Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Fitriyan
Abstrak :
Menggunakan perluasan teori planned behaviour (TPB) penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja yang memengaruhi perilaku seseorang berdonasi untuk kampanye urun dana crowdfunding lingkungan. Kepekaan terhadap lingkungan alam ditambahkan ke dalam model perluasan TPB untuk melihat pengaruhnya terhadap perilaku berdonasi. Survei dilakukan terhadap 385 responden yang mengetahui urun dana. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdonasi untuk kampanye lingkungan melalui urun dana ditentukan oleh environmental sensitivity, sikap, norma subyektif, motivation to comply, kredibilitas dan intensi untuk berdonasi. Environmental sensitivity dan sikap berdampak ke perilaku berdonasi tanpa harus melalui intensi. Norma subyektif, motivation to comply dan kredibilitas mempunyai pengaruh langsung terhadap intensi dan berdampak ke perilaku berdonasi secara tidak langsung. Norma subyektif dan kredibilitas menjadi faktor dominan yang memengaruhi intensi berdonasi. Hasil analisis juga menunjukan antara niat dan perilaku sebenarnya tidak begitu besar skor pengaruhnya, demikian juga dengan faktor lainnya yang relatif lemah. Hal tersebut menunjukkan bahwa banyak faktor lain yang dapat memengaruhi intensi dan perilaku dalam berdonasi di urun dana lingkungan. ......Using the extended theory of planned behavior (TPB), this study aims to explain what influences a persons behavior in donating to an environmental crowdfunding campaign. Environmental sensitivity was added to the extended TPB model to see its effect on donation behavior. The survey was conducted on 385 respondents who knew about crowdfunding. The analysis in this study uses path analysis. The results of this study indicate that donating to environmental campaigns through crowdfunding is determined by environmental sensitivity, attitude, subjective norms, motivation to comply, credibility, and intention to donate. Environmental sensitivity and attitude affect the behavior of donating without having to go through the intention. Subjective norms, motivation to comply and credibility have a direct influence on intentions and have an indirect impact on donating behavior. Subjective norms and credibility are the dominant factors that influence the intention to donate. The results of the analysis also show that the actual intention and behavior score is not that big, as well as other factors that are relatively weak. This shows that there are many other factors that can influence the intention and behavior of donating in environmental crowdfunding.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giovanno Rachmat
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini meneliti pengaruh jarak sosial terhadap perilaku berdonasi, yaitu salah satu bentuk dari perilaku menyumbang, dengan identity fusion berperan sebagai moderator. Jarak sosial dimanipulasi dengan menyamakan atau membedakan identitas agama partisipan dan lembaga amal untuk menciptakan jarak sosial yang kecil atau besar . Eksperimen dilakukan pada 110 mahasiswa dengan kriteria mahasiswa aktif S1 Universitas Indonesia dan beragama Islam M=19,87, SD=1,10 . Hasil analisis linear regression menunjukkan bahwa 15,30 varians perilaku berdonasi dapat dijelaskan oleh jarak sosial, F 5,104 = 3.756, p= 0.04 , meski jarak sosial tidak memiliki significant unique effect terhadap perilaku berdonasi. Namun, terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara jarak sosial dan identity fusion b= 0,456, SE= 0,187, 95 CI [0,086, 0,826], t= 2,443, p= 0,016 . Secara spesifik, jarak sosial mempengaruhi perilaku berdonasi ketika tingkat identity fusion rendah b= -0,704, SE= 0,268, 95 CI [-1,235, -0,173], t= -2,631, p= 0,010 tetapi tidak ketika tingkat identity fusion tinggi.
ABSTRACT
This research investigates the affect of social distance towards donating behavior, with identity fusion acting as a moderator. Social distance is manipulated by matching or unmatching the religious identity of both the participants and the charity organization, to create a socially near or socially distant condition. The experiment was conducted among 110 Muslim undergraduate students of Universitas Indonesia M 19.87, SD 1.10 . The linear regression analysis shows that 15.30 of variance can be explained by social distance, F 5,104 3.756, p 0.04 , though no significant unique effect of social distance towards donating behavior was found. However, a significant interaction effect between social distance and identity fusion was found b 0.456, SE 0.187, 95 CI 0.086, 0.826 , t 2.443, p 0.016 . Specifically, social distance affect donating behavior when the identity fusion is low b 0,704, SE 0,268, 95 CI 1,235, 0,173 , t 2,631, p 0,010 but not when the identity fusion is high.
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nindy Annisa
Abstrak :
ABSTRAK
Perluasan Theory of Planned Behavior TPB digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui intensi individu dalam mendonasikan uang. Responden berjumlah 232 orang telah mengisi kuesioner dengan teknik convenience sampling. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma deksriptif, norma moral, perceived behavioral control, dan pengalaman masa lalu Selain itu, keyakinan agama dijadikan sebagai variabel moderasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya norma deskriptif, norma moral dan perceived behavioral control berpengaruh signifikan terhadap intensi perilaku berdonasi dan keyakinan agama berperan dalam memoderasi seluruh variabel independen dalam penelitian ini.
ABSTRACT
An extended Theory of Planned Behavior TPB was used to predict individual rsquo s intention on donating money. Respondents n 232 completed an online questionnaire using convenience sampling. Multiple regression analyses used in order to test the influence of attitude, descriptive norm, moral norm, perceived behavioral control, and past behavior. Furthermore, religious beliefs is integrated as a moderating variable. This study shows only descriptive norm, moral norm and perceived behavioral control that significantly influencing behavioral intention to donate on an individual. Meanwhile, religious beliefs has role on moderating all independent variables on this study.
2017
S68220
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Untung Handayani Ramli
Abstrak :
ABSTRAK
Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia memiliki tingkat aktivitas donasi uang yang tinggi dibandingkan negara lain, termaksud melalui lembaga amal atau nirlaba seperti masjid. Namun, institusi masjid masih memiliki banyak kelemahan dalam aspek manajerial dan kepercayaan dari masyarakat yang berpotensi mengurangi minat masyarakat dalam berdonasi uang ke masjid. Dengan menggunakan modifikasi pendekatan Theory of Planned Behaviour TPB, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu faktor-faktor yang memengaruhi minat jemaah dalam berdonasi uang ke masjid di Kota Depok. Penelitian ini juga akan mengestimasi potensi serta kontribusi donasi uang masjid di Depok. Untuk itu, penelitian ini mengumpulkan data dari 235 jemaah masjid yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Depok. Berdasarkan analisis Structural Equation Model SEM, variabel kepercayaan agama dan kepercayaan terhadap masjid memiliki pengaruh positif terhadap sikap dalam berdonasi uang ke masjid. Selain itu, kontrol perilaku perceived behavioural control, norma subjektif, dan perilaku masa lalu juga memiliki pengaruh positif terhadap minat jemaah masjid dalam berdonasi uang. Hasil estimasi juga menunjukkan bahwa kontribusi rata-rata donasi uang setiap jemaah masjid per pekannya mencapai Rp29.241, masih mencapai 51,71 dari potensi yang ada. Oleh karena itu, penelitian ini bisa menjadi tambahan literatur terkait perilaku berdonasi jemaah masjid. Penelitin ini juga memberikan rekomendasi bagi manajemen masjid dan pemerintah untuk membangun standarisasi manajemen masjid serta peningkatan kualitas layanan.
ABSTRACT
It is undeniable that Indonesian people have higher level of donating activity compared to other countries either through charities or nonprofit organization, for example mosque instituion. However, the mosque institution still has many weaknesses in managerial and trust aspects from society that have potential to reduce public interest in donating money to the mosque. By using the extended Theory of Planned Behavior TPB , the research aims to find out which variables that have significant impact on the intentions of people in donating money to the mosque in Depok. This research also explains the potential and contribution of mosque based cash donation in Depok. Data was obtained for 235 people spreading in 11 districts in Depok. Based on Structural Equation Model SEM analysis, religious beliefs and institution trust have a positive effect on respondents rsquo attitude in donating money to the mosque. In addition, perceived behavioral control, subjective norms, and past behavior have also influenced positively to the intention of respondents in donating money. It is also known that the average contribution per week of mosque based cash donation in Depok reaches Rp29,241, still reaching 51.71 of the potential. Therefore, this research could be an additional literature about giving behavior of mosques congregations. The research also recommends government and mosque management to build standardized mosque management and to enhance the quality of services provided.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Makarim Muhammad
Abstrak :
Survei bertajuk World Giving Index melaporkan bahwa Indonesia merupakan negara paling dermawan di dunia, dimana kedemawanan menurut survei tersebut tidak hanya ditunjukkan oleh donasi uang tetapi juga donasi waktu dan tenaga. Hal ini sangat terasa di masa pandemi ini dan sejalan dengan tren peningkatan donasi digital di Indonesia. Namun demikian, sebagian besar penelitian yang ada saat ini hanya menganalisis perilaku berdonasi dalam bentuk uang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan intensi berpartisipasi kembali dalam menggunakan layanan donasi digital terutama terkait kecenderungan untuk berdonasi waktu dalam bentuk membantu donator lainnya (dikenal dengan istilah customer citizenship behaviour atau CCB) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2 sebagai teori yang menjelaskan penerimaan sebuah teknologi digital dan pendekatan studi kuantitatif dengan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Studi ini berhasil mengumpulkan 298 responden dari seluruh Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang menentukan intensi berpartisipasi kembali dalam menggunakan layanan donasi digital adalah ekspektasi performa (performance expectancy), kondisi yang memfasilitasi (facilitating condition), rasa percaya (trust), dan kebiasaaan (habit). Namun, faktor pengaruh sosial (social influence), nilai harga (price value), ekspektasi usaha (effort expectancy), motivasi hedonis (hedonic motivation), dan keyakinan beragama (religiosity) tidak memiliki dampak yang signifikan dalam studi ini. Intensi berdonasi, di sisi lain, memiliki pengaruh positif terhadap customer citizenship behavior. