Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Boston: Harvard Business School Press, 1998
658.3 HAR
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Maha, Rahmadani Ningsih
"Tesis ini membahas pola interaksi dan komunikasi berbagi pengetahuan para peneliti dalam menciptakan inovasi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan faktor-faktor yang mempengaruhi berbagi pengetahuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran peneliti dan interpretasi makna berbagi pengetahuan yang dilandasi oleh nilai, keyakinan, motivasi dan norma mempengaruhi tindakan berbagi pengetahuan.
Saran yang diajukan adalah: lembaga perlu membangun kedekatan dan kerja sama antar peneliti guna mengembangkan pengetahuan yang menunjang penciptaan inovasi; peran perpustakaan sebagai pusat informasi harus lebih diberdayakan dalam manajemen pengetahuan; penanaman nilai-nilai organisasi, seperti nilai kebersamaan, kepercayaan terhadap individu lainnya hendaknya diwujudkan dalam program nyata, bukan hanya berupa slogan sehingga dapat dirasakan dan diingat oleh seluruh individu dalam lembaga.

This thesis discusses the patterns of interaction and communication researchers to share knowledge in creating innovations at Indonesian Institute of Sciences (LIPI) and the factors that influence knowledge sharing. This research is a qualitative study with phenomenology approach. The result showed that researcher‟s awareness and meaning interpretations of knowledge sharing were based on values, beliefs, motivations and norms.
The suggestions are: institution needs to construct closeness and cooperation among researchers to develop knowledge that supports the creation of innovation: the role of libraries as information centers should be more empowered in knowledge management; Constructing the organizational values, such as sharing values, trusting to others should be realized in a real program, not only as a slogan/motto butit should be felt and implemented by all individuals in the institution.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
T30598
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
O`Dell, Carla
New York: Free Press, 1998
658.3 ODE i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait dengan pengaruh iklim organisasi . Pengetahuan manajemen terhadap kinerja kepala sekolah ...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ilatifah Nur Hidayat
"Knowledge merupakan aspek penting di dalam suatu perusahaan. Knowledge juga menjadi dasar yang dalam proses pengambilan keputusan, sehingga pengelolaan knowledge yang buruk dapat berdampak pada kinerja perusahaan. Divisi Information Technology (DIT) merupakan salah satu divisi di Telkom yang menyadari akan pentingnya pengelolaan knowledge. Saat ini pengelolaan knowledge di DIT belum dilakukan secara merata dan terstruktur. Hal tersebut berakibat pada banyaknya pengetahuan yang hilang, sulitnya mencari dan mengakuisisi pengetahuan, tidak ada repositori pengetahuan, dan proses pembelajaran terhambat. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk merancang KMS yang sesuai dengan kebutuhan DIT Telkom. Penelitian ini menggunakan KMS design method dari Becerra Fernandez untuk mengidentifikasi KM solution. Kemudian untuk mendapatkan kebutuhan fungsional dan non-fungsional KMS, penulis melakukan wawancara dengan pihak terkait. Setelah requirement didapatkan, penulis merancang KMS dengan menggunakan teknik prototyping. Untuk analisis gamification, penulis menerapkan kaleidoskop gamification. Hasil rancangan KMS dievaluasi dengan menggunakan teknik PSSUQ. Penulis juga merancang arsitektur KMS dengan menerapkan seven-layer arsitektur KMS dari Tiwana. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa proses KM yang dibutuhkan oleh DIT Telkom adalah socialization (for knowledge discovery), direction, routines, dan combination. Kemudian elemen gamification yang dibutuhkan adalah point, reward, dan leaderboard. Hasil evaluasi rancangan KMS menunjukkan nilai PSSUQ sebesar 2,783 yang berarti rancangan dapat diterima oleh pegawai DIT.

