Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Tsania Ayu Zaharany
"Tantangan pada masa pandemi Covid-19 menimbulkan perubahan sehingga menimbulkan KAK dan PAK salah satunya yakni terpapar Covid-19. Literasi kesehatan kerja memiliki potensi terhadap pencegahan penyakit akibat kerja dan cedera. Upaya peningkatan literasi kesehatan kerja perawat diupayakan melalui pendekatan faktor eksternal (dukungan organisasi) dan internal (karakteristik perawat, ). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis determinan literasi kesehatan kerja perawat di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian analitik dan rancangan cross-sectional. Sampel berjumlah 230 staf pelaksana keperawatan yang bekerja di Rumah Sakit. Hasil penelitian menunjukkan usia, tingkat pendidikan, dan penempatan kerja menunjukkan hubungan yang signifikan (p<0,05) dengan literasi kesehatan kerja perawat di masa pandemic Covid-19. Sementara faktor model keyakinan kesehatan menunjukkan hubungan yang signifikan (p=0,001) dan gaya hidup menunjukkan hubungan yang signifikan (p =0,001) dengan literasi kesehatan kerja perawat Covid-19. Hasil multivariat juga didapatkan faktor yang paling dominan meliputi gaya hidup, dukungan organisasi, model keyakinan kesehatan, tingkat pendidikan dan penempatan kerja. Rekomendasi dalam penelitian ini melalui peningkatan gaya hidup sehat, dukungan organisasi, model keyakinan kesehatan dalam memperbaiki literasi kesehatan kerja perawat.
Challenges the pandemic Covid-19 caused changes that led to KAK and PAK, one of which was exposed to Covid-19. Occupational health literacy has the potential to prevent occupational diseases and injuries. Improving nurse occupational health literacy is pursued through external (organizational support) and internal factors (nurse characteristics). The purpose of this study analyzes the determinants of nurse occupational health literacy during the Covid-19 pandemic. This research uses a quantitative approach with an analytical research design and cross-sectional design. The sample consisted of 230 nursing staff working at the hospital. The results showed that age, education level, and work placement showed a significant relationship (p<0.05) with nurse occupational health literacy during the Covid-19 pandemic. While the health belief model factor shows a significant relationship (p=0.001) and lifestyle shows a significant relationship (p =0.001) with the occupational health literacy of Covid-19 nurses. Multivariate results also obtained the most dominant factors including lifestyle, organizational support, health belief model, education level, and work placement. Recommendations in this study are improved healthy lifestyle, organizational support, health belief model in improving nurse occupational health literacy. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library