Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sukainah Ahmad Alaydrus
"Indonesia merupakan salah satu negara yang mengintegrasikan MDGs target dalam pembangunan bidang pendidikan. Salah satu cara untuk mencapai target MDGs dan pembangunan nasional salah satu caranya adalah dengan menurunkan tingkat putus sekolah yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor penentu yang mempengaruhi peluang putus sekolah di jenjang pendidikan SD,SMP dan SMA. Putus sekolah dalam penelitian ini dilihat dari anak yang tidak bersekolah lagi menurut usia jenjang pendidikannya. Melalui teknik estimasi Logistic Regression, kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan ibu, pendidikan ayah, jam kerja ibu, jumlah anak dalam satu rumah tangga, pengeluaran rumah tangga dan jenis kelamin terbukti memiliki pengaruh terhadap peluang putus sekolah anak pada jenjang pendidikan SD,SMP dan SMA.

Indonesia integrates MDGs targets on its development. One way to achieve the target reduce the number of student dropping out from school in each level of education. In this study, dropping out is classified by age according to each levels of education who are no longer stay in school. The objective of this study is to discover factors which affecting the chances of children dropping out of primary and secondary levels in Indonesia using data from SUSENAS. Using logit regression method, we find that family expenditure, number of children, mother?s working hours, parents education and children?s sex are affecting child?s chances of dropping out in any levels of education."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55786
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Marlina Evayani
"ABSTRAK
Tesis ini membahas kekerasan simbolik yang dilakukan orang tua lewat keputusan
atau tindakan orang tua melibatkan anak-anaknya sejak dini dalam lembaga
pendidikan formal maupun informal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan paradigma kritis. Pemilihan narasumber dilakukan secara sengaja
(purposive sampling) dengan metode pengumpulan data indepth interview. Fokus
penelitian ini untuk mengetahui mengapa orang tua melakukan kekerasan
simbolik terhadap anak-anaknya melalu pendidikan anak usia dini. Hasil
penelitian menunjukkan kekerasan simbolik yang terjadi disebabkan karena
adanya dorongan yang besar dari ambisi dan kekecewaan orang tua dari
serangkaian peristiwa dan situasi yang pernah dialaminya, juga karena adanya
ideologi kapitalis yang mewarnai arena dan struktur sehingga mempengaruhi
persepsi orang tua dalam bertindak dan membuat keputusan (habitus) dalam
‘pertarungan’ dalam arena.

ABSTRACT
This thesis discusses the symbolic violence committed parents through parental
decisions or actions involving their children early in formal and informal
educational institutions. This study is a qualitative research with a critical
paradigm. The selection is done deliberately speakers (purposive sampling) with
the in-depth interview method of data collection. The focus of this study to
determine why parents do symbolic violence against children through early
childhood education. The results showed that symbolic violence occurs due to the
great encouragement of ambition and disappointment of the parents of a series of
events and situations that ever happened, as well as the existence of the capitalist
ideology that characterizes the arena and structures that affect the perception of
the parents in the act and make decisions (habitus) in the competition in the arena."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41649
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library