Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Soetarto
Abstrak :
Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi yang berhasil kita capai selama Repelita V disebabkan oleh adanya investasi yang terus meningkat, baik yang dilakukan oleh Pemerintah maupun oleh dunia usaha dan masyarakat. Dari tahun ke tahun penananan modal oleh dunia usaha terus berkembang. Namun, perkembangan penanaman modal yang sangat pesat terjadi dalam 5 tahun terakhir.

Berdasar teori-teori tentang aliran modal, banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat investasi asing di Indonesia. Salah satunya adalah "pull and push theory". Dalam teori ini dikemukakan adanya faktor pendorong dan penarik modal asing mengalir dari satu negara ke negara lain.

Faktor pendorong adalah faktor kondusif yang dimiliki oleh negara asal-modal (home countries) seperti kebijaksanaan investasi atau aliran modal keluar, pertumbuhan/perkembangan sosial dan ekonomi serta perkembangan lingkungan global.

Faktor penarik adalah keunggulan yang dimiliki oleh negara penerima modal (host countries) seperti stabilitas sosial, politik dan ekonomi, iklim usaha dan investasi yang menarik, ketersediaan sumber.daya alam dan dan sumber daya manusia, potensi pasar, insentif dan fasilitas serta ketersediaan prasarana dan sarana pendukung. Dari berbagai faktor tersebut, berdasarkan penelitian penulis atas persetujuan PMA sejak tahun tahun 1990 s/d Juni 1995 dengan mengambil sampel PMA dari Jepang, Korea Selatan dan Taiwan terungkap bahwa faktor rendahnya upah buruh (low labor cost) di Indonesia tetap merupakan salah satu daya tarik utama aliran PMA ke Indonesia.

Meningkatnya dengan pesat PMA di Indonesia, terutama dari Jepang, Korea Selatan dan Taiwan pada tahun 1994 dan 1995, di samping faktor-faktor pendorong dan penarik yang disebutkan dimuka, juga disebabkan karena adanya faktor pemicu (triggering factor) yakni PP No. 20 Tahun 1994. Sebagai suatu kebijaksanaan yang sangat liberal, PP No. 20 Tahun 1994 telah memberikan dampak positif untuk menarik PMA ke Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Waworuntu, Halendra Y.
Abstrak :
ABSTRAK
Budaya perusahaan merupakan konsep yang akhir-akhir ini terns dibicarakan, baik kalangan umum maupun dikalangan bisnis pada khususnya. Budaya perusahaan juga banyak dibiearakan dikalangan BUMN, kalangan ilmiawlin, mimprin masyarakat.

Tesis budaya perusahaan dan kineija pelayanan jasa di bandar udara ini menganalisis dengan menggunakan model penelitian kombinasi kuantitatif dan koalitatif. Banyak dipengarubi teori - teori yang dikembangkan oleh HESKETT & KOTTER, (Shared value dan Group Behavioral norms) untuk menentukan sub variabel Pemetaan/mapping menggunakan konsepsi DEAL & KENNEDY. Eksplorasi variabel budaya perusahaan terdiri dari sub variabel tata nilai dan sub variabel norma perilaku kelompok Sedangkan pelayanan jasa terdiri dan lcinerjaoperasi produksi dan kinerja keuangan. Analisis kuantitatif mendeskripti:fkan budaya perusahaan kedalam bentuk sub varia bel yang merupakan manisfestasi dari nilai-nilai budaya yang dimilild oleh PT. (PERSERO) Angkasa Pura I.

Pemetaan terhadap tata nilai yang meliputi : misi perusahaan, falsafah perusahaan. model kepemimpinan, ritns dan ritual. Norma perilaku kelompok meliputi : Logo perusahaan, seragam, rapat eksternal, rapat internal dan lobby yang dilakukan manager. Sedangkan Pelayanan jasa terdiri dari : kinerja operasi produksi dan kinerja keuangan. Kinerja operasi produksi meliputi implementasi separasi dan implementasi international/ national local procedure. Kinerja keuangan meliputi kondisi dan labalrugi bandar udara. Kemudian dianalisis lebih dalam melalui analisis kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : Bandar Udara Ngurah Rai-Bali, budaya perusahaannya kuat, ldnelja operasi produksinya baik dan ldnelja keuanganuya untung. Bandar Udara Sepinggan, Budaya perusahaannya sedang, ldnelja operasi produ.ksinya adalah sedang, ldnelja keuangannya merugi. Bandar Udara Adisumarmo-Surakarta, budaya perusahaannya sedang, kinerja operasi produksinya sedang, dan ldnerja keuangannya merugi. Hasil studi perbandingan menunjukan kecenderungan yang sejajar antara budaya perusahaan dengan kinerja pelayanan jasa.

1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mami Milawati
Depok: [Fakultas Hukum Universitas Indonesia;, ], 2010
S21506
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sirait, Alfonsus
1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library