Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Omar Mochtar
Abstrak :
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode scrum pada tim pengembanagn di PT. Pegadaian, scrum merupakan kerangka kerja pengembangan software yang berbasis agile, scrum dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas tim dalam mengerjakan proyek, PT. Pegadaian merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan dan terdapat tim pengembangan aplikasi pada perusahaan tersebut yang memiliki tujuan untuk mempermudah perusahaan dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan platform jira sebagai tools memeriksa proyek, jira merupakan tools untuk membantu tim di PT. Pegadaian dalam memeriksa proyek, penelitian ini akan mengidentifikasi faktor yang menghambat dan mendukung implementasi scrum di berdasarkan panduan scrum apa yang sudah diimplementasikan, data yang diambil dari penelitian ini berdasarkan minimum viable product 1 yang memiliki waktu pengerjaan selama 3 bulan atau 6 sprint, minimum viable product adalah produk yang memiliki fitur dasar dengan tujuan agar produk tersebut dapat dinilai pengguna, sprint merupakan durasi pengerjaan dalam scrum yang biasanya berdurasi selama 2 sampai 4 minggu, pada akhir dari penelitian ini menghasilkan efektifitas pengerjaan tim selama minimum viable product 1 berdasarkan timeline ekspektasi dengan timeline realita, selain itu hasil efektifitas tersebut diukur dari implementasi scrum pada tim apa saja yang sudah diimplementasikan dan apa saja yang belum sebagai pendukung hasil analisis.  ......This thesis aims to analyze the implementation of the scrum method in the development team at PT. Pegadaian, scrum is an agile-based software development framework, scrum can improve team efficiency and effectiveness in working on projects, PT. Pegadaian is a company engaged in the financial services sector and there is an application development team at the company that has the aim of making it easier for companies to run their business. This study uses a quantitative approach with data collection techniques using the jira platform as a tool for checking projects, jira is a tool to help the team at PT. Pegadaian examines the project, this research will identify factors that hinder and support Scrum implementation based on what Scrum guidelines have been implemented, data taken from this research is based on a minimum viable product 1 which has a working time of 3 months or 6 sprints, a minimum viable product is a product that has basic features with the aim that the product can be assessed by users, a sprint is the duration of work in scrum which is usually 2 to 4 weeks long, at the end of this research it results in the effectiveness of teamwork for a minimum viable product 1 based on an expectation timeline with a reality timeline , besides that the results of the effectiveness are measured from the implementation of Scrum on which teams have implemented it and what has not been to support the results of the analysis. 
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suryo Satrio
Abstrak :
Trend peningkatan adopsi teknologi informasi dan jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia yang mengadopsi teknologi informasi saat ini masih terus naik, akan tetapi trend peningkatan ini ternyata tidak selaras dengan kondisi yang terjadi di startup hyperlocal marketplace, yang mana belum memiliki pendapatan dan mengalami peningkatan pengeluaran bulanan. Masalah utama startup hyperlocal marketplace dalam mencari pendapatan adalah produk yang ditawarkan belum memenuhi kebutuhan target konsumen sehingga produknya belum market fit. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan memberikan rekomendasi minimum viable product yang sesuai dengan ekosistem bisnis hyperlocal marketplace sehingga produk startup hyperlocal marketplace dapat mencapai market fit. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan mengolah hipotesis model bisnis untuk menghasilkan hipotesis value proposition dan divalidasi dengan metode customer development. Sumber data atau peserta penelitian dalam penelitian ini adalah calon pengguna aplikasi dari sisi pengguna sebagai pembeli (konsumen) dan penjual (produsen). Penelitian ini menghasilkan rekomendasi 36 fitur sebagai minimum viable product bagi aplikasi pembeli dan 35 fitur sebagai minimum viable product bagi aplikasi penjual untuk mencapai conversion rate 100% dan mencapai market fit di ekosistem bisnis hyperlocal marketplace. ......The trend of increasing adoption of information technology and the number of micros, small and medium enterprises (MSMEs) in Indonesia who are currently adopting information technology is still increasing, however, this increasing trend is not in line with the conditions that occur in the hyperlocal marketplace startup, which does not yet have an income and experienced an increase in monthly expenses. The main problem with hyperlocal marketplace startups in seeking revenue is that the products offered do not meet the needs of target consumers so that the products are not market fit. This study aims to analyze and provide recommendations for a minimum viable product that is in accordance with the hyperlocal marketplace business ecosystem so that hyperlocal marketplace startup products can achieve market fit. The research was conducted qualitatively by processing business model hypotheses to generate value proposition hypotheses and validated by the customer development method. Sources of data or research participants in this study are prospective application users from the user side as buyers (consumers) and sellers (producers). This research resulted in recommendations of 36 features as a minimum viable product for the buyer's application and 35 features as a minimum viable product for the seller's application to achieve a 100% conversion rate and achieve market fit in the hyperlocal marketplace business ecosystem.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anom Sejogati