Knowledge is a fundamental component within a corporation. Insufficient management of knowledge can adversely affect firm performance as it serves as the foundation for the decision-making process. The Information Technology Division (DIT) is a division within Telkom that recognizes the significance of knowledge management. Presently, the implementation of knowledge management in DIT lacks uniformity and organization. Consequently, there is a significant loss of knowledge, challenges in locating and obtaining knowledge, absence of a knowledge repository, and hindered learning process. In order to address this issue, a study was carried out with the objective of developing a Knowledge Management System (KMS) that is tailored to the specific requirements of DIT Telkom. This study employs Becerra Fernandez's KMS design methodology to discern appropriate Knowledge Management (KM) solutions. To obtain the functional and non-functional requirements of KMS, the author conducted interviews with relevant stakeholders. Once the requirements were acquired, the author developed the KMS utilizing prototyping methodologies. The author utilized kaleidoscopic gamification for the purpose of analyzing gamification. The outcomes of the KMS design were assessed utilizing the PSSUQ methodology. The author implemented the KMS architecture by utilizing Tiwana's seven-layer KMS architecture. The research findings indicate that the KM processes required by DIT Telkom include socialization (for knowledge discovery), directions, procedures, and combination. The necessary gamification components are points, awards, and leaderboards. The evaluation findings of the KMS design indicate a PSSUQ value of 2.783, signifying that the design is acceptable to DIT personnel."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas ndonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Khaira Al Hafi
"Tujuan dari Millenium Developmet Goals 2015 untuk menekan angka kemiskinan diprediksi tidak akan berhasil dicapai pada tahun 2015 (Laporan Utusan Khusus Presidan untuk MDGs, 2011). Hal ini disebabkan oleh kegagalan mekanisme pasar, pendekatan policy dan inisiatif organisasi sipil (Murray, 2012). Konsep inovasi sosial adalah konsep pendekatan multi-stakeholder yang dapat menjadi alternatif untuk memecahkan permasalahan sosial dengan cara mengkolaborasikan sektor tripartit. Meskipun demikian, konsep inovasi sosial yang dijalankan dengan cross partnership membutuhkan sistem manajemen pengetahuan yang terintegrasi sehingga sumber daya inovasi sosial yang tersebar pada berbagai sektor dapat diakumulasikan dan diakses bersama. Melalui penelitian ini, peneliti merancang sistem manajemen inovasi sosial Indonesia yang akan menghimpun sumber daya inovasi sosial pada sektor tripartit dan memecahkan permasalahan-permasalahan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SECI Model. Metode tersebut mencakup, pemetaan karakteristik pengetahuan dan analisis penciptaan dan transfer pengetahuan pengetahuan tacit-explicit. Hasil dari penelitian ini berupa platform online open innovation/shared design thinking, platform online community of practice untuk inovasi sosial, platform open volunteerism, platform crowdfunding, dan platform Changemakers Hub yang menghubungkan sektor tripartit.

The goal of Millenium Developmet Goals 2015 to reduce the number of poverty rate is predicted will not be achieved by 2015. (Envoy of the President on MDGs, 2011). Market mechanism, government policy and civic organizations inisiatif failed to fill it (Murray, 2012). The concept of Social Innovation as a multi-stakeholder approach is an alternative approach to solve a social problem with collaboration of tripartite sectors. However, the concept of social innovation characterized by cross partnership requires an integrated knowledge management system in order that the social innovation resources can be accumulated. Researcher elicits social innovation knowledge management system that will collaborate tripartite sectors to accumulate social innovation resources and solve social problems. Methodology used in this research is SECI Model analysis. The methodology includes knowledge characteristic analysis and formulation for creating and transferring tacit-explicit. The research products are platform onlines for open innovation/shared design thinking, community of practice for social innovation, open volunteerism, crowdfunding, and changemakers hub for the tripartite sectors.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56821
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kharisma Agung Sedayu
"ABSTRAK
Dalam proyek apartemen di industri properti komersial, terutama pada pelaksanaan proyek, mayoritas pengetahuan eksplisit berbentuk tercetak dan pengetahuan tacit dalam pikiran pihak pelaksana proyek hilang karena tidak dikelola dengan benar. Proses pengelolaan pengetahuan saat ini hanya sebatas menyimpan pengetahuan, belum ada proses mengadakan pengetahuan, menangkap pengetahuan, menyebarkan dan mengupdate pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat usulan perbaikan proses manajemen pengetahuan dengan mengadaptasi sistem yang pernah dikembangkan oleh perusahaan kontraktor lain. Pengambilan data dengan cara wawancara 4 ahli dengan minimal pengalaman masa kerja 20 tahun untuk mengetahui pengetahuan yang sudah dimiliki pelaksana kontraktor.

