Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Nadya Irsalina Pramaputri
"Penggunaan simulasi telah membantu para akademisi dari berbagai bidang ilmu dalam dekade terakhir. Dalam bidang pedagogi, simulasi tidak hanya membantu seseorang mempelajari sesuatu yang baru, namun dapat digunakan menjadi alat bantu belajar bagi siswa. Sekarang sudah banyak akademisi yang membahas mengenai kecerdasan atau kompetensi apa yang dapat dituai dari penggunaan simulasi perencanaan kota. Di satu sisi, kecerdasan spasial adalah salah satu jenis kecerdasan yang eksistensinya berada di bawah kecerdasan linguistik dan matematika. Studi mengenai perkembangan kecerdasan spasial telah sering dibahas, namun hampir eksklusif hanya untuk anak-anak. Kurangnya kerangka berpikir telah membatasi potensi penggunaan simulasi ke dalam pendidikan tingkat universitas, secara khusus di bidang studi yang berorientasi spasial.
Skripsi ini membahas literatur terkait simulasi, model, dan hubungannya dengan kompetensi spasial. Studi literatur ini kemudian akan diaplikasikan ke studi kasus SimCity, sebuah permainan simulasi perencanaan kota. Hasil dari skripsi ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis simulasi yang dapat melatih kompetensi spasial siswa.
The use of simulation has proven to be helpful for many academics from various disciplines in the last decade. In the field of pedagogy, not only does simulation help in learning something new, but it also can be utilized as a learning tool for students. Today, there have been a lot of academic discourse of what kind of competence that can be harvested from the use of simulation. On the other hand, spatial intelligence is one type of intelligence whose existence is foreshadowed by the two more popular intelligence today; verbal and mathematical intelligence. Today, studies have thoroughly explored how to develop spatial intelligence-but only for children. This lack of dedicated framework and research has produced a consequential impediment for the uptake of simulation use in university-level education, particularly in spatial-oriented subjects. This paper addresses this shortcoming by reintroducing several key information regarding simulation, model, and its connection to spatial intelligence.This literature review will then be applied to an urban planning simulation game case study of SimCity. The result of this paper shows that there are several types of simulation that can train specific spatial competencies, which will further students spatial competence."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Uke Pemila
"Stroke merupakan penyebab kedua kematian dan penyebab ketiga kecacatan di seluruh dunia. Pendekatan terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya stroke adalah dengan memberikan edukasi pada pasien yang berisiko tinggi stroke. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model edukasi pencegahan stroke untuk menurunkan faktor risiko stroke serta meningkat kemampuan merawat diri pasien yang berisiko tinggi stroke. Penelitian ini menggunakan metode Action Research yang terdiri dari dua tahapan, tahap satu adalah identifikasi masalah sampai pengembangan model yang didasari dengan penelitian kualitatif tentang persepsi pasien dalam kepercayaan kesehatan yang dimilikinya dalam rangka menurunkan faktor risiko stroke. Selanjutnya dikembangkan Model Edukasi Pencegahan Stroke dengan mengintegrasikan tema hasil penelitian kualitatif, studi literatur dan konsultasi pakar. Penelitian tahap dua adalah melakukan uji coba Model Edukasi Pencegahan Stroke untuk menentukan pengaruh model dalam menurunkan faktor risiko stroke dan meningkatkan kemampuan merawat diri pasien berisiko tinggi stroke. Penelitian tahap dua adalah penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain post test control group, dengan jumlah sampel sebanyak 140 orang yang terdiri dari 70 orang kelompok intervensi dan 7 orang kelompok kontrol. Hasil penelitian tahap satu didapatkan 4 tema dari hasil deep interview dengan partisipan sehingga dihasilkan Model Edukasi Pencegahan Stroke beserta buku panduan intervensi model, modul untuk perawat serta booklet untuk pasien dan keluarga. Hasil penelitian tahap dua membuktikan adanya perbedaan faktor risiko, self efficacy dan kemampuan merawat diri (self care) yang bermakna pada awal penilaian sampai penilaian bulan ke tiga antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. Kesimpulan hasil penelitian yaitu Model Edukasi Pencegahan Stroke efektif menurunkan faktor risiko stroke, meningkatkan self efficacy dan meningkatkan kemampuan merawat diri (self care).
