Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Abstrak :
Summary:
This book gathers together contributions from mental health professionals, carers and mental health service users and survivors. It addresses the stigma that can surround both mental health and spirituality and explores the spiritual in mental health care, teasing out its implications for research, education, training and good practice
London: Philadelphia Jessica Kingsley Publishers, 2014
362.2 SPI
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Reynolds, Amanda
Philadelphia: Open universtity press , 2000
658.382 REY m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Stolten, Jane Henry
Boston : Little, Brown & Co., 1981
616.89 STO m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Martin, Peggy
London: MacMillan Press , 1983
362.2 MAR c (2)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Mega Intan Laurencia
Abstrak :
Kesehatan adalah keadaan kesejahteraan secara fisik, mental dan sosial, sehingga aspek kesehatan jiwa juga merupakan aspek yang penting. Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa menyatakan 20% dari populasi di Indonesia memiliki potensi gangguan jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa persoalan akan kesehatan jiwa merupakan persoalan yang penting, terlebih di era pandemi Corona Virus Diseease (COVID-19) di mana terjadi peningkatan akan permasalahan jiwa yang disebabkan oleh pengalaman atau melihat peristiwa tidak menyenangkan terkait COVID-19. Untuk menekan angka penyebaran virus, dilakukan pembatasan pelayanan kesehatan secara langsung sehingga pemberian layanan kesehatan mulai dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi informasi termasuk dalam bidang pelayanan kesehatan jiwa. Rumah Sakit Jiwa juga mulai mengambil langkah untuk memberikan layanan secara daring yaitu dalam bentuk konsultasi jiwa secara daring. Dalam penerapannya, terdapat beberapa permasalahan di mana belum adanya regulasi yang secara khusus mengatur mengenai pelaksanaan pemberian layanan kesehatan jiwa secara daring. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis akan penerapan pelayanan konsultasi jiwa secara daring di era pandemi yang dilakukan oleh Rumah Sakit di Indonesia. Dalam penelitian ini digunakan metode yuridis normatif dengan tipe penelitian secara deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa pelayanan kesehatan jiwa secara daring yang diberikan rumah sakit masih terbatas pada konsultasi awal saja. Pemberian layanan ini dilaksanakan berdasarkan pada peraturan atau kebijakan dari Kementrian Kesehatan. Pemberian layanan kesehatan jiwa secara daring juga sangat membantu dalam peningkatan akses kesehatan. Diperlukan adanya regulasi khusus yang mengatur mengenai layanan kesehatan jiwa secara daring serta pelaksanannya agar terdapat keseragaman akan pelaksanaanya.
......Health is a state of complete physical, mental and social well-being, so mental health is also an important aspect. The Directorate of Prevention and Control of Mental Health Problems states that 20% population in Indonesia has the potential for mental disorders. This shows that the issue of mental health is important, especially during the era of Corona Virus Disease (COVID-19) pandemic where there is an increase in mental problems caused by experiences or seeing unpleasant events related to COVID-19. To reduce the spread of the virus, direct health services were limited so that the provision of health services began to be carried out online. Hospitals also take steps to provide online mental health consultations. In its implementation, there are several problems where there is no regulation that specifically regulates the implementation of online mental health services. For that, the purpose of this research is to analyze the application of online mental consultation services by hospitals in the pandemic. The research method used is juridical normative with a descriptive type of research. The result from this research stated that online mental health services provided by hospitals were still limited to just early consultations. The provision of this service is carried out in accordance with regulations or policies from the Ministry of Health. Mental health services online is very helpful in increasing access to health. There is a need for special regulations that regulate about online mental health services and how the implementation work so that there is uniformity in their implementation.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vibi Larassati
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan konsumen Indonesia untuk menggunakan layanan kesehatan mental secara daring. Ada enam faktor yang diteliti dalam penelitian ini: literasi e-Health (e-Health literacy), persepsi kompetensi (perceived competence), persepsi kredibilitas e-WOM (perceived e-WOM credibility), persepsi harga (perceived price), dan keinginan untuk membeli (willingness to purchase). Model konseptual direplikasi dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya untuk melakukan analisis hubungan antar variabel dan partial least square structural equation modelling (PLS-SEM) digunakan untuk menguji model konseptual. Sebanyak 295 tanggapan dari responden digunakan dalam analisis data. Penelitian kualitatif berupa wawancara dengan beberapa responden survei juga dilakukan untuk mempertajam analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kompetensi, persepsi kredibilitas e-WOM dan persepsi harga memiliki pengaruh positif terhadap kesediaan konsumen Indonesia untuk membeli layanan kesehatan mental daring.
ÃÂÃÂ
The study aims to analyse the factors that influence the Indonesian consumersâÃÂàwillingness to purchase towards online mental health services. There are six factors examined in this research: e-Health literacy, perceived competence, perceived e-WOM credibility, price perception, and willingness to purchase. A conceptual model is replicated from previous research to find the correlation between each variable and partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) was used to test the conceptual model. A total of 295 responses were used in the data analysis. Some interviews with some survey respondents were also conducted to deepen the analysis.ÃÂàThe result of the research shows that perceived competence, perceived e-WOM credibility and price perception have a positive influence on Indonesian consumersâÃÂàwillingness to purchase online mental health services.
ÃÂÃÂ
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library