Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aribowo Abdurrahman
"Jl. Kali Besar Barat dan Timur merupakan cikal bakal perkembangan kota Jakarta ke arah Selatan yang dimulai sejak Abad ke 15. Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta menetapkan daerah ini termasuk ke dalam Kawasan Wisata Budaya dan Sejarah karena memiliki ciri khusus berupa deretan bangunan tua dan plaza Iinier kota berupa arkade dan trotoar. Untuk itu akan dilaksanakan progam revitalisasi di daerah ini dengan meningkatkan kualitas ruang Iuar (open space) dan menghidupkan suasana kota di malam hari. Program ini melibatkan penghuni lahan dan masyarakat setempat dalam bentuk Public Private Partnership. Menurut Canter, keterlibatan ini akan efektif bila masyarakat diminta pendapatnya berupa persepsi dan preferensi yang obyektif dalam menentukan alternatif manajemen, perencanaan dan penilaian terhadap pembangunan tersebut. Untuk itu digunakan kuesioner user survey yang merupakan langkah efektif untuk mendapatkan gambaran sikap terhadap revitalisasi berupa sikap terhadap kualitas ruang luar dan preferensi terhadap peningkatan kualitas ruang luar. Skala yang dikembangkan terdiri dari aspek-aspek architectural features yang menjadi obyek program revitalisasi, yaitu aspek arkade/trotoar, bangunan bersejarah, tepi kali, jalan/lalulintas dan utilitas. Menurut Gifford, pengamat (dalam penelitian ini ialah penghuni atau user) dapat menilai arsitektur pada sejumlah kota tidak saja menilai kualitas, tapi juga melakukan preferensi terhadap bentuk-bentuk arsitektural. Hasilnya berupa gambaran respon subyek penelitian terhadap kondisi kualitas ruang luar dan preferensi tindakan yang diharapkan dari pelaksana program revitalisasi di JI. Kali Besar Barat dan Timur. Metode analisis deskriptif ini dipilih karena menurut Canter tidak ada penelitian atau studi (pendekatan psikologi) yang memberikan gambaran secara deskriptif yang dapat langsung memberikan rekomendasi desain spesifik yang diinginkan dari responden. Penggunaan user survey berupa kuesioner ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pemda DKI Jakarta dalam merumuskan model pembangunan yang mengikutkan partisipasi masyarakat."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
S2645
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzie Squaib
"Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui faktor geometrik dan lingkungan jalan apa saja yang diduga memiliki pengaruh yang signifikan sebagai penyebab kecelakaan di berbagai lokasi di kawasan rural Kalimantan dan Sulawesi. Studi kasus ini menggunakan kasus jalan raya lintas Pontianak-Singkawang di Kalimantan Barat, lintas Martapura - Barabai di Kalimantan Selatan, dan lintas Takalar-Bulukumba di Sulawesi Selatan. Survey dilakukan di 3 propinsi yang terbagi dalam 22 blackspot (titik rawan kecelakaan). Variabel yang dievaluasi adalah alinyemen jalan, superelevasi, lebar jalan, lebar bahu jalan, lebar zona bebas/clear zone, kondisi permukaan jalan, keberadaan rambu dan marka jalan. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa statistik dengan model multivariat generalized linear model dengan distribusi negatif binomial menggunakan software GLIM4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan terhadap terjadinya kecelakaan adalah lebar jalan, clearzone dan keberadaan rambu lalu lintas.
The purpose of this thesis was to determine the geometric and the road environment factors thar suspected of having a significant effect as the cause of accidents at various locations in Kalimantan and Sulawesi rural areas. This case study uses the case of the Pontianak- Singkawang route in West Kalimantan, Martapura-Barabai route in South Kalimantan, and Takalar-Bulukumba route in South Sulawesi. Survey conducted in three provinces that are divided into 22 blackspot. The variables evaluated were the road alignment, superelevation, road width, shoulder width, the width of clear zones, road surface conditions, the presence of road signs and road markings. The analysis techniques that use are statistical analysis with a generalized linear model multivariate model with negative binomial distribution using software GLIM 4. The results showed that the most dominant variables to the occurrence of accidents is the width of the road, clearzone and the presence of traffic signs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T24712
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library