Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amir Hamzah Suleiman
Jakarta: Gramedia, 1988
371.33 AMI m (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Holie Fransiska
"Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan terbanyak serta menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia setiap tahunnya. Hipertensi seringkali terjadi tanpa keluhan, sehingga penderita tidak menyadari dirinya mengidap hipertensi. video menjadi salah satu media yang efektif digunakan untuk edukasi hipertensi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran media audiovisual dalam memberikan edukasi terkait penyakit hipertensi kepada masyarakat di sekitar wilayah Puskesmas Kecamatan Jatinegara. Metode yang digunakan adalah membuat video edukasi hipertensi untuk masyarakat kemudian menilai pemahaman setelah menyaksikan video dengan post test melalui google form. Berdasarka data dari 18 responden diperoleh jumlah responden yang menjawab benar adalah 14 responden terkait definisi hipertensi, 17 responden terkait gejala hipertensi, 10 responden terkait target tekanan darah, 18 responden terkait kebenaran rokok dan konsumsi garam berlebih sebagai pemicu tekanan darah tinggi. Media audiovisual dapat berperan dalam memberikan edukasi penyakit hipertensi kepada masyarakat, meskipun data hasil post-test dari responden tidak bisa merepresentasikan data sesungguhnya dari keseluruhan masyarakat Kecamatan Jatinegara.

Hypertension is one of the most common cardiovascular diseases and is the number one cause of death in the world every year. Hypertension often occurs without complaints, so that patients do not realize they have hypertension. Video is one of the effective media used for hypertension education. This study aimed to determine the role of audiovisual media in providing education related to hypertension to the public around the Jatinegara District Health Center area. The method used is to make hypertension education videos and then assess understanding after watching the video by post test via google form. Based on data from 18 respondents, the number of respondents who answered correctly was 14 respondents related to the definition of hypertension, 17 respondents related to hypertension symptoms, 10 respondents related to blood pressure targets, 18 respondents related to the truth of smoking and excessive salt consumption as a trigger for high blood pressure. Audiovisual media can play a role in providing education on hypertension to the public, even though the post-test results from respondents cannot represent actual data from the entire community of Jatinegara District."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nova Zamri
"Penulisan karya akhir ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran sastra dengan menggunakan media audio visual di MTs dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sebagai sumber data, dipilih materi pembelajaran berdasarkan proses reduksi dan pengelompokan data. Dari hasil deskripsi langkah-langkah pembelajaran terhadap sumber data tersebut, terungkap bahwa pembelajaran sastra dengan menggunakan media audio visual dapat memberikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang lebih konkret, dan menarik bagi peserta didik di MTs. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa pembelajaran sastra dengan menggunakan media audio visual layak diterapkan di MTs.

