Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Akbar Romadhona Gifari
Abstrak :
Perkiraan pertumbuhan penggunaan pesawat ATR72 di Asia Pasifik akan terus meningkat menjadi 1330 pesawat sampai dengan jangka waktu dua dekade mendatang, sementara di Indonesia pada saat ini sudah mengoperasikan sebanyak ±118 pesawat. Saat ini mesin pesawat ATR72 (PW-100) yang beroperasi di Indonesia melakukan kegiatan overhaul dengan outsourcing ke luar negeri. Tentu kegiatan ini disebabkan oleh belum adanya pemanfaatan peluang dalam menangkap pasar PW-100. Peluang untuk mengembangkan bisnis tersebut akan dilakukan di perusahaan MRO di Indonesia, yaitu PT. XYZ dengan membutuhkan strategi pengembangan kapabilitas baru yang akan berdampak pada efektivitas serta efisiensi proses bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi PT. XYZ dalam mengembangkan kapabilitas baru untuk meraih peluang bisnis overhaul PW-100. Metode kualitatif yang digunakan adalah menggunakan kombinasi Business Model Canvas (BMC) dengan metode SWOT dan secara kuantitatif menggunakan Analytical Network Proces (ANP). Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan strategi utama dalam mengembangkan kapabilitas overhaul PW-100, yaitu dengan melakukan pendekatan/kerja sama dengan selain operator utama, yaitu PT. Garuda Indonesia & PT. Citilink Indonesia yang memiliki armada ATR untuk menaikkan posisi tawar perusahaan terhadap Original Equipment Manufacturer(OEM). ......Growth of ATR72 in Asia Pacific will increase to 1330 aircraft in the next two decades, while Indonesia currently operates approximately 118 aircraft. In fact, ATR72 in Indonesia is still overhauling its engine (PW-100) by outsourcing abroad because lack of capabilities to capture the opportunities of domestic market. The aim of this study is to formulate the strategy of Maintenance, Repair and Overhaul (MRO) company, XYZ, in developing new capabilities to grab PW-100 overhaul business opportunities. Therefore, it is necessary to use Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT) analysis to analyze the strategic factors of MRO and Analytic Network Process (ANP) as a quantitative measurement among the strategies. The ANP-SWOT analysis does not provide a specific description regarding companys business model. This research uses Business Model Canvas (BMC) to complete ANP-SWOT analysis by defining companys business model and establish more specific strategies for management decisions in developing capability.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasudungan, Maurice F.
Abstrak :
ABSTRAK
Ada tiga tahapan kegiatan yang dilakukan di dalam menganalisis keamanan suatu struktur pesawat terbang umumnya dan struktur dudukan mesin (engine mount) khususnya, yaitu:

1. Pengujian awal melalui permodelan komputer dengan menggunakan program NASTRAN. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi beban yang tenadi pada struktur yang dimodelkan.

2. Analisis kekuatan slruktur (strength analysis structure). Melalui analisis kekuatan struktur ini, kita menganalisis bagian-bagian kritis, dimana terdapat konsentrasi tegangan yang lebih besar dibandingkan yang lainnya, dengan teori-teori mekanika struktur yang ada.

3. Pengujian akhir melalui serangkaian test yang diadakan untuk mensimulasi kekuatan struktur terhadap kondisi penerbangan yang sebenarnya. Penulis dalam hal ini melakukan tahapan kegiatan yang kedua dan melakukan tahapan kegiatan pertama secara tidak Iangsung.

Penulis mencoba menganilisis kekuatan struktur dudukan mesin (engine mount) dengan menggunakan modei yang lebih teliti dibandingkan permodelan sebelumnya, yang hanya menggunakan elemen rangka batang, dengan mengambil sampel salah satu bagian dari struktur dudukan mesin (engine mount), yakni struktur rangka batang melengkung dudukan mesin (curve strut machine engine mount), yang berfungsi sebagai penyambung antara dudukan mesin (engine mount) dengan sayap (wing).

Hasil yang diperoleh melalui analisis ini berupa batas keamanan atau margin of safety dari eIemen~eIemen kritis yang ada pada struktur yang diteliti.
1996
S36236
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library