Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Karsiyati
"Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan perilaku komunikasi efektif remaja dengan lansia > 65 tahun di lingkungannya. Partisipan adalah siswa lsquo;Sekolah Master rsquo; Depok yang berada pada rentang usia 10-13 tahun dengan jumlah 22 siswa. Intervensi dilakukan satu hari dengan metode pembelajaran observational learning melalui video showing. Salah satu faktor yang berkorelasi positif dengan perilaku komunikasi efektif yaitu pengetahuan berkomunikasi. Evaluasi data kuantitaif melalui perbandingan pre-test dan post-test dilakukan dengan teknik paired samples statistics dengan N= 22. Hasil uji statistik menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan nilai p= 0.024 yang berarti < 0.05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa intervensi dengan meningkatkan pengetahuan dan motivasi berkomunikasi melalui video showing dapat meningkatkan perilaku komunikasi efektif pada remaja 10-13 tahun di lsquo;Sekolah Master rsquo; dengan lansia di lingkungannya. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T47337
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Masni Erika Firmiana
"Program intervensi yang menggambarkan kegiatan memberikan keterampilan dalam membuat dan menjaga derah resapan air untuk penyimpanan air di tanah, dilaksanakan di Komunitas Al Bahar, komunitas pemulung dan pedagang kecil yang berlokasi di Depok Tengah, Kota Depok, dengan kelompok sasaran warga dewasa. Pelaksanaan intervensi dengan pemberian informasi tentang cara membuat daerah resapan air sebagai salah satu cara membuat persediaan air saat musim kemarau, dilakukan dengan mengenalkan teknik Lubang Resapan Biopori (LRB) yang merupakan hasil temuan peneliti dari Institut Pertanian Bogor. Pelaksanaan intervensi berdasarkan Teori Belajar Sosial dari Bandura dan strategi intervensi adalah observational learning dan modelling. Selama pelaksanaan intervensi, pemberian informasi lain yang berhubungan dengan teknik biopori sebagai salah satu cara pembuatan daerah resapan air, seperti siklus air yang sangat berhubungan dengan pentingnya daerah resapan air, bentuk pembuatan daerah resapan air yang lain, ditemukan secara bersama di dalam kelompok oleh kelompok sasaran, mengikuti prinsip experiential learning dari Kolb. Hasil intervensi adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan kelompok sasaran. Tercatat, 92,86% peserta kegiatan dapat mengulang informasi yang diberikan, dapat membuat sendiri LRB, dilanjutkan dengan merawat LRB. Selain itu terbentuk kelompok kecil yang bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan perawatan LRB. Keinginan kelompok sasaran untuk menambah LRB terkendala status mereka sebagai penyewa lahan."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
T38452
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Siska Konda A. Melontige
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program psikoedukasi kesehatan reproduksi efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan perlindungan diri dari kekerasan seksual pada anak usia 5-6 tahun. Tiga belas anak berpartisipasi dalam psikoedukasi kesehatan reproduksi yang diberikan dengan menggunakan pendekatan observational learning. Peningkatan pengetahuan dan kemampuan perlindungan diri yang diukur adalah pengetahuan pencegahan kekerasan seksual, sentuhan pantas dan tidak pantas, serta kemampuan merespon secara verbal dan non verbal. Penelitian ini menggunakan before and after design.
Hasil uji statistik dengan menggunakan the Wilcoxon sign ranks menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada tiga aitem pengetahuan dan kemampuan perlindungan diri yang diukur sesudah intervensi. Artinya program psikoedukasi kesehatan reproduksi efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan kekerasan seksual, kemampuan mengenali sentuhan yang tidak pantas; dan kemampuan perlindungan diri dalam merespon secara vebal dan non-verbal.
The aim of this study is to know the effectiveness of reproductive health psyhoeducation program to enhance knowledge and ability of self protection from sexual abuse for children aged 5 6 years old. Thirteen children participated in reproductive health psychoeducation which given by using observational learning approach. Knowledge and protection capabilities increased by measured of sexual violence prevention knowledge, appropriate and inappropriate touches, and the ability to respond verbally and non verbal. Research was conducted using before and after design. Statistical test using the Wilcoxon sign ranks shows there are significant difference in three item being measured after intervention. It means that reproductive health psyhoeducation program efective to enhance sexual violence prevention knowledge, the ability to recognize inappropriate touches, and the ability to respond verbally and non verbal."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46987
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library