Stroke is the second leading cause of death and the third leading cause of disability worldwide. The best approaches that can be taken to prevent stroke is to provide education for patients at high risk of stroke. The purpose of this research was to develop a stroke prevention education model in reducing stroke risk factors and improving self care for patients at high risk of stroke. This study uses an action research method which consist of two stages, the first stage is the identification of the problem to the development of a model based on a qualitative research about the patient’s perceptions of their health beliefs to reduce risk factors for stroke. Furthermore, the Stroke Prevention Education Model was developed by integrating the results, literature review and expert review. The second stage was examination the Stroke Prevention Education Model to identified its effect of the model in reducing stroke risk factors and improving self care for patients at high risk of stroke. This study was a quasi-experimental research using a post test control group design, with a total sample of 140 participants (70 samples in intervention groups and 70 samples in control groups). The qualitative study identified 4 themes from deep interviews with participants, this themes leads to the development of a Stroke Prevention Education Model and its devices include intervention manual, modules for nurses, booklet for patients and their families. The second stage of research proves the significant difference in risk factors, self efficacy and self care between the first measurement to the third measurement after intervention groups. We conclude that Stroke Prevention Education Model effectively reduce stroke risk factors, improve self efficacy and improve self care."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
D-Pdf
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Asriadi
"Latar belakang: Perawat sebagai edukator memiliki peran penting dalam edukasi manajemen diabetes. Perawat berada pada posisi yang tepat untuk mengedukasi pasien karena mendampingi pasien diabetes dengan waktu lebih banyak dibandingkan profesi lain. Edukasi merupakan tanggung jawab mendasar bagi perawat agar pasien memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menjalani hidup, cepat pulih, dan mencegah komplikasi akut serta kronis. Namun, edukasi pada pasien DM belum dikelola secara optimal karena kompetensi perawat edukator DM yang masih perlu ditingkatkan, serta jumlah perawat edukator DM di rumah sakit yang belum sebanding dengan jumlah pasien DM yang lebih banyak. Tujuan: Terbentuknya model edukasi dengan pendekatan manajemen untuk meningkatkan kompetensi Perawat edukator dan literasi kesehatan pasien DM. Metode penelitian: Penelitian ini terbagi dalam dalam tiga tahap penelitian. Tahap pertama menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri dari systematic review, FGD dan indepth interview, tahap kedua validasi model edukasi oleh pakar, tahap ketiga menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji efektiftas model edukasi dengan pendekatan manajemen dengan metode Quasi Eksperimen. Hasil: Tahap pertama teridentifikasi 5 tema sebagai komponen penyusunan model edukasi dengan pendekatan manajemen. Tahap kedua dihasilkan model edukasi dengan pendekatan manajemen yang memiliki komponen; perencanaan edukasi, pengorganisasian tenaga perawat, ketenagaan Perawat, pengarahan dan pengendalian. Tahap ketiga model edukasi dengan pendekatan manajemen berpengaruh secara bermakna terhadap kompetensi Perawat edukator dan literasi kesehatan pasien DM (p<0,05). Simpulan: model edukasi dengan pendekatan manajemen berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi Perawat edukator dan literasi kesehatan pasien DM. Saran: Model edukasi ini dapat diaplikasikan dirumah sakit guna meningkatkan kompetensi Perawat edukator dan literasi kesehatan pasien DM.
Background: Nurses as educators play a critical role in diabetes management education. Nurses are well-positioned to educate patients due to their extended interaction time with diabetes patients compared to other professions. Education is a fundamental responsibility for nurses, enabling patients to acquire knowledge and skills to live better, recover faster, and prevent acute and chronic complications. However, education for diabetes mellitus (DM) patients has not been optimally managed due to the limited competency of nurse educators in DM care and an insufficient number of nurse educators compared to the increasing number of DM patients in hospitals. Objective: To develop an educational model with a management approach to improve the competency of nurse educators and the health literacy of DM patients. Methods: This study was conducted in three stages. The first stage utilized a qualitative approach involving systematic review, focus group discussions (FGDs), and in-depth interviews. The second stage involved expert validation of the educational model. Using a quasi-experimental design, the third stage employed a quantitative approach to test the effectiveness of the management approach-based educational model. Results: In the first stage, five themes were identified for developing the educational model with a management approach. In the second stage, an educational model with a management approach was developed, comprising education planning, nurse workforce organization, staffing, directing, and controlling. The third stage demonstrated that the educational model with a management approach significantly impacted the competency of nurse educators and the health literacy of DM patients (p<0.05). Conclusion: The educational model with a management approach significantly improves the competency of nurse educators and the health literacy of DM patients. Recommendations: This educational model can be implemented in hospitals to enhance nurse educators' competency and improve DM patients' health literacy."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
D-pdf
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library