Abstrak :
Indonesia menjadi negara dengan jumlah startup mencapai 2.339, akan tetapi jumlah tersebut tidak diimbangi dengan keberlangsungan dari startup tersebut. Umumnya startup hanya mampu bertahan kurang dari dua tahun. Salah satu penyebabnya adalah 35% produk atau solusi yang ditawarkan belum sesuai kebutuhan pasar. Hal ini karena belum optimalnya validasi pasar terkait produk yang akan dikembangkan. Salah satu cara untuk memvalidasi pasar adalah dengan membuat minimum viable product (MVP) yang diujicobakan kepada target segmen pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis MVP dengan value proposition yang menjawab kebutuhan pelanggan sehingga dapat dicapai produt-market fit. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan harapan pelanggan serta menguji ide produk. Permasalahan dan harapan ini digunakan untuk menganalisis value proposition yang tepat untuk pelanggan menggunakan value proposition canvas (VPC). Value proposition ini menjadi masukan untuk hipotesis model bisnis awal menggunakan Lean Canvas dan menjadi landasan fitur MVP. Metode customer development dipilih agar fitur MVP yang dikembangkan selaras dengan model bisnis dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang guru, 8 orang tua, dan 4 siswa. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi model bisnis dalam bentuk Lean Canvas dan MVP dalam bentuk aplikasi prototipe sebagai dasar untuk membangun sebuah produk startup yaitu platform pembelajaran berbasis jejaring sosial. Berdasarkan umpan balik penggunaan aplikasi prototipe didapatkan conversion rate sebesar 91.7%. Hal ini menunjukkan MVP tersebut layak untuk dikembangkan ke tahap customer creation dan company building. ......Indonesia is a country with a number of startups reaching 2,339, but this number is not matched by the sustainability of these startups. Generally, startups can only last less than two years. One of the reasons is that 35% of the products or solutions offered are not following market needs. This is because the market validation has not been optimal regarding the product to be developed. One way to validate the market is to create a minimum viable product (MVP) that is piloted to target customer segments. This study aims to analyze MVP with a value proposition that answers customer needs so that product-market fit can be achieved. A qualitative approach is used to find out the pains and gains of customers and to test product ideas. These pains and gains are used to analyze the right value proposition for customers using the value proposition canvas (VPC). This value proposition becomes the input for the initial business model hypothesis using Lean Canvas and becomes the basis for the MVP feature. The customer development method was chosen so that the MVP features developed are in line with the business model and meet customer needs. Respondents in this study consisted of 12 teachers, 8 parents, and 4 students. This research produces business model recommendations in the form of Lean Canvas and MVP in the form of a prototype application as the basis for building a startup product, namely a social network-based learning platform. Based on the feedback using the prototype application, the conversion rate was 91.7%. This shows that the MVP made is feasible to be developed for the customer creation and company building stages.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Khanaya Putri
Abstrak :
COVID-19 telah membentuk dunia dalam kondisi yang berbeda-beda. Ini telah mengubah cara kita bertindak, berperilaku, dan memandang sesuatu. Banyak industri yang sangat terkena dampak virus ini, lima industri teratas adalah Penerbangan, Hotel & Hiburan, Mobil, Ritel Khusus, dan Peralatan & Layanan Energi. Dari kelima industri tersebut, Industri Penerbangan merupakan industri yang paling terkena dampaknya. Manajemen pelayanan di bidang penerbangan perlu lebih terjamin pasca pandemi agar operasionalnya terjamin. Dalam penelitian ini dilakukan studi kasus pada maskapai penerbangan Indonesia. Ini melibatkan Ground Handling Operations (GHO) / Operasi Penanganan Darat yang operasinya dilakukan secara manual. Sebagai solusinya, kemajuan teknologi melalui Business Process Reengineering (BPR) akan berperan dalam penelitian ini. Metode tersebut bertujuan untuk mengubah proses bisnis awal perusahaan secara drastis melalui penghapusan proses dan integrasi teknologi. Dua fase rekayasa proses bisnis adalah perbaikan proses dan pemodelan proses atau simulasi proses bisnis yang ada. Tujuh skenario