Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wastucitra Cantika
"Latar belakang: Universitas Indonesia telah menggunakan Learning Management System (LMS) sejak tahun 2004 yang saat ini disebut sebagai EMAS (E-learning Management System). Adanya pandemi COVID-19 berdampak pada penguatan sistem pembelajaran daring sehingga dibutuhkan kesiapan mahasiswa yang baik terlebih pada mahasiswa kedokteran yang dituntut untuk belajar sepanjang hayat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara kesiapan mahasiswa terkait LMS dengan nilai sumatif modul Sistem Pelayanan Kesehatan Primer pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Metode: Desain penelitian ini adalah potong lintang dengan menggunakan data sekunder kuesioner daring pada modul SPKP. Sejumlah 191 responden dari mahasiswa semester 7 dan 8 yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kesiapan terkait LMS dan nilai sumatif. Kuesioner terdiri dari 10 pertanyaan dengan jawaban diberi nilai satu sampai tiga. Hasil kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan SPSS dan dianalisis menggunakann uji chi square. Hasil: Mahasiswa FKUI yang siap dalam menerima pembelajaran pada LMS sejumlah 51,3%. Nilai sumatif modul SPKP yang paling banyak didapatkan adalah B- sejumlah 31,4%. Ditemukan P-value 0,002 melalui uji Chi-Square untuk menilai hubungan antara kesiapan mahasiswa dengan nilai sumatif. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara kesiapan mahasiswa terkait LMS dengan nilai sumatif modul SPKP pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Maka dari itu, kesiapan mahasiswa terkait LMS sangat penting dalam pembelajaran suatu modul.

Introduction: Universitas Indonesia has been using the Learning Management System (LMS) since 2004 which is currently known as EMAS (E-learning Management System). The existence of the COVID-19 pandemic has an impact on strengthening the online learning system so that good student readiness is needed, especially for medical students who are required to lifelong learning. This study aims to assess the relationship between student readiness related to LMS and the summative test score of the Primary Healthcare System module for students of the Faculty of Medicine, Universitas Indonesia. Method: The design study of this research was cross-sectional using secondary data from an online questionnaire in the SPKP module. A total of 191 respondents from 7th and 8th semester students were grouped based on readiness related to LMS and summative test scores. The questionnaire consists of 10 questions with answers rated from one to three. The results of the questionnaire were then processed using SPSS and analyzed using the chi square test. Result: Medical students of Universitas Indonesia who are ready to receive learning at LMS are 51.3%. The summative test score of the SPKP module that most obtained was B- with a total of 31.4%. Chi-Square test shows a P-value of 0.002 to assess the relationship between student readiness and summative test score. Conclusion: There is a statistically significant relationship between the student readiness related to learning management system and the summative test scores for primary healthcare system module in medical students of Universitas Indonesia. Therefore, student readiness related to LMS is very important in learning a module."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monichica Salsha Devina
"Meski pandemi masih berlangsung, kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan. Pembelajaran daring tidak mudah dilakukan, terutama bagi para guru Sekolah Dasar (SD) kelas awal. Kesiapan pembelajaran daring dapat membantu mereka lebih maksimal melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran teacher efficacy dan resiliensi terhadap kesiapan pembelajaran daring. Partisipan merupakan guru SD kelas awal yang mengajarkan membaca secara daring (N = 155). Alat ukur yang digunakan adalah Readiness for Online Learning Questionnaire, Teacher’s Sense of Efficacy Scale, dan Connor-Davidson Resilience Scale. Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersamaan, terdapat peran signifikan teacher efficacy dan resiliensi terhadap kesiapan pembelajaran daring. Secara parsial, peran teacher efficacy lebih besar dibandingkan resiliensi. Analisis tambahan pada karakteristik demografis partisipan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kesiapan pembelajaran daring yang signifikan antar guru dari jenis sekolah berbeda. Guru SD swasta lebih siap mengajar secara daring dibandingkan guru Madrasah Ibtidaiyah.

Though the pandemic is still there, learning activities must still go on. However, online learning is not easy to do, especially for early-grade elementary school teachers. Readiness for online learning can help them more optimally carry out education. This study aims to examine the role of teacher efficacy and resilience in online learning readiness. The participants were early-grade elementary school teachers who taught reading online (N = 155). The measuring tools used are the Readiness for Online Learning Questionnaire, Teacher's Sense of Efficacy Scale, and the Connor-Davidson Resilience Scale. Data were analyzed using multiple linear regression. The results show that simultaneously, there is a significant role of teacher efficacy and resilience on online learning readiness. Partially, the role of teacher efficacy is greater than resilience. Additional analysis of the participants' demographic characteristics showed significant differences in online learning readiness between teachers from different types of schools. Private elementary school teachers are more prepared to teach online than Madrasah Ibtidaiyah teachers."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library