Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Hernando Fakhri Fasikhin
"Skripsi ini membahas proses manufaktur roda pada mockup mobil terbang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain dan memanufaktur roda pada mockup mobil terbang agar dapat divisualisasikan. Pada penelitian ini terdapat 2 tahap yang dilakukan dalam proses manufaktur mockup roda mobil terbang yaitu tahap desain yang kemudian dilanjut dengan tahap manufaktur. Dalam tahap desain, dilakukan analisis clash detection untuk menguji interferensi yang terjadi pada desain dan finite element analysis untuk mengukur kekuatan struktur dari desain yang telah dibuat. Kemudian dilakukan proses manufaktur mockup roda mobil terbang ini sehingga menghasilkan mockup mobil terbang dengan roda depan yang dapat terlipat dan roda belakang yang terpasang dengan skala 1:1. Tujuan dari pembuatan mockup ini adalah agar dapat dijadikan referensi untuk penelitian mobil terbang pada tahap selanjutnya. Hasil dari analisisnya adalah, mockup roda dari mobil terbang terlipat sebesar 90o dan ketika roda terbuka jarak antar roda adalah 2 meter dengan ketinggian dari ground clearance mobil terbang sebesar 10 centimeter.
This thesis discusses the manufacturing process of the wheel system for a flying car mockup. The objective of this research is to design and manufacture the wheels for the flying car mockup in order to facilitate visualization. The research consists of two main stages: the design stage and the manufacturing stage. During the design stage, a clash detection analysis was conducted to evaluate potential interferences within the design, followed by a finite element analysis (FEA) to assess the structural strength of the proposed design. Subsequently, the manufacturing process of the flying car mockup wheels was carried out, resulting in a full-scale (1:1) mockup featuring a retractable front wheel and a fixed rear wheel. The purpose of developing this mockup is to serve as a reference for future research in the development of flying car. The result of the analysis shows that the mockup of the flying car’s wheel is retracted by 90 degrees. When the wheels are deployed, the distance between them is 2 meters, with a ground clearance of the flying car measuring 10 centimeters. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Arvin Kareem Fadhurahman
"Skripsi ini membahas perancangan dan proses manufaktur mockup interior mobil terbang dengan skala 1:1, dengan penekanan utama pada pencapaian aspek ergonomi yang optimal bagi pengguna. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menghasilkan sebuah mockup interior mobil terbang yang telah memenuhi standar ergonomi berdasarkan pengujian nilai Posture Evaluation Index (PEI), serta dapat dijadikan referensi untuk optimasi desain interior di masa mendatang melalui proses manufaktur yang efisien. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan analisis tiga konfigurasi postur menggunakan perangkat lunak Siemens Jack 9.0, dengan pendekatan metode Posture Evaluation Index yang mengintegrasikan hasil dari tiga metode analisis ergonomi lainnya, yaitu Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Perancangan komponen interior dilakukan menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi konfigurasi kabin yang paling ergonomis, meliputi sudut steering wheels 20°, sudut sandaran kursi 70°, dan torso angle 70°, dengan knee angle yang disesuaikan untuk pengemudi dengan tinggi badan 160 cm, 170 cm, dan 185 cm. Selain itu, penelitian ini juga merinci proses manufaktur komponen-komponen kunci interior, termasuk analisis FBD untuk perancangan pedal yang memperhitungkan gaya operasional.
This thesis discusses the design and manufacturing process of a full-scale (1:1) interior mockup for a flying car, with a primary focus on achieving optimal ergonomic aspects for users. The objective of this thesis is to produce an interior mockup that meets ergonomic standards based on the Posture Evaluation Index (PEI) assessment and can serve as a reference for future interior design optimization through an efficient manufacturing process. The methodology employed in this study involves analyzing three posture configurations using Siemens Jack 9.0 software, applying the Posture Evaluation Index method, which integrates results from three ergonomic analysis techniques: Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), and Rapid Upper Limb Assessment (RULA). The interior components were designed using Autodesk Inventor. The results of this study provide recommendations for the most ergonomic cabin configuration, including a steering wheel angle of 20°, seatback angle of 70°, and torso angle of 70°, with knee angles adjusted for drivers with heights of 160 cm, 170 cm, and 185 cm. Additionally, this research details the manufacturing process of key interior components, including a Free Body Diagram (FBD) analysis for the pedal design that considers operational forces. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library