Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Astera Khirana
"

Tesis ini mengkaji bagaimana obsesi fans terhadap Momoiro Clover Z berpengaruh terhadap sikap ofensif mereka terhadap Momoka Ariyasu dan penggemarnya. Dengan menggunakan teori dramaturgi dari Goffman serta konsep phantasm dan simulacra dari Klossowski, penelitian ini menjelaskan bagaimana fans berimajinasi dan berfantasi, didasari dengan citra dari Momoiro Clover Z menurut penggemarnya berdasarkan team performance, serta kehausan fans akan sosok panutan. Hal ini menimbulkan perilaku obsesif yang berperan penting pada bagaimana partisipan pada serial utas Nanka FutsÅ« ni Ariyasu Kirai ni Nattekita wa bersikap ofensif terhadap Ariyasu yang dituduh sebagai pengkhianat. Pada diskusi lanjutan, obsesi terhadap Momoiro Clover Z tidak lagi berperan penting pada serial utas, akan tetapi lebih dipengaruhi oleh unsur hiburan dari diskusi. Komunitas yang terbentuk pada serial utas Nanka FutsÅ« ni Ariyasu Kirai ni Nattekita wa tidak memiliki tujuan pasti dan berubah-ubah, membuktikan bahwa mereka adalah komunitas yang bersifat cair.


This thesis examined how fans’ obsession towards Momoiro Clover Z is influencing their hatred towards Momoka Ariyasu and her fans. Using Goffman’s Dramaturgy and Klossowski’s phantasm and simulacra, this research was able to find how fans recreate imagination and fantasy about their idols, based on how Momoiro Clover Z’s image is represented through their “team performance” as idol and fans’ thirst for role model, resulting in obsessive attitude. This obsession then plays a pivotal role on how participants in Nanka FutsÅ« ni Ariyasu Kirai ni Nattekita wa address their hatred towards Ariyasu. In later discussion, obsession towards Momoiro Clover Z was no longer important, replaced by the entertaining factor of the discussion. The community formed in Nanka FutsÅ« ni Ariyasu Kirai ni Nattekita wa was aimless and kept changing, showing that they were a community in liquid form.

"
2019
T54791
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leonardus Pandu Hapsoro
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses konstruksi identitas aktor dalam
komunitas KISS di era globalisasi budaya. Penelitian ini akan menjelaskan
bagaimana proses konstruksi dari identitas moral aktor terbentuk di era globalisasi
budaya. Konstruksi identitas moral aktor di era globalisasi ini akan menjadi jangkar
bagi agen bertindak untuk melestarikan budaya tradisional dengan motivasi,
semangat dan harapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan kerangka pemikiran Zygmunt Bauman antara modernitas cair dan
agenis moral. Melalui kerangka agensi moral, penelitian ini menunjukan bagaimana
proses konstruksi identitas moral berawal dari keresahan aktor atas kondisi budaya
tradisional di era globalisasi. Identitas moral aktor tersebut mampu membentuk
praktik sosial agen dalam kehidupan kesehariaannya. Pertama, dengan membentuk
komunitas KISS. Kedua, sebagai landasan aktor bertindak serta memilih
pilihannya. Penulis berpendapat bahwa ekspresi dari identitas aktor melalui gerakan
sosial ini akan berperan menciptakan keberagaman budaya di era globalisasi dalam
modenitas cair. Melaui pendekatan analitis ini, yaitu identitas dan agensi moral di
dalam proses globalisasi, penulis keluar dari dikotomi antara homogenisasi dan
heterogenisasi dalam pandangan orientasi struktur. Penulis ingin bergerak menjauh
dari pandangan agentless dalam proses globalisasi, yaitu dengan melihat dinamika
agensi. Melalui agen dan betuk agensi moral, penelitian ini ingin berpendapat
bahwa di dalam proses dan dampak globalisasi, manusia tidak tertahan pada kondisi
?adalah? atau tekanan struktural, melainkan terdapat optimisme untuk melihat suatu
harapan atas kondisi yang ?seharusnya? atau lebih baik.
ABSTRACT
This study discusses about the process of identity construction of actor in the KISS
community in an era of cultural globalization. This study will explain how the
construction process of moral identity actor is formed in the era of cultural
globalization. Moral identity construction of the actor in the era of globalization
will be the anchor for agents to act and preserve the traditional culture wiht
motivation, passion, and hope. This study used a qualitative approach by using the
framework of Zygmunt Bauman concept liquid modernity and moral agency.
Through the framework of moral agency, this study shows how the construction of
moral identity process begins with the actor disquite over the state of traditional
culture in globalization era. Moral identity of the actor is capable of forming social
practices agent in a daily life. First, by forming a community KISS. Second, as the
cornerstone of actors to act and to select the choice in their life. The author argues
that the expression of the identity of the actor through this social movement will
create the role of cultural diversity in the era of cultural globalization and liquid
modernity. Through this analytical approach, which is an identity and moral agency
in the process of globalization, the author wantsto move away from an agentless
view of globalization process by viewing at the dynamics of the agency. Through
agents and the form of moral agency, this study argue that in the process and impact
of globalization, people are not retained on the condition of ?is? or structural
pressure, but their is an optimism to see any hope on the condition that ?should? or
a better."
2015
S60972
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library