Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nine Primastita Arif
"Mengingat e-commerce telah menjadi kebutuhan utama, maka penyedia e-commerce harus meningkatkan produk dan layanannya. Layanan purna jual adalah salah satu yang harus dipertimbangkan untuk mengurangi keraguan pelanggan dalam menggunakn e- commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran layanan purna jual e- commerce (pengembalian produk, pertukaran, dan pemeliharaan) pada sikap pelanggan (membangun hubungan) dan aspek perilaku (mengembangkan niat pembelian kembali pelanggan dan dari mulut ke mulut). Penelitian ini menggunakan metode judgemental sampling dimana 255 sampel yang memenuhi syarat disesuaikan dengan kriteria tertentu. Structural Equation Model (SEM) yang didukung oleh perangkat lunak SmartPLS digunakan untuk menganalisis data. Temuan dalam penelitian ini adalah pengembalian produk dan layanan pemeliharaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan online dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Sedangkan pertukaran produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan dan kepercayaan pelanggan, sebagai indikator kualitas hubungan memediasi hubungan antara layanan purna jual (pengembalian produk, penukaran dan pemeliharaan), niat pembelian kembali pelanggan secara online dan WOM intention. Niat pembelian kembali dan WOM intention secara positif dipengaruhi oleh kepercayaan dan kepuasan. Implikasi penelitian akan bermanfaat bagi pembuat kebijakan, peneliti, serta industri e-commerce dalam mengimplementasikan dan mempromosikan penggunaan e-commerce.

Considering that e-commerce has become a major requirement, e-commerce providers must improve their products and services. After-sales service is one that must be considered to reduce customer doubts in using e-commerce. The purpose of this study was to investigate the role of e-commerce after-sales service (product returns, exchanges, and maintenance) on customer attitudes (relationship building) and behavioral aspects (developing customer repurchase intentions and word of mouth). This study used a judgemental sampling method in which 255 samples that met the requirements were adjusted to certain criteria. Structural Equation Model (SEM) supported by SmartPLS software is used to analyze the data. The findings in this study are that product returns and maintenance services have a significant effect on online customer satisfaction and satisfaction has a significant effect on customer trust. While product value has no significant effect on customer satisfaction. Customer satisfaction and trust, as indicators of relationship quality mediate the relationship between after- sales service (product returns, exchanges and maintenance), online customer repurchase intentions and WOM intention. Repurchase intention and WOM intention are positively influenced by trust and satisfaction. The research implications will be useful for policy makers, researchers, and the e-commerce industry in implementing and promoting the use of e-commerce. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Multazam Bagus Harto
"Setiap industri berlomba-lomba khususnya ritel, melakukan transisi atau menambah channel penjualannya tidak hanya melalui toko fisik, tetapi juga melalui channel online. Begitupun hal nya dengan gudang yang dituntut untuk bisa ikut serta dalam proses pemenuhan pesanan baik itu melalui toko maupun melalui online. Penelitian ini mengembangkan inventory model untuk gudang dual channel dengan kapasitas gudang yang terbatas dan adanya pengembalian produk. Dengan gudang terbagi menjadi dua bagian, yaitu untuk pemenuhan pesanan of line dan untuk pemenuhan pesanan online. Pengembangan model ini juga mempertimbangkan ketidakpastian permintaan dan lead time pengiriman. Kendala kapasitas gudang bersifat convex nonlinear programming dan menggunakan analisis Karush-Kuhn-Tucker dalam menyelesaikannya. Solusi bentuk tertutup dikembangkan menggunakan distribusi normal tanpa adanya kendala kapasitas gudang yang terbatas, dan algoritma yang berulang atau iteratif menggunakan bisection method untuk kasus dengan adanya kendala kapasitas gudang yang terbatas. Analisis numerik dilakukan langsung terhadap gudang di perusahaan ritel olahraga untuk mendapatkan secara nyata model yang diusulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas gudang sangat mempengaruhi besarnya ukuran jumlah pemesanan. Analisis sensitivitas yang dilakukan juga menunjukkan bahwa model yang diusulkan menawarkan solusi yang optimal untuk ukuran jumlah pesanan dan reorder point serta dapat pula meminimumkan total biaya gudang.

Every industry is competing, especially retail, to transition or increase its sales channels not only through physical stores, but also through online channels. Likewise, warehouses are required to be able to participate in the order fulfillment process both through stores and online. This research develops an inventory model for dual channel warehouses with limited warehouse space and product returns. With the warehouse divided into two parts, namely for offline order fulfillment and for online order fulfillment. The development of this model also considers demand uncertainty and delivery lead time. The warehouse space constraint is convex nonlinear programming and uses Karush-Kuhn-Tucker analysis in solving it. A closed-form solution was developed using normal distribution in the case of no limited warehouse space constraints, and an iterative algorithm using bisection method for the case with limited warehouse space constraints. Numerical analysis was conducted directly on a warehouse in a sports retail company to get a real-world view of the proposed model. The results show that warehouse space greatly affects the size of the order quantity. The sensitivity analysis conducted also shows that the proposed model offers an optimal solution for the size of the order quantity and reorder point and can also minimize the total warehouse cost."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library