This final paper is arranged to describe the steps of planning, implementation, and evaluation of teaching literature using audio visual media at MTs. The teaching materials are chosen based on reduction proces and data grouping become the source data. The result of the steps description planning, implementation, and evaluation cocerning source data, teaching literature using audio visual medium can give students more concrete and interesting knowledge, attitude, and skill. Thus, it can be affirmed that teaching literature using audio visual media is eligible to be applied in MTs."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26258
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Suparti
"Metode pembelajaran yang banyak digunakan tenaga pendidik di PAUD/TK adalah bermain dengan slogan bermain sambil belajar. Selain metode bermain, ada metode bercerita, dan bernyanyi. Metode bercerita merupakan salah satu metode yang efektif untuk memperkenalkan nilai-nilai mulia pada anak usia dini.
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan data dan informasi mengenai: (1) kemampuan guru dalam bercerita; (2) kebutuhan guru akan media audio cerita pendidikan karakter untuk PAUD; (3) media audio pendidikan karakter untuk PAUD; dan (4) nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa disampaikan melalui media audio bercerita. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2016. Populasi penelitian adalah guru-guru TK di Propinsi DIY. Sebanyak 20 guru TK menjadi sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen kuesioner dan panduan wawancara digunakan untuk menjaring kebutuhan guru PAUD akan media audio cerita pendidikan karakter untuk anak usia dini. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam bercerita cukup baik meskipun masih memiliki keterbatasan; (2) guru membutuhkan media audio yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter; (3) media audio pendidikan karakter yang dibutuhkan adalah cerita binatang; dan (4) nilai-nilai pendidikan karakter yang disampaikan mengacu pada kurikulum PAUD 2013. Dengan demikian, hasil penelitian menegaskan bahwa guru membutuhkan media audio dalam bentuk cerita binatang untuk membantu menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini."
Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2016
371 TEKNODIK 20:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kulsum Nur Hayati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran inkuiri dengan media audio untuk memfasilitasi siswa tunanetra dalam penguatan pendidikan karakter. Media pembelajaran untuk penguatan pendidikan karakter siswa tunanetra masih sangat terbatas. Untuk itu, diperlukan rancangan model pembelajaran penguatan pendidikan karakter dengan memanfaatkan media audio yang sesuai untuk siswa tunanetra. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model pembelajaran yang mengunakan media audio. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan model ini adalah diskusi terfokus dengan responden pendidik dari SLB A yang berasal dari Payakumbuh, Mataram, Makassar, Ruteng, dan DI Yogyakarta yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian ini adalah rancangan model pembelajaran inkuiri yang menggunakan media audio “Cermin Empat Sahabat†Dikbud untuk penguatan pendidikan karakter siswa tunanetra. Penguatan pendidikan karakter dalam model ini disampaikan melalui karakter tokoh Sahabat Dikbud dengan setting dan alur yang menarik untuk didengarkan dan kemudian dikembangkan dalam pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran inkuiri. Cerita empat sahabat Dikbud tersebut ditujukan untuk memberikan gambaran tentang karakter yang seharusnya dimiliki siswa. Pembelajaran inkuiri yang diterapkan meliputi empat tahapan yaitu ask, investigate, discuss, dan reflect. Agar media audio “Cermin Empat Sahabat†ini benarbenar menjadi cerita yang menginspirasi bagi siswa tunanetra, sebaiknya ada beberapa segmen cerita yang menggunakan tokoh siswa tunanetra"
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2020
371 TEKNODIK 24:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kulsum Nur Hayati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan media audio Gelaria dalam menstimulasi kemampuan seni dan fisik motorik anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan teknik survey
di 8 propinsi, yaitu: DIY, Sulawesi Barat, NTT, Jawa Barat, Bengkulu, Jawa Timur, Banten, dan Kalimantan Selatan. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 24 guru dan 80 anak didik. Judul media audio Gelaria yang digunakan dalam pembelajaran yaitu Angsa. Teknik pengumpulan data dengan observasi
pemanfaatan model, kuesioner tentang pemanfaatan Gelaria untuk pendidik PAUD, dan lembar pengamatan surveyor. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menafsirkan data tentang ketercapaian tujuan pengembangan model. Hasil penelitian menunjukkan: 1) siswa dapat menyanyikan lagu sesuai nada dan irama musik dengan baik (85%); dan 2) siswa dapat melakukan gerakan sesuai lirik lagu dan irama musik dengan baik (85%). Gerakan yang dilakukan beragam, mulai dari menggerakkan kepala sampai menggerakkan kaki. Hasil penelitian juga menunjukkan jenis-jenis gerakan yang siswa mengalami kesulitan dalam melakukannya. Berdasar hasil penelitian saran yang perlu ditindaklanjuti yaitu Gelaria perlu dikembangkan lebih lanjut dengan jenis gerakan yang lebih bervariasi dan simpel serta lagu yang mudah dihafalkan oleh anak usia dini. Gelaria perlu dikembangkan lebih lanjut agar kemampuan fisik motorik anak dapat distimulasi dengan tepat dan membantu guru yang kesulitan dalam menumbuhkembangkan fisik motorik anak."
Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2016
371 TEKNODIK 20:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sakila
"Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang penggunaan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII pada pembelajaran mendengarkan berita. Penggunaan metode audio visual serta teknik penggunaan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menyimak atau mendengarkan berita, khususnya dengan menggunakan media audio visual. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran mendengarkan isi berita."
Serang: Kantor Bahasa Banten, 2018
400 BEBASAN 5:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rosalin Fira Sayyidina Chang
"Penelitian ini mengkaji potensi empat episode pertama serial Extra auf Deutsch dalam mendukung kompetensi bahasa Jerman tingkat pemula, terutama dalam hal kosakata dasar, frasa sederhana, dan struktur kalimat dasar. Fokus utama penelitian adalah pemanfaatan serial Extra sebagai media audiovisual dalam pengajaran bahasa Jerman. Analisis mengacu pada teori Hör-Sehverstehen oleh Camilla Badstübner-Kizik (2016) serta kriteria penggunaan media audiovisual menurut Protzner (1977). Data diambil dari video serial Extra auf Deutsch (Episode 1-4) yang diakses melalui kanal YouTube Katrina Senpai. Penelitian ini mengikuti model analisis data yang dikemukakan oleh Caspari dan Schmelter (2016), yang melibatkan tahap pengumpulan, pengkodean, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serial Extra auf Deutsch dapat mendukung penguasaan keterampilan bahasa dasar melalui penyajian situasi kehidupan sehari-hari yang humoris, meskipun terdapat tantangan terkait kebaruan dan kompleksitas budaya. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai potensi penggunaan serial Extra sebagai media audiovisual dalam pembelajaran bahasa Jerman untuk pemula.

This study examines the role of the first four episodes of the Extra auf Deutsch series in supporting German language proficiency at the beginner level, particularly in terms of basic vocabulary, simple phrases, and basic sentence structures. The main focus of this research is the use of the Extra series as audiovisual media in teaching German. The analysis refers to the Hör-Sehverstehen theory by Camilla Badstübner-Kizik (2016) and the criteria for using audiovisual media according to Protzner (1977). The data was obtained from videos of the Extra auf Deutsch series (episodes 1-4) accessed through the Katrina Senpai YouTube channel. This study follows the data analysis model proposed by Caspari and Schmelter (2016), involving stages of data collection, coding, and interpretation. The results show that the Extra auf Deutsch series can support the mastery of basic language skills through the presentation of humorous everyday situations. However, there are challenges related to novelty and cultural complexity. This research provides insights into the potential use of the Extra series as audiovisual media in teaching German to beginners."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"The kind of audio technology makes it possible to choose the technology that can make students easy and convenient to access the audio program. Audio streaming technology is technology used to put the audio programs on the website. Available in various formats audio programs that can be used for audio streaming technology. The aim of the researchis to make the selection of audio technologies available for use in e-Learning system at the Open University (UT), Data taken with the questionnqire and download audio programs in various formats on the UT website. Data analysis to see the frequency calculations are presented descriptively. The results showed thar the 4 (four) fornat used on audio technology, which is MP3 (MPEG layer3), WMA (Windows Media Audio), OGG Vorbis, and AAC (Advanced Audio Codec) can be concluded that: most audio format easy touse are MP3, MP3 audio format is the fastest format can be downloaded by students, as well as audio technology that produces the best sound quality is MP3."
JUPETJJ
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library