ABSTRACT
In apartment projects in the commercial property industry, especially on construction phase, the majority of explicit knowledge is paper based and tacit knowledge in the mind of the engineers is lost because it is not properly managed. Knowledge management process is currently limited to storing knowledge, there is no process of knowledge acquisition, knowledge extraction, knowledge sharing and knowledge update. The purpose of this research is to make proposed improvement of knowledge management process with adapting system developed by other contractor company. Writer interviewing 4 experts with minimal 20 years work experience to list the knowledge that already owned by engineers."
2017
S66985
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yun Iswanto
Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2016
658.3 YUN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Swasto
"buku ini membahas aspek manajemen secara mendetail dan sumber daya manusia."
Malang: Universitas Brawijaya Press, 2011
658.3 BAM m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Titiek Tjahjaningsih
"ABSTRAK
Proyek implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ mencakup
modul Financial Management, Material Management, dan Human Resource
Management. Proyek dikeijakan mulai 9 Mei 2005 sampai dengan 8 Nopember
2006, dilanjutkan perpanjangan dukungan konsultan {Go Live Support Extension)
sampai dengan 8 Mei 2007.
Implementasi ERP mengintegrasikan proses bisnis dengan aplikasi pendukung
untuk mendapat manfaat: 1) Tersedianya sumber data dan informasi yang tepat
waktu dan akurat dari satu sumber, dan dapat dimanfaatkan secara bersama oleh
seluruh anggota organisasi; 2) Akuntabilitas lebih baik; 3) Kontrol terhadap
pengeluaran menggunakan fungsi “active budget checking".
Tugas Akhir ini bertujuan: 1) Menganalisa proses perubahan pada implementasi
ERP di PT XYZ, 2) Mengetahui hambatan yang dihadapi berkaitan dengan aspek
manusia, khususnya pada modul Human Resource Management; 3) Menemukan
alternatif solusi serta rekomendasi intervensi untuk mengatasi hambatan agar
memperoleh hasil lebih baik.
Dari hasil analisa berdasarkan dokumentasi dan wawancara, diperoleh kesimpulan
bahwa proses manajemen perubahan dan alih pengetahuan tidak beijalan
sempurna, sehingga belum semua fasilitas dan sub modul HRM dioperasikan.
Faktor lain yang menyebabkan implementasi ERP kurang berhasil adalah belum
ada budaya berbagi pengetahuan di lingkungan perusahaan.
Untuk menyukseskan implementasi ERP, maka 1) Manajemen atas harus mau
terlibat aktif dalam proses perubahan sebagai faktor kunci meraih sukses; 2)
Adanya tim yang solid dan tangguh dengan kepemimpinan kuat utnuk memimpin
perubahan; 3) Sistem penghargaan dan imbalan yang mampu memotivasi
perubahan; 4) Mempunyai strategi perubahan yang tepat dan konsisten
menjalankannya; 5) Membangun budaya berbagi pengetahuan dengan
memanfaatkan inisiatif manajemen pengetahuan sesuai dengan nilai-nilai
perusahaan: Saling percaya, Integritas, Peduli dan Pembelajar."
2007
T37658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>