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengelola platform donasi digital dalam mengembangkan platformnya terutama untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan, memperbaiki infrastruktur teknis dan organisasi, serta menjaga tingkat kepercayaan donatur pada platform dan program donasi. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan bisa memperkaya literatur pada ranah filantropi digital dan menjadi masukan bagi pemerintah dalam mengembangkan kebijakan terkait filantropi digital di Indonesia. ......The World Giving Index reports that Indonesia is the most generous country in the world, generosity is not only shown by donations in the form of money but also donations in the form of time and assistance. This is very much felt during the pandemic and is in line with the trend of digital donations in Indonesia. However, existing studies usually only analyze the behavior of donating in the form of money. Therefore, this study aims to analyze the factors that determine the intention of using digital donation services including the tendency to donating time in form of helping others (known as customer citizenship behavior or CCB) in Indonesia. This study uses the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2 model as a theory that explains the acceptance of technology and a quantitative approach with Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. This study managed to collect 298 respondents from all over Indonesia. The results showed that the main factors that determine reparticipation intention in using digital donation services are performance expectancy, facilitating conditions, trust, and habit. Other factors, namely effort expectancy, social influence, price value, hedonic motivation, and religiosity do not have significant influence on the reparticipation intention. Reparticipation Intention, on the other hand, has a positive influence on customer citizenship behavior. The results of this study are expected to enrich the literature and provide recommendations to the donation platform. Practical implication of this study is that the donation platform can improve service effectiveness and efficiency, technical and organizational infrastructure, and the level of donor trust towards donation platform and donation campaign in order to maintain donors Reparticipation Intention. In addition, the results of this study are expected to enrich the literature in the realm of digital philanthropy and provide recommendation for the government in developing policies related to digital philanthropy in Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldilla Marharani Fadlurahmah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta membandingkan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku menabung dan berdonasi masyarakat muslim di Indonesia selama pandemi Covid-19 dengan menggunakan pendekatan Extended Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner online dengan 301 responden yang aktif berdonasi ataupun menabung selama 6 bulan terakhir. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software LISREL 8.8. Temuan dalam penelitian ini menyebutkan bahwa seluruh variabel dalam Extended Theory of Planned Behavior memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat dan perilaku menabung serta berdonasi selama pandemi Covid-19, dengan variabel persepsi kontrol perilaku yang berpengaruh paling kuat terhadap niat atas perilaku berdonasi masyarakat muslim di Indonesia selama pandemi Covid-19 dan variabel sikap yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap niat atas perilaku menabung masyarakat muslim di Indonesia selama pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi lembaga pengumpul donasi dan pemerintah dalam mengoptimalkan pengumpulan donasi khususnya selama pandemi Covid-19. ......This study aims to analyze and compare the factors that influence the saving and donation behavior of Muslim communities in Indonesia during the Covid-19 pandemic using the Extended Theory of Planned Behavior approach. This study uses primary data collected through the distribution of online questionnaires with 301 respondents who are actively donating or saving for the last 6 months. The analytical method used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) with the help of LISREL 8.8 software. The findings in this study state that all variables in the Extended Theory of Planned Behavior have a positive and significant influence on interest and behavior in saving and donating during the Covid-19 pandemic, with the behavioral control perception variable having the strongest influence on the intention to donate behavior of Muslim communities in Indonesia. During the Covid-19 pandemic and the attitude variable that has the strongest influence on the intention to save the behavior of the Muslim community in Indonesia during the Covid-19 pandemic. The results of this study are expected to provide input for donation collection institutions and the government in optimizing donation collection, especially during the Covid-19 pandemic.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library