat langgam kato tersebut masing-masing memper_lihatkan perbedaan dan mempunyai aturan sendiri-sendiri, baik dalam hal kosa kata sapaan, pemakaian kata (leksi_kal), bangun kata (morfologi), atau pun dalam hal ba-ngun kalimat (sintaksis)."
Depok: Universitas Indonesia, 1987
S10740
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mirna Heradyani
"ABSTRAK
Langgam dalam film Anderson menjelaskan relasi antara ruang fisik dengan penggunanya. Pengguna ruang atau subjek memiliki peran penting dalam definisi ruang karena subjek yang akan mengaktifkan serta memberi pengertian terhadap ruang Tschumi, 1976 . Analisis mengenai ruang dan interioritas berdasarkan hubungan dengan representasi, okupasi ruang dan well-being subjek Power, 2014 . Definisi mengenai ruang memiliki keterkaitan dengan waktu karena waktu memberi modifikasi baik dalam level kultural maupun personal terhadap ruang.Anderson menggunakan visualiasasi berupa concept art dan storyboard sebelum diaplikasikan dalam montase akhir dunia film. Concept art Anderson menjelaskan elemen-elemen ruang yang dapat menjelaskan keadaan manusia dalam dunia film.Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara langgam Wes Anderson dan interioritas ruang sebagai media narasi cerita. Tulisan ini menggunakan film The Grand Budapest Hotel 2014 dan The Royal Tenenbaums 2001 sebagai studi kasus.

ABSTRACT
The use of style is to describe the relationship between physical space and its user. The portrayal of space are as something generated by movement and life Tschumi, 1976 . Explanation about space and interiority are based on its relation to representation, occupation and well being of the subject Power, 2014 . The definition of space itself is determined by time, as time give modification on both cultural and personal levels.Anderson used visualization in form of concept arts and storyboard before establishing the final montage in the film. His concept arts explain spatial elements which contribute to the representation of subject rsquo s relation to space.With this paper, the author described the relationship between Wes Anderson style with the interiority of space as a narration device of explaining his movie universe. This paper used The Grand Budapest Hotel 2014 and The Royal Tenenbaums 2001 as case studies."
2017
S69305
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library