Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fatihah Khoirunnisa
Abstrak :
Citra tubuh negatif adalah keadaan dimana seseorang menginginkan bentuk tubuh yang lebih kecil daripada bentuk tubuh aktualnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dan faktor dominan terhadap citra tubuh pada penari balet. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional. Data dikumpulkan dari 108 penari balet berusia 11-17 tahun di Namarina Ballet-Jazz- Fitness Jakarta dengan menyebarkan self-administered questionnaire dan pengukuran antropometri. Analisis data menggunakan uji chi square dan uji regresi logistik ganda model prediksi. Hasil penelitian menunjukkan 44,4% responden memiliki citra tubuh yang negatif. Terdapat perbedaan proporsi yang bermakna antara citra tubuh dengan kelompok responden berdasarkan status gizi, riwayat diet, dan pengaruh pelatih. Sedangkan tidak ditemukan perbedaan proporsi yang bermakna antara citra tubuh dengan kelompok responden berdasarkan aktivitas fisik, pengetahuan gizi, kepercayaan diri, pengaruh orang tua, pengaruh teman, pengaruh media dan tingkatan kelas balet. Hasil analisis multivariat menunjukkan faktor dominan terhadap citra tubuh negatif adalah status gizi. ......Negative body image is a condition when someone desire to have smaller body shape than their actual body shape. This study aims to determine factors associated and dominant factor to body image among ballet dancer. This study used cross sectional design study. Data was completed by 108 ballet dancer aged 11-17 years old in Namarina Ballet-Jazz-Fitness Jakarta using self-administered questionnaire and anthropometric measurement. Analysis data used chi square test and logistic regression test with prediction model. The results showed that 44,4% respondents have negative body image. There are significant differences proportion of body image and respondents group according to nutritional status, diet history, and coach influence. Whereas, there are no significant differences proportion of body image and respondents group according to physical activity, nutritional knowledge, self esteem, parental influence, friends influence, media influence, and ballet level. Multivariate analysis showed that the dominant factor of negative body image is nutritional status.among ballet dancer.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S58816
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Maharani
Abstrak :
Balet identik dengan gerakan tubuh yang terlihat indah, magis, surgawi, ringan, dan tanpa usaha. Namun, bagi para penari balet, keindahan tersebut dilakukan oleh tubuh yang juga merasakan sakit dan menyimpan memori, serta kode sosial dari strukturnya. Keterlibatan aktif tubuh membuat penari mengembangkan suatu habitus yang terus menaturalisasi rasa sakit sebagai bagian dari proses “menjadi”-nya. Bagi penari balet perempuan, rasa sakit begitu melekat dengan penggunaan pointe shoes. Sejatinya, pointe shoes dibuat untuk meneguhkan keindahan perempuan bak peri atau malaikat dalam dongeng. Pertemuannya dengan rasa sakit kemudian meminggirkan dan mengabjeksi penari ke dalam ruang semiotik chora-nya. Melalui pembangunan lapisan teori antara Angela Pickard dan Julia Kristeva (1941-), tulisan ini mengeksplorasi pengalaman penari balet perempuan atas rasa sakit dan abjeksi, yang ditandai oleh penggunaan pointe shoes. Studi dan tinjauan literatur, serta wawancara, diolah dengan metode kinesemiotik Arianna Maiorani (1970-) untuk mengangkat pemaknaan personal penari dari ruang semiotik ke ruang simbolik, yang ditandai melalui gerak tubuh dalam interaksinya dengan ruang. Pertemuan tanda-tanda pada pointe shoes, menghasilkan suatu pemaknaan yang holistik yaitu estetika rasa sakit yang menyublim. ......Ballet is notable for its beautiful, mystical, celestial, weightless, and effortless movements. However, for ballet dancers, these beautiful movements are all done by a body in pain, a body that embeds memories and social codes of its structure. The active involvement of the body enables a ballet dancer to develop a habitus that constantly naturalizes pain as part of the process of its “Being.” For the female, pain is embodied in pointe shoes. Initially, pointe shoes were meant to enhance the female’s beauty, like fairies or angels in fairy tales. The encounter with pain, then, marginalizes and abjects the dancer into her semiotic chora. Through the layering of theories of Angela Pickard and Julia Kristeva (1940-), this paper explores female ballet dancers’ lived experiences of pain and abjection, represented through pointe shoes. Literature research and reviews, as well as interviews, were analyzed with Arianna Maiorani’s (1970-) kinesemiotics method to put a rise to the dancer’s personal meanings, from the semiotics to symbolics, marked through body movements in interaction with space. The confluence of signs represented in pointe shoes creates a holistic meaning, namely the aesthetics of sublimated pain.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library