Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Madja Sugandi
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini berlatar belakang pada masalah yang mengungkapkan fenomena sosial, politik, teknologi dan ekonomi yang sedang melanda dunia pada dasawarsa 1990-an, yang muncul sebagai akibat pengaruh global revolusi teknologi. Bila hal yang merupakan kelanjutan revolusi industri tersebut, mampu menimbulkan pergeseran-pergeseran kekuatan yang berarti, sehingga terbentuknya berbagai blok kepentingan yang saling bersaing di seluruh dunia. Maka pengaruh global revolusi informasi dan komunikasi menyebabkan pemerataan informasi di seluruh dunia yang mampu mengurangi jurang pengetahuan antara sesama manusia. Pada kenyataannya antara revolusi teknologi dengan revolusi informasi dan komunikasi terdapat hubungan yang saling mendukung. Revolusi teknologi mencakup peningkatan teknologi di bidang media komunikasi, sedangkan revolusi informasi mencakup publisitas dalam bidang pemasaran produksi hasil peningkatan teknologi. Salah satu jenis puolisitas yang cukup menarik perhatian untuk diteliti adalah media publikasi yang memuat informasi mengenai produk-produk dan teknologi komputer mikro, karena selain komputer mikro merupakan peralatan penting yang digunakan dalam bidang media komunikasi, maka media publikasi komputer mikro tersebut juga mendukung peningkatan teknologi itu sendiri dengan membantu industri komputer mikro dalam bidang pemasaran komputer mikro. Peningkatan hasil keuntungan yang diperoleh dari bidang pemasaran tersebut tentunya dapat digunakan oleh industri komputer mikro untuk merangsang penelitian dan pengembangan komputer mikro selanjutnya. Diantara berbagai media publikasi komputer mikro yang memuat informasi mengenai produk-produk dan teknologi komputer mikro dan komunikasi atau informasi komputer mikro, terbit media publikasi INFOCOM yang beredar melalui toko-toko buku dan toko-toko komputer di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Sebagai media publikasi komputer mikro yang baru muncul, peneliti memandang perlu untuk mengetahui bagaimana pendapat khalayak mengenai media publikasi INFOCOM yang memuat informasi komputer mikro. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Sehubungan itu populasi yang terdiri dari khalayak yang merupakan peserta seminar yang menghadiri Computer EKRO 91 Exhebition dan Seminars, seluruhnya berjumlah seratus peserta seminar. Sedangkan sampel berjumlah 25 responden. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa khalayak puas dengan pemenuhan kebutuhan akan informasi komputer mikro yang diperoleh melalui media publikasi INFOCOM, dan bahwa penyajian fisik, isi dan editorial media publikasi INFOCOM menurut pendapat khalayak adalah represertatif, informatif dan sesuai sebagai suatu media publikasi yang memuat informasi komputer mikro. Selanjutnya juga terungkap bahwa khalayak memiliki minat untuk menggunakan media publikasi INFOCOM sebagai alternatif sumber informasi komputer mikro.
1992
S3942
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Susy Desviantina
Abstrak :
ABSTRAK
Promosi sangat penting artinya dalam kegiatan komunikasi pemasaran, khususnya usaha perdagangan eceran, untuk menarik sebanyak mungkin calon pembeli untuk berbelanja. Salah satu cara promosi SOGO Department Store adalah dengan melakukan penataan di dalam dan di luar department store. Sementara itu, banyak penelitian membuktikan bahwa keputusan untuk pembelian suatu barang justru dilakukan tanpa direncanakan terlebih dahulu dan dibuat ketika seseorang sudah berada di dalam toko. Kenyataan ini, bagi pemilik toko, menambah keyakinan bahwa penataan toko menjadi penting artinya. Oleh karena itu, peneliti menganggap perlu untuk melihat ada tidaknya keterkaitan antara penataan toko dan pembelian yang tidak direncanakan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan didukung data kualitatif dari orang-orang kompeten di SOGO Department Store. Data dikumpulkan melalui survei di lapangan dan diperoleh melalui teknik wawancara berstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan SOGO Departmerit Store, pada event Dirgahayu Jakarta 1992, memang cukup berhasil menarik calon pembeli untuk berbelanja karena 69 orang dari 100 responden melakukan pembelian yang tidak direncanakan dan dari 69 orang tersebut, 46 orang diantaranya melakukan pembelian karena pengaruh penataan SOGO Department Store khususnya aspek suasana. Sedangkan sisanya yang 23 orang, membeli karena faktor promosi harga. Selain itu, dari 69 responden tersebut, golongan wanita merupakan pembelanja yang terbanyak yaitu sejumlah 50 orang dengan pembagian golongan pekerjaan terbesar adalah sebagai pegawai swasta yaitu 26 orang. Namun, walaupun pendapat positif dinyatakan khalayak pengunjung terhadap penataan SOGO Department Store, pada event Dirgahayu Jakarta, pendapat tersebut secara otomatis tidak mendorong khalayak melakukan tindakan pembelian yang tidak direncanakan. Ada beberapa alasan yang patut dipertimbangkan yaitu faktor harga dan motivasi manusia dalam berbelanja. Suatu hal yang patut dipertimbangkan SOGO Department Store, khususnya bagian promosi, adalah bahwa suatu promosi penataan toko akan lebih berhasil kalau didukung tidak hanya oleh tema promosi tetapi juga oleh display produk dan pengadaan suatu aktivitas atau atraksi tertentu yang menunjang tema promosi secara keseluruhan.
1993
S3944
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hanny Shintawati
Abstrak :
ABSTRAK
Sejalan dengan kenaikan standar ekonomi dan era kecanggihan teknologi dunia elektronik audio, pendengar radio tidak lagi menuntut pada radio yang sekedar 'asal bunyi', melainkan pada segi kualitas materi program dan audionya. Dalam abad teknologi digital audio saat ini, radio T rijaya dan sederet radio lain di jalur Frekuensi Modulasi (FM), saling bersaing menjaring target pendengar masing- masing. Melalui motto The Real Radio More Than Just Music, radio ini mengemas lagu-lagu enak didengar dan sajian acaraacara unggulan dalam bentuk Talk Show radio. Kemasan tai k show radio ini didukung oleh atribut Gaya Penyiar, Suasana yang ditampi1kan, Topik Perbincangan serta Musik, untuk menghasilkan acara informatif dengan gaya komunikatif. Proses penyampaian program acara radio Trijaya kepada pendengarnya merupakan keseluruhan pesan dalam proses.
1992
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
S4085
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library