Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tubagus Raihar Maqdisi
"ABSTRAK
Tingginya jumlah penumpang membuat PT KAI menambah armada kereta api di Indonesia sehingga meningkatnya kepadatan lalu lintas perkeretaapian. Kepadatan lalu lintas perkeretaapian berpengaruh terhadap pekerjaan pengatur perjalanan kereta api yang menggunakan meja pelayanan sebagai alat utama pelayanan kereta api. Kedepannya meja pelayanan jenis Visual display unit akan digunakan untuk menggantikan meja pelayanan yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah interface meja pelayanan jenis Visual display unit telah memenuhi standar ergonomi. Kriteria evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah efectiveness, efficiency, learnability dan juga satisfaction. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Hierarchy Task Analysis, performance measurement, System Usability Scale, USE Questionairre, and Retrospective Think Aloud. Hasil penelitian menghasilkan usulan pengembangan interface meja pelayanan jenis Visual display unit untuk memenuhi standar ergonomi

ABSTRAK
Due to increasing number of passenger, PT KAI increase number of train unit to operate in Indonesia which resulted in increased railway traffic density. The increase in railway traffic density has a direct effect to train dispatcher tasks that use control panel as the main tools for train dispatching. The purpose of this study is to evaluate whether the Interface Design of Visual display unit Train Dispatcher Control Panel have meet the ergonomic standards. The criteria for the evaluation are effectiveness, efficiency, learnability, and satisfaction. Task Analysis, Performance measurement, System Usability Scale, and USE Questionnaire, and Retrospective Think Aloud are used in this research. The result of this study is suggestion to develop interface design to meet ergonomic standards"
2016
S64156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Yanti
"ABSTRAK
Permasalahan yang akan diangkat dalam tesis ini adalah masalah keterlambatan yang terjadi pada perjalanan kereta api KRL komuter Bekasi-Jakarta Kota, yang lebih tinggi daripada KRL komuter lainnya. Hal ini diduga dikarenakan terjadinya konflik dengan kereta lain dan adanya keterlambatan keberangkatan di stasiun Bekasi. Cox Proportional Hazard adalah salah satu metode analisis semi parametrik di dalam kerangka Analisis Survival yang akan digunakan untuk menganalisis keterlambatan perjalanan suatu kereta api. Penggunaan metode ini antara lain karena lebih populer dan penggunaan asumsi yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan metode parametrik. Model regresi Cox PH ini juga berguna untuk menafsirkan informasi mengenai hubungan dari fungsi hazard dengan prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan kedatangan KRL komuter Bekasi di stasiun tujuan dipengaruhi oleh keterlambatan keberangkatan di stasiun awal dan juga konflik dengan kereta lain, baik di stasiun awal maupun di tengah perjalanan. Oleh karena itu, konflik dan keterlambatan di stasiun keberangkatan harus diturunkan secara signifikan.

ABSTRACT
The issue raised in this thesis is the delay in the travel time of Bekasi-Jakarta Kota Commuter Line, which is higher than other commuter lines. This is presumably due to their own departure delays in Bekasi Station and also conflicts with other trains. Cox Proportional Hazard is one of the semi-parametric analysis methods in Survival Analysis framework that will be used to analyze the delay time. This method is used because it is more popular than other methods and uses fewer assumptions than the parametric method. Cox PH regression model is also useful for interpreting information about the relationship of the hazard function predictors. The results showed that the late arrival of KRL Commuter Bekasi at the destination is affected by the delay at the departure station and also by conflicts with other trains, either at the beginning or in the middle of the travel. Therefore, conflict reduction and delay reduction must be made significantly.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nicko Chandra
"ABSTRAK
Kereta api sebagai moda transportasi darat yang memiiki efisiensi paling tinggi, memiliki peran penting dalam perkembangan negara Indonesia. Namun, peningkatan penumpang dan kepadatan lalu lintas perkeretaapian dapat berdampak pada tugas dari seorang pengatur perjalanan kereta api (PPKA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban kerja mental terhadap perubahan kondisi fisiologis PPKA dengan dibantu oleh simulator pelayanan kereta sederhana. Pengukuran terhadap 10 petugas PPKA dilakukan dengan menggunakan NASA-TLX, detak jantung, tekanan darah, serta waktu reaksi dengan software design tools. Hasil yang diperoleh adalah signifikansi pengaruh terjadi pada hasil subjektif namun tidak pada hasil pengukuran, serta perubahan kondisi fisiologis lebih signifikan pada jenis percobaan time on task dibanding dengan jenis percobaan task complexity.

ABSTRACT
Train, as the most efficient mode of land transportation, has an important role in the development of Indonesia. However, the increment of passenger and traffic density on the railway might have an impact on the task of a train dispatcher officers. This study aims to identify the effect of mental workload on changes of physiological conditions assisted by a simple simulator train service. Measurement against 10 officers done using NASA-TLX, heart rate, blood pressure, and reaction time with design tools software. The result showed a significant effect on subjective result and there are more significant changes in physiological conditions on the type of experiment time-on-task than the type of task-complexity experiment"
2016
S63339
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Irfan Fakhruddin
"ABSTRAK
Petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) dan meja pelayanan sebagai alat penunjang tugas PPKA, merupakan elemen kontrol yang penting dalam sistem pengendalian kereta api. Mereka bertanggung jawab baik untuk efisiensi dan keamanan dari keseluruhan operasi, mempunyai pekerjaan yang sangat menuntut dan selalu berada di bawah tekanan. Dengan peningkatan pangsa pasar dan proyeksi penumpang yang semakin besar, PT. KAI selaku stakeholder ingin meremajakan meja pelayanan yang sebelumnya bertipe Local Control Panel menjadi Visual Display Unit agar pelayanan terhadap penumpang akan semakin baik. Menuju tujuan itu, penelitian ini akan menganalisis perubahan meja pelayanan terhadap kinerja dan beban kerja petugas PPKA sehingga dapat memberikan rekomendasi pada PT. KAI kedepannya.

ABSTRAK
Train dispatcher and control panel as a supporting equipment for train dispatcher, are important controling element ini railway system. They are responsible for both the efficiency and the safety of the operation, have a demanding job and under almost constant pressure. With the increasing of market share and bigger passenger projection, PT. KAI as stakeholder want to change the control panel from Local Control Panel into Visual Display Unit for better services. Toward the end, this research will analyze the changes of control panel to performace and workload of train dispatcher and the result will be a recommendation for PT. KAI"
2016
S64157
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library