Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Mia Marissa Kumala
"Pemahaman lisan berperan penting dalam proses belajar di sekolah dasar. Memahami materi ceramah yang disampaikan guru kadang menjadi hal yang sulit bagi siswa.Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman lisan pada siswa melalui penggunaan mind map sebagai metode mencatat saat mendengarkan. Penelitiansmall N designini melibatkan D (laki-laki, 11 tahun), siswa kelas 5 SD, sebagai partisipan penelitian.Program intervensi yang diberikan berupa pelatihan mind mapsebanyak 5 sesiyang dilaksanakan di sekolah dengan menyertakan dua orang siswa tambahan.Pemahaman lisan diukur pada tahap pemahaman literal dengan pemberian pre-test dan post-test, berupa tugas mendengarkan pembacaan teks narasi dan teks eksposisi kemudian menuliskan kembali sebanyak-banyaknya gagasan yang diingat dari teks tersebut.Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan skor pemahaman lisan pada post-test dan pernyataan positif dari D bahwa penggunaan mind map untuk mencatat selama tugas mendengarkan membantunya dalam mengingat dan memahami informasi.
Listening comprehension plays an important role in the learning process in primary schools. Understanding lecture material sometimes be difficult for students. This research aims to improve student?s listening comprehension through the use of mind map as a method of note-taking while listening. Using small N design, this research involved D (male, 11 years), a fifth grade student, as the research participant. Mind map training conducted in 5 sessions delivered at school and included two additional students. Listening comprehension was measured on the literal comprehension in pre-test and post-test. The tests were listening tasks contained narrative and expository text, that required participant to find ideas quickly and expressed ideas through writing. The data were analyzed qualitatively and quantitatively.The results show an increase in post-test scores on the listening comprehension and some positive statement of D that the use of mind map for taking notes during listening had helped him in recalling and understanding information."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41715
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Agus Heriyanto
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model problem based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif yang belajar dengan model PBL berbantuan Mind Map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL; 2) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran model PBL berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi; 3) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran model PBL berbantuan Mind Map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah; 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif; 5) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif pebelajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL untuk
siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi; 6) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif pebelajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah; 7) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif pebelajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas x."
Depok: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015
370 JPK 21:3 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ririn Widiyasari
"
ABSTRAKTujuan penelitian ini adalh meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran aktif menggunakan teknik Mind Map e-learning melalui Edmodo pada mata kuliah Matematika Diskrit. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan pada tahhun akademik 2014/2015 dengan responden 35 mahasiswa Program Studi pendidikan Matematika Universtias Muhammadiyah Jakarta semester 6 kelas A. Aktivitas mahasiswa dilihat dari memperhatikan yang disampaikan dosen, bertanya dan menjawab pertanyaan, mempresentasikan hasil Mind Map, dan membuat kesimpulan/rangkuman. Dari pelaksanaan kegiatan siklus sebanyak dua kali, terlihat adanya peningkatan aktivitas memperhatikan penjelasan dari dosen, keberanian mahasiswa dalam mengemukakan pertanyaan, kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan, keberanian mahasiswa dalam mempresentasikan hasil mind map, dan membuat kesimpulan/rangkuman materi pembelajaran. Selain itu, terdapat juga peningkatan hasil belajar mahasiswa. Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa sebelum tindakan adalah 65. Pada siklus I, nilai ini meningkat menjadi 74. Nilai tersebut merupakan gabungan dari nilai Mind Map, post test, dan tes akhir atau ujian akhir semester. Nilai ini juga terlihat meningkat pada siklus II, yaitu menjadi 86. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tenik Mind Map berbantuan e-learning Edmodo dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa."
Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2017
371 TEKNODIK 21:1 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Eva Rosita
"Tantangan pada penulisan teks argumentatif yang dihadapi pelajar kelas XI salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Cibubur terletak pada kemampuan menyusun dan mengembangkan gagasan. Maka, kendala tersebut diatasi melalui studi eksperimental menggunakan metode campuran dengan menerapkan prewriting berbentuk mind map. Hasil penelitian berupa perbandingan nilai pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan Nonparametric-Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan hasil yang signifikan pada experimental group dengan Asymp.Sig.(2-tailed) 0.003<0.05. Partisipan kemudian mengungkapkan persepsinya terhadap penggunaan mind map melalui kuesioner dan wawancara yang dianalisis menggunakan software Nvivo 12 dengan teknik In Vivo coding. Dari hasil analisis, diketahui bahwa kata kunci, warna, dan cabang merupakan komponen mind map yang paling berdampak pada eksplorasi konten, struktur teks, kemudahan dan minat menulis, efisiensi waktu, serta keterampilan berpikir. Meskipun demikian, terdapat 3 orang partisipan yang mengungkapkan bahwa mereka tidak merasakan perkembangan karena penyebab tertentu. Signifikansi hasil penelitian dan persepsi yang mayoritas positif menyiratkan bahwa mind map merupakan strategi yang cocok untuk mengembangkan gagasan pada penulisan teks argumentatif. Maka, pada penelitian selanjutnya, menarik untuk melihat fungsi mind map pada komunitas belajar yang lebih besar dan menggabungkannya dengan strategi lain untuk mengoptimalkan hasil belajar.
The ability to compose and develop ideas in argumentative writing was a challenge for grade XI students at one of Cibubur’s private high schools. Therefore, a mixed method experimental study was implemented to determine the effectiveness of mind map as a prewriting strategy to improve the student’s ability. The result of the study was presented by the comparison of pre-test and post-test scores which were analyzed using Nonparametric-Wilcoxon Signed Rank Test. A significant value was found in the experimental group with Asymp (two-tailed) Sig. = 0.003<0.05. The participants also expressed their perception of the mind map’s feature through a questionnaire and interview. According to the data which were analyzed using Nvivo 12 with In Vivo coding, the mind map elements with the greatest influence on content exploration, text structure, ease and interest in writing, time efficiency, and thinking skills were keywords, colors, and branches. Nevertheless, 3 participants said they didn’t make any progress for several reasons. The significant findings and the vast majority of positive opinions indicated that the mind map was an effective strategy for developing ideas in argumentative writing. In further research, it would be interesting to explore how it fits into the larger learning community by combining it with other methods to improve learning outcomes."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Heri Tjandrasari
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model problem based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif yang belajar dengan model PBL berbantuan Mind Map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL; 2) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran model PBL berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi; 3) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran model PBL berbantuan Mind Map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah; 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif; 5) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif pebelajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL untuk
siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi; 6) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif pebelajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah; 7) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif pebelajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL berbantuan mind map lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas x."
Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015
370 JPK 21:3 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Mohamad Kurniawan
"Objective of research is to improve environmental learning in school. Research was carried out in the second grade. Method used by action researchin classroom. Results of the study concluded three things: a) learning model cooperative implementation of modifications to the Team Games Tournament (TGT), Numbered Heads Together (NHT), and Mind Map can create learning outcomes achieved; cycle 1 with an average value of 78 with learning 61% and in cycle 2 with an average value of 84 with 82%, results in affective learning cycle 1 with an average achieved 62 with tiredness learn 100%, and in cycle 2 with an average rating of 67.9 with tiredness learn 100%, b) the implementation of cooperative learning model modification TGT, NHT, and Mind map successfully delivers solutions in improving students enthusiasm in learning activities with enthusiasm the students achieve up to 90%, and c) teachers are able to implement Cooperative learning model modification of TGT, NHT, and Mind Map that leverages learning Interactive media White boards (IWBs) and Mouse Mischief to good use.The result of processing and analysis it was found that the use of cooperative learning model modification of TGT, NHT, and mind map that leverages learning Interactive media White boards (IWBs) and Mouse Mischief can improve learning and Environmental Education students get good results and active/antuasias while learning."
Bogor: Program Pascasarjana Universitas Pakuan, 2018
370 JPLH 6:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library