Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Piga Hybrida Palupi Loedji
Abstrak :
Tesis ini bertujuan untuk menunjukkan sebab-sebab terjadinya perubahan maskot kampus Southwestern College (SWC) di California pada tahun 2001. Sebagaimana layaknya sekolah-sekolah dan perguruan-perguruan tinggi di Amerika, SWC yang didirikan pada tahun 1961 mempunyai maskot, khususnya untuk tim olah raganya. Maskot SWC adalah The Apaches, nama salah satu suku Indian di Amerika Karena The Apaches adalah nama suku, maka pemakaian tersebut diprotes oleh Orang Indian. Manusia tidak boleh dijadikan maskot dan nama julukan karena hal itu merupakan sebuah bentuk penghinaan. Akhirnya pada tahun 2001 SWC mengganti maskotnya dari The Apaches menjadi The Jaguar. Jaguar yang merupakan nama hewan diharapkan tidak lagi mendatangkan protes karena nama-nama hewan boleh dijadikan maskot dan nama julukan. Untuk membahas masalah tersebut digunakan beberapa konsep yaitu konsep simbol, konsep maskot (khususnya mengenai maskot yang berhubungan dengan kebudayaan Indian), konsep identitas, serta konsep multikulturalisme. Tesis ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kajian kepustakaan. Teknik yang digunakan adalah teknik deslaiptif-interpretatif. Data yang tersedia dianalisis untuk memahami masalah masalah yang terdapat di balik gejala-gejala yang tampak di permukaan. Melalui analisis terlihat bahwa perubahan maskot SWC di California dari The Apaches menjadi The Jaguar pada tahun 2001 terjadi karena adanya kesadaran akan keragaman budaya dan penghargaan terhadap perbedaan. Perubahan tersebut juga tidak terlepas dan. fakor-faktor politik, ekonomi dan sosial-budaya yang ada pada masyarakat Amerika.
This thesis aims to show the reasons of the mascot change which took place in Southwestern College (SWC), California in 2001. As most schools, colleges, and universities in USA do, SWC which was established in 1961 also has a mascot, especially for their athletic teams. SWC's mascot is The Apaches, which is derived from the name of one of the Native American tribes. Because of that, this use provoques protests from Indian people. They say that using them as mascot is an insult Finally in 200I SWC changed their mascot from The Apaches to The Jaguar. Jaguar is an animal therefore there should be no more protest because the names of animals are allowed to be adopted as mascot. To analyze this problem several concepts are used. They are the concepts of symbol, mascot -especially those belong to Indian culture-, concepts of identity and multiculturalism This thesis is a qualitative research which applies a library study. The technique applied is a descriptive-interpretative technique. The data is analyzed in order to understand the problems which exist beyond the phenomenons. The analysis proves that the reason of the mascot change in SWC in 2001 is the awareness of cultural diversity and the appreciation of difference. The change is also related to the political, economic, and socio-cultural context of American society.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2003
T11083
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syora Alya Eka Putri
Abstrak :
ABSTRAK
Artikel ini berfokus pada eksistensi Mickey Mouse sebagai maskot Walt Disney Company berdasarkan perspektif global value chain. Sebagai maskot resmi, Mickey Mouse telah bertahan lama sejak tahun 1928 sampai saat ini, melalui karya yang telah dihasilkan seperti motion picture, serial televisi, komik, buku dan taman bermain. Eksistensi Mickey Mouse telah membuat Walt Disney Company sukses menjadi salah satu perusahaan yang sukses mendominasi industri hiburan dunia. Studi-studi sebelumnya menjelaskan bahwa eksistensi mascot dalam industry hiburan dilanggengkan melalui strategi perusahaan yaitu branding dan supply chain management. Selanjutnya, studi-studi sebelumnya mengenai global value chain belum membahas perusahaan dari segi maskotnya, tapi hanya melihat konsekuensi aktivitas bisnis yang dilakukan dalam industry. Oleh karena itu, artikel ini berfokus pada mascot dari Walt Disney Company yaitu Mickey Mouse dalam membangun perusahaan kedalam ekonomi global melalui perspektif global value chain. Strategi branding dan supply chain management termasuk dalam salah satu elemen global value chain yaitu struktur input-output. Kemudian, pelanggengan eksistensi dari maskot juga didukung oleh elemen global value chain lain yaitu konteks lokal institusional dan skopa geografis.
ABSTRACT
This article analyses the existence of Mickey Mouse as a mascot of the Walt Disney Company based on global value chain perspective. As an official mascot of Walt Disney Company, Mickey Mouse has been well-established since 1928 to present day, with its artwork that has been produced such as the motion picture, television series, comic, book, and theme parks. Its existence has made Walt Disney Company as one of the successful multinational companies that dominate the entertainment industry in the world. The earlier studies said that the existence of a company mascot in the entertainment industry perpetuated by the company s strategy through branding and supply chain management. Furthermore, in the global value chain, previous studies have not yet discussed the company by its mascot that only viewed by its consequence of the business in the industry. Therefore, this article analyses the mascot of the Disney Company s, Mickey Mouse that is in building the company into a global economy using the global value chain perspective. Nonetheless, the branding strategy and supply chain management correlate to one of the global value chain elements, is an input-output structure. The perpetuation of the existence of a mascot is supported by other global value chain elements that are the local institutional context and geographic scope.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library