Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rizki Tri Ananda A
Abstrak :
Struktur kapal membutuhkan kekuatan yang cukup untuk menahan beban yang dihasilkan baik dari luar maupun dalam kapal itu sendiri. Bagian struktur tengah kapal merupakan bagian yang paling besar mengalami gaya torsional yang disebabkan oleh tekanan air yang arahnya berlawanan dengan gaya gravitasi kapal tersebut. Oleh karena itu, bagian tengah kapal harus memiliki pelat berpenegar yang cukup tangguh untuk menahan gaya bengkok tersebut. Besarnya gaya torsional oleh tekanan air tersebut juga dipengaruhi Panjang kapal, sehingga dimensi pelat berpenegar untuk ukuran Panjang kapal tertentu sudah distandarkan oleh beberapa organisasi internasional, salah satunya adalah IACS Internasional Association of Classification Society. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan perhitungan section modulus untuk pelat berpenegar pada tiap ndash; tiap bagian di tengah kapal, dikarena nilai section modulus suatu pelat berpenegar berbanding lurus dengan nilai momen bengkok pelat berpenegar itu sendiri.
The structure of the ship requires sufficient strength to withstand the load which produced from the outside or within the ship itself. The middle part of the ship is the largest part of the torsional force caused by the water pressure which is opposite to the gravity of the ship. Therefore, the center of the ship must have a tough plates that strong enough to withstand the bending force. The magnitude of the torsional force by the water pressure is also influenced by the length of the ship, so that the dimensions of the plates reflected in the size of certain ships are standardized by several international organizations, one of which is IACS Internasional Association of Classification Society. The approach taken in this study is to calculate the modulus section for the stiffened plates on each part in the middle of the ship, because the value of the modulus section of a platted plate is proportional to the value of the bending moment of the plates itself.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gorga Notonegoro
Abstrak :
Bagian midship kapal adalah bagian yang mengalami pembebanan yang paling intggi saat kapal berlayar. Pada kapal tanker, dibutuhkan ketahanan pelat berpenegar yang kuat supaya saat kapal beroperasi, kapal dapat membawa muatannya dengan aman. Pembebanan yang biasanya terjadi pada kapal adalah sagging dan hogging di mana beban tersebut termasuk kategori beban siklik dan dapat mengakibatkan kegagalan lelah. Penelitian ini berfkous pada analisis ketahanan lelah dalam studi pengaruh posisi semi eliptical crack pada pelat berpenegar dengan profil konventional T dan novel Y. Semi elliptical crack ditempatkan pada bagian tengah pelat, seperempat jarak dari profil, dan berdekatan dengan profil. Simulasi pembebanan dilakukan dengan metode numerik dengan menggunakan perangkat lunak ANSYS untuk memprediksi ketahanan lelahnya. Hasil menunjukan bahwa crack di tengah profil memiliki ketahan lelah yang terburuk sehingga memiliki umur lelah yang pendek dibandingkan posisi crack yang lain.
The ship 39 s midship section is the part that experiences the most loads while sailing. For tankers, it is necessary to have high fatigue endurance in the ship structure especially on the stiffend panel so that the ship can carry its load cargo safely. The loads that generely experienced by the midship are sagging and hogging. This load is categorized as cyclic load which can result in fatigue failure. This study focuses on the analysis of fatigue resistance in the study of the effect of semi eliptical crack position on the stiffened panels with conventional profile of T and novel profile of Y. Semi elliptical cracks are positioned on the center of the plate, a quarter distance from the profile , and adjacent to the profile. The simulation of loading uses ANSYS to predict its fatigue resistance. The result shows that the crack in the middle of the plate has the worst fatigue resistance which results in having a short fatigue life compared to the other crack.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68290
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rivandi Wibisana
Abstrak :
Performa struktur kapal berkaitan dengan keselamatan kapal saat berlayar. Hal ini berkaitan dengan pembebanan yang bekerja pada kapal. Salah satu jenis Pembebanan adalah pembebanan siklik berupa sagging dan hogging yang dapat menyebabkan kegagalan struktur. Selain itu, lingkungan yang korosif menjadi pertimbangan dalam analisa kekuatan struktur kapal. Penelitian ini berfokus pada pengaruh korosi sumuran terhadap kekuatan fatik pada pelat berpenegar profil T dan Y dengan variasi retakan semi eliptik dengan menggunakan metode elemen hingga. Perubahan dimensi retakan akibat lingkungan korosif berpengaruh terhadap kekuatan fatik. Pengaruh korosi pada kekuatan fatik dipelajari dengan menganalisis tegangan ekuivalen pada model elemen hingga dimana berkurangnya ketebalan pelat diterapkan dengan model pertumbuhan korosi. Hasil penelitian menunjukan dengan adanya retakan menyebabkan usia pelat berpenegar profil Y dan T menjadi lebih pendek.
The performance of ship structures relates to the safety of ships while sailing. This relates to the loading on the ship. One type of loading is the cyclic loading of sagging and hogging which can cause structural failure. In addition, a corrosive environment becomes a consideration in the analysis of the ship 39s structural strength. This study focuses on the effect of pitting corrosion on fatigue strength on stiffened plate profile T and Y with the variation of semi elliptical cracks using finite element method. Variation of crack dimensions due to corrosive environment have an effect on fatigue strength. The effect of corrosion on fatigue strength is studied by analyzing the equivalent stresses in the finite element model wherein the reduced plate thickness is applied with the corrosion growth model. The results showed that cracks caused the lifespan of stiffened plate profile Y and T to be shorter.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library