Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Endang Prastiwiningsih
"ABSTRAK
Upaya untuk penggunaan ekonomis bahan bakar mobil tidak hanya melalui
pengaplikasian teknologi modem pada mobil tetapi juga dengan cara eco-driving.
Eco-driving identik dengan gaya berkendara yang hemat biaya juga ramah
lingkungan. Penelitian terapan ini bertujuan untuk meningkatkan intensi para
pengemudi Taxi Blue Bird dalam berkendara dengan menggunakan konsep ecodriving
juga membentuk perilaku berkendara yang hemat biaya serta ramah
lingkungan. Baseline study dan pengukuran dilakukan dengan menggunakan
Theory Planned Behaviour. Hasil pre-test terhadap 48 orang pengemudi
menunjukkan bahwa prediktor yang paling signifikan dalam mempengaruhi
intensi adalah norma subyektif dengan p**=0.006. Sosialisasi program ecodriving
sebagai intervensi yang dilakukan terhadap pengemudi Taxi Blue Bird
dilakukan selama 1 minggu melalui metode booklet, FGD informal, pemberian
contoh/teladan dan juga ID card. Hasil post-test terhadap 18 orang pengemudi
menunjukkan teijadinya perubahan intensi rata-rata sebesar 10.81% dengan
p**=0.003. Begitu pula dengan prediktor lain yang mempengaruhi intensi juga
terjadi perubahan walaupun tidak signifikan, yaitu sebesar 25,25% untuk norma
subyektif, 14,46% untuk sikap dan 6,28% untuk pbc. Proses difusi inovasi dan
partisipasi aktif berperan dalam proses meningkatkan intensi hanya saja perilaku
yang diukur melalui rasio bahan bakar menunjukkan penurunan angka rata-rata
sebesar 5.14% padahal seharusnya penerapan 10 langkah emas eco-driving bisa
mengurangi pemakaian bahan bakar sejumlah 5-10% (GE,2008).

ABSTRACT
An effort to improve the fuel economy of cars is not only by an application
modem technology of cars but also using eco-driving. Eco-driving is similar with
economic and environment friendly driving behaviour. The objective of this
applied research is to increase the Blue Bird Taxi drivers’ intention to drive with
eco-driving concept and also to form economic and environment friendly driving
behaviour. Theory of Planned Behaviour was used for baseline study and the
measurement. The results of pre-test with 48 drivers’ showed that subjective norm
was significant predictor to affected intention with p**=0.006. Eco-driving
socialisation program as a method of intervention to Blue Bird Taxi drivers’ was
done for 1 week used booklet, informal FGD, gave a model/example and also
used ID card. The results of post-test with 18 drivers’ showed that the intention
was increased by 10.81% with p**=0.003. The other predictors to affected
intention were also improved event not significant, that were 25.25% for
subjective norm, 14.46% for attitude and 6.28% for pbc. Diffusion of innovation
and active participation had a role in process to improved intention but the
behaviour that measured by fuel ratio was decreased by 5.14% whereas an
application of 10 golden ways of eco-driving should be reduce fuel consumption
by 5-10% (GE,2008)."
2009
T38030
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusup Ridwansyah
"ABSTRAK

Penelitian ini berfokus pada urgensi partisipasi komunitas lokal dalam implementasi CSR sesuai indikator penilaian partisipasi dalam PROPER. Studi terkait pemberdayaan masyarakat masih banyak yang dikembangkan dengan mengadopsi pendekatan sektoral hanya pada aspek tertentu dan bersifat teknokratik. Pendekatan ini memandang komunitas lokal hanya sebagai objek, bukan subyek pemberdayaan sehingga menutup ruang partisipasi aktif masyarakat. Berbeda dengan studi sebelumnya, dalam studi ini penulis ingin menjelaskan partisipasi komunitas lokal dalam implementasi CSR berbasis kerangka regulasi pelibatan masyarakat yang diatur melalui PROPER. Penulis melihat bahwa selama ini partisipasi komunitas lokal dalam pelaksanaan CSR hanya dilakukan sebagai wujud pemenuhan aspek prosedural dan administratif PROPER saja, tidak dijalankan secara partisipatif/substansial. Dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik wawancara mendalam, penulis menemukan bahwa partisipasi komunitas lokal dalam implementasi CSR PLTU TJB sekadar formalitas simbolik. Secara teoritik tingkat partisipasi komunitas lokal hanya sampai pada level placation (penentraman). Hal ini menunjukkan kesenjangan dengan semangat partisipasi komunitas lokal dalam PROPER yang mendorong partisipasi pada level partnership (kemitraan). Dengan kata lain, semangat partisipasi dalam PROPER masih diterjemahkan sebatas prosedural dalam implementasi CSR PLTU.


ABSTRACT

 

 


This study focuses on the urgency participation of local communities in implementing CSR in accordance with the indicators of participation in PROPER. Many studies related to community empowerment have been developed by adopting a sectoral approach only on certain aspects and are technocratic in nature. This approach views local communities as merely objects, not subject to empowerment, thus closing the space for active community participation. Unlike the previous study, in this study the author would like to explain the participation of local communities in the implementation of CSR based on the regulatory framework for community engagement which is through PROPER. The author sees that so far the participation of local communities in the implementation of CSR has only been carried out as a form of fulfilling PROPER procedural and administrative aspects, not implemented in a participatory / substantial manner. By using qualitative methods and in-depth interviewing techniques, the authors find that the participation of local communities in the implementation of the TJB PLTU CSR is merely a symbolic formality. Theoretically the level of participation of local communities only reaches the level of placation. This shows a gap with the spirit of local community participation in PROPER which encourages participation at the level of partnership. In other words, the spirit of participation in PROPER is still translated as procedural in implementing CSR PLTU.

 

"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library