Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rachmah Pradnya Murti
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana video blog vlog mampu mempengaruhi presepsi konsumen dan keinginan untuk membeli luxury fashion brand. Studi ini berfokus pada Youtube, salah satu video sharing site yang memfasilitasi penggunanya untuk menonton dan mengupload video ke halamannya. Dengan menggunakan parasocial interaction PSI dan social comparison sebagai kerangka teori, studi ini mengusulkan model yang melihat pengaruh dari karakteristik youtube vlogger Social Attractiveness, Physical Attractiveness, dan Attittude Homophily terhadap PSI; PSI terhadap luxury brand perception Luxury Brand Value, Brand-user Imagery Fit, dan Brand Luxury dan brand purchase intention. Peneliti melakukan pilot test terlebih dahulu dengan uji statistik freidman test untuk menentukan Youtube Vlogger yang digunakan dalam penelitian ini. Kemudian, peneliti menggunakan analisis Structural Equation Modelling SEM untuk main test. Hasil penelitian memperlihatkan karakteristik dari youtube vlogger yaitu social attractiveness dan attitude homophily dibuktikan memiliki pengaruh positif terhadap parasocial interaction. Namun karakteristik youtube vlogger physical attractiveness tidak memiliki pengaruh positif terhadap parasocial interaction. Sementara, parasocial interaction dibuktikan memiliki pengaruh positif terhadap brand luxury perception Luxury Brand Value, Brand-user Imagery Fit, dan Brand Luxury yang kemudian memberikan pengaruh positif pada purchase intention.
ABSTRACT
The objective of this study is to examine how video blog vlog influence consumer perception and purchase intention on luxury fashion brand. This study focuses on one video sharing site, Youtube, that facilitates user to watch and share original video. Using parasocial interaction PSI and social comparison theory, this study proposes a model that assess the influence of characteristics of video blogger vlogger ex social attractiveness physical attractiveness attitude homophily on PSI PSI effect on luxury brand perception ex Luxury Brand Value, Brand user Imagery Fit, dan Brand Luxury and brand purchase intention. Pilot test is conducted with freidman test to determine the appropriate vlogger to be used in this study. After that, researcher use Structural Equation Modelling SEM to analyze the main test. The result of this research shows that two out of three of the characteristics of youtube vlogger, which are social attractiveness and attitude homophily have a positive influence on PSI. But the other characteristic, which is physical attractiveness, does not positively influence on PSI. Additionally, positive effect occurs between PSI and luxury brand perception Luxury Brand Value, Brand user Imagery Fit, dan Brand Luxury and between luxury brand perception Luxury Brand Value, Brand user Imagery Fit, dan Brand Luxury and purchase intentions.
2017
S69696
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Sari
Abstrak :
The research regarding luxury products in developed economies can be found in many literatures, on the other hand similar research in developing economies are still limited. Since this topic is still underexplored, particularly in developing economies, the purpose of this study is to investigate Indonesian consumers’ perception of two different luxury brands that comes from different countries, namely BMW (Germany) and Lexus (Japan). Data was collected from diverse Indonesian BMW and Lexus owners. The consumers’ general brand perception and perceived values of luxury car are examined in this study. Data analysis used structural equation modeling (SEM). Results indicated that Indonesian consumers considered Japanese luxury car’s (Lexus) conspicuous value higher than German luxury car (BMW). Nevertheless, BMW was considered to have higher value in all of the rest of the aspects studied such as quality value, social value, and hedonic value. Even though so, the result of the study finds that Lexus owners have a higher purchase intention than BMW owners. The research concludes that luxury brand perception is highly affecting consumers’ purchase intention in this luxury automotive industry.

Penelitian mengenai produk mewah (luxury products) di negara maju dapat ditemukan di banyak literatur, namun penelitian serupa di negara berkembang masih terbatas. Karena topik ini masih relatif kurang dieksplorasi di negara berkembang, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen Indonesia mengenai dua merek luxury brands yang berasal dari berbagai negara, yaitu BMW (Jerman) dan Lexus (Jepang). Data dikumpulkan dari berbagai pemilik BMW dan Lexus di Indonesia , kemudian penelitian ini meneliti persepsi umum konsumen mengenai merek dan nilai-nilai yang dirasakan (perceived value) dari merek mobil mewah. Analisis data penelitian dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) mengungkapkan bahwa bahwa konsumen Indonesia menganggap mobil mewah Jepang (Lexus) memiliki conspicuous value yang lebih tinggi dari mobil mewah asal Jerman (BMW). Namun demikian, BMW dianggap memiliki nilai yang lebih tinggi dalam semua aspek lainnya yang diteliti dalam penelitian ini seperti nilai kualitas (quality value), nilai sosial (social value), dan nilai hedonis (hedonic value). Meskipun demikian, hasil studi tersebut menemukan bahwa pemilik Lexus memiliki niat beli lebih tinggi dari pemilik BMW. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi merek mewah sangat mempengaruhi niat beli konsumen dalam industri otomotif mewah.
Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2014
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library