perbaikan dihasilkan pada penelitian ini dan waktu pemrosesan untuk setiap kasus berbeda-beda. Setelah simulasi setiap skenario dihasilkan, maka dibuatlah prototipe digital skenario terbaik melalui Pendekatan Manajemen Strategis dan Minimum Viable Product (MVP). ......COVID-19 has shaped the world in different conditions. It has changed the way we act, behave, and perceive things. Many industries are highly impacted by the virus, those top five being, Aviation, Hotel & Leisure, Automobiles, Specialty Retail, and Energy Equipment & Services. Out of those five, Aviation Industry is the highly impacted one. The service management inside aviation needs to be further assured for post pandemic so they will obtain their operational excellence back. In this research, a case study on an Indonesian flight carrier is conducted. It involves Ground Handling Operations (GHO) that involves manual & repetitive activities.  As a solution, the advancement of technology through Business Process Reengineering will play a role in this research. The method aims to change the company’s initial business process drastically by process elimination and technology integration. The two phases of business process engineering are process improvement and process modelling or simulation of existing business processes. Seven improvement scenarios are generated on this research and the processing times for each case vary. After the simulation of each scenario is generated, a digital prototype of the best scenario is made through Strategic Management and Minimum Viable Product (MVP) Approaches.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Syaifulloh Imron
Abstrak :
Potensi startup di Indonesia sangat tinggi. Pada tingkat Asia Tenggara, Indonesia menempati posisi kedua ekosistem startup yang mempunyai valuasi terbesar serta menjadikan Indonesia di posisi pertama dengan jumlah startup terbanyak di tahun 2020. Sektor industri peternakan ayam yang mempunyai potensi tinggi dengan total produksi ayam broiler mencapai 3,2 juta ton pada tahun 2020. Melihat startup mempunyai potensi yang besar, namun kebanyakan startup hanya memiliki usia di bawah dua tahun. Hal tersebut dikarenakan startup seringkali tidak dapat menemukan customer mereka dengan mudah, produk yang belum market fit dan model bisnis yang masih membutuhkan pengembangan. Chickin saat ini mempunyai 100 peternak yang berpotensi menjadi mitra, yang mana peternak tersebut menggunakan produk IoT Chickin namun belum bermitra dengan Chickin. Tujuan penelitian ini untuk melakukan product improvement dan merumuskan model bisnis startup sehingga terbentuk minimum viable product (MVP) yang product-market fit. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif menggunakan metode customer development. Tahap pertama dari penelitian ini yaitu melakukan analisis model bisnis startup poultry sejenis untuk menghasilkan model bisnis kompetitor. Setelah itu dilakukan iterasi menggunakan customer development. Pada tahap customer discovery dilakukan pemetaan value proposition canvas (VPC) yang selanjutnya dibuat MVP-nya. Responden pada penelitian ini yaitu peternak Chickin di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai pengguna IoT Chickin. Penelitian ini memiliki masing - masing lima responden yang dilakukan wawancara pada tahap penyusunan VPC dan customer validation. Minimum viable product yang diujikan kepada peternak mendapatkan conversion rate sebesar 100%. Dari penelitian ini terbentuk model bisnis dan high fidelity MVP yang menjawab product-market fit. ......The potential for startups in Indonesia is very high. At the Southeast Asia level, Indonesia occupies the second position in the startup ecosystem, which has the largest valuation and puts Indonesia in the first position with the highest number of startups in 2020. The poultry industry sector has high potential, with a total production of broiler chickens reaching 3,2 million tons in 2020. Startups have great potential, but most are only under two years old. This is because startups often need help finding their customers easily, products that are not yet a market fit, and business models need to improve. Chickin currently has 100 farmers who have the potential to become partners. The farmers use Chicken's IoT products but have yet to partner with Chickin. This research aims to improve the product and formulate a startup business model so that a minimum viable product (MVP) that product-market fit. This research was conducted qualitatively using the customer development method. The first stage of this research is to analyze a similar poultry startup business model to produce a competitor's business model. After that, iteration is carried out using customer development. At the customer discovery stage, a VPC is mapped, which is then made a MVP. Respondents in this study were Chickin farmers in Central Java and Yogyakarta as IoT Chickin users. This study had five respondents each who were interviewed at the stage of preparing the VPC and customer validation. The MVP that is tested on farmers gets a conversion rate of 100%. From this research, a business model and a high fidelity MVP have formed that answer the product- market fit.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library