Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 51 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Welton, David A.
Boston Hougton: Mifflin Company, 1987
612.6 WEL c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Vidya Dwina Paramita
Yogyakarta: B. First, 2017
155.4 VID j
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Rajawali Press, 2022
155.4 PER
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Syarifah Lubbna
"Masa batita adalah masa emas dan kritis yang perlu dioptimalkan dalam melakukan stimulasi perkembangan agar keterlambatan perkembangan dapat dicegah, terutama oleh ibu yang secara emosional lebih dekat dengan anak. Fenomena keterlambatan perkembangan anak di Indonesia masih terjadi karena kurangnya stimulasi saat usia batita, terutama anak di daerah pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stimulasi perkembangan batita oleh ibu. Desain penelitian ini deskriptif sederhana dengan metode consecutive sampling terhadap 92 ibu di Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun, Cirebon. Hasilnya, lebih banyak ibu yang sering melakukan stimulasi perkembangan pada aspek bicara dan bahasa serta sosialisasi kemandirian (51,1 % dan 51,1 %) daripada aspek motorik kasar dan motorik halus (43,5 % dan 44,6 %), dan berdasarkan keseluruhan aspek perkembangan, lebih banyak ibu yang jarang melakukan stimulasi (51,1 %) dibandingkan ibu yang sering melakukan stimulasi (48,9 %). Disarankan bagi tenaga kesehatan terutama perawat anak agar mengoptimalkan edukasi mengenai stimulasi perkembangan anak pada ibu-ibu di pedesaan.

Toddler period was golden and critical age which needed to be optimized by parents to stimulate their child developments so that developmental delay could be prevented, especially by mother who has closer emotional bound with children. Children developmental delay phenomena in Indonesia, especially in rural area, was still exist caused by lack of development stimulation when they were in toddler age. The aim of this descriptive study is to describe development stimulation of toddler age children by mother. This study with consecutive sampling method is included 92 mothers in Jungjang Village, Arjawinangun, Cirebon. The results were mothers who often give stimulation of talking, language, socialization and autonomy aspects (51,1 % and 51,1 %) were more than gross motoric and fine motoric aspects (43,5 % and 44,6 %), and according to whole aspects of development, mothers who rarely give stimulation (51,1 %) is more than mothers who often give stimulation (48,9 %). It’s recommended for health services and pediatric nurses, especially in rural area, to educate the mothers about the importance of stimulating their children in toddler age."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46590
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fifi Firdiana
"Masa prasekolah merupakan masa dimana anak mengalami mengalami peningkatan yang pesat dalam perkembangan Bahasa, kognitif dan psikososial. Dalam hal ini dibutuhkan stimulasi agar perkembangan fungsi organ tubuh dan otak optimal. Stimulus dilakukan pada empat sektor utama perkembangan anak, yaitu motorik kasar dan motorik halus, bahasa, serta personal sosial. Seiring dengan perkembangan teknologi dan maraknya penggunaan internet. Anak usia prasekolah sudah mulai terpapar dengan gadget. Namun, gadget tidak bisa memenuhi keempat sektor utama perkembangan anak yang harus di stimulasi orang tua agar perkembangan anak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan anak usia prasekolah. Penelitian menggunakan pendekatan Fisher Exact pada 167 responden orang tua dan anak yang dipilih melalui teknik simple random sampling menggunakan instrumen kuesioner penggunaan gadget dan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan anak yang dibuktikan dengan nilai p value = 0.001 (p < 0.05).

The preschool period is a time when children experience a large increase in language, cognitive, and psychosocial development. In this case, stimulation is needed so that the development of body organs and brain function is optimal. Stimulus is carried out in four main sectors of child development, namely gross and fine motor skills, language, and social personality. Along with the development of technology and the widespread use of the internet. Preschool children are starting to be exposed to gadgets. However, gadgets cannot fulfill the four main sectors of child development that parents must stimulate for optimal child development. This research aims to identify the relationship between the intensity of gadget use and the development of preschool children. The research used a Fisher Ecxact approach with 167 parent and child respondents who were selected through a simple random sampling technique using gadget-use questionnaire instruments and developmental pre-screening questionnaires (KPSP). The results of the research show that there is a significant relationship between the intensity of gadget use and children's development, as evidenced by the p value of 0.001 (p < 0.05)."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indrawati Gunawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan kemampuan
membuat pola pada anak usia sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
pengctahuan bahwa peta dan kemampuan pemetaan memiliki manfaat yang terkait erat dengan perkembangan kugnisi spasial yang berperan panting di dalam mendukung tugas perkembangan anak di usia sekolah maupun dalam proses memahami lingkungan. Di sisi lain pengetahuan tentang pemahaman dan kemampuan mcmbuat peta pada anak di Indonesia masih sangat terbatas.
Penelitian dilakukan terhadap 60 orang anak bemsia 6 sampai 11 tahun
yang diberi tugas menggambar peta. Peta yang dihasilkan dianalisis berdasarkan jumlah isi peta yang terdiri dari landmark, closed loops dan garnbar lain-lain dan berdasarkan kualitas peta dari tingkat kompetensi kartografi yang telah di capai anak Dengan tujuan untuk melihat perkembangan kemampuan pemetaan maka
subyek dibagi ke dalam dua kelompok yaitu awal usia sekolah dan akhir usia sekolah.
Hasil analisis menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan dalam jumlah landmark dan closed loops Serta penumnan dalam jumlah gambar lain-lain dari awal usia sekolah ke akhir usia sekolah. Selain itu ditcmukan pula
peningkatan dalam kompetensi kartografi, dimana di awal usia sekolah hampir seluruh anak berada di tingkat pictorial dan scbagian kecil sudah mencapai tingkat plan sedangkan di akhir usia sekolah sebagian besar sudah berada tingkat plan dan sabagian lagi di tingkat pictorial-plan dan tingkat pictorial.
Perbedaan yang signifikan dalam skor isi peta di mana skor anak laki lebih tinggi dari pada anak perempuan hanya ditcmukan di akhir usia sekolah, dan terbatas pada jumlah closed loops. Bcgitu pula dengan perbedaan tingkat
kartografi yang telah di capai olch anak perempuan dan anak laki, lebih terlihat di akhir usia sekolah. Di akhir usia sekolah harnpir selumh anak laki sudah
mencapai tingkat plan sedangkan anak perempuan hampir sepamhnya bcrada di tingkat plan dan sisanya berada di tingkat pictorial-plan dan pictorial."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T37890
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Setyaningrum
"ABSTRAK
Kurang energi dan protein berhubungan dengan perkembangan intelektual. Kabupaten Kulon Progo merupakan Kabupaten dengan prevalensi gizi kurang dan gizi buruk tertinggi di Provinsi DIY. Di Puskesmas Kokap I terdapat banyak balita kurang gizi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan anak umur 1-5 tahun dengan riwayat KEP. Delapan puluh lima anak dengan riwayat gizi kurang dan gizi buruk diskrining dengan Denver II untuk mengetahui perkembangannya normal atau suspek. Berat badan disalin dari KMS. Hasilnya ditemukan 36,5 % suspek. Sebesar 57,1% ditemukan suspek pada anak yang mulai mengalami gangguan gizi pada usia 1-6 bulan, sebesar 61,9% anak dengan lama gangguan gizi lebih dari separuh usianya dicurigai, 64% anak yang pernah mengalami gizi buruk terjadi keterlambatan perkembangan. Subjek yang BBLR, prematur, dan lahir dengan tindakan cenderung dicurigai. Semakin awal gangguan gizi, semakin lama mengalami gizi kurang dan buruk cenderung terjadi keterlambatan perkembangan, Disarankan agar diberikan penangan dan stimulasi perkembangan kepada balita KEP selain itu diperlukan penelitian lebih lanjut dengan subjek yang lebih banyak.
ABSTRAK
Lack of energy and protein are related to intellectual development. Kulonprogo district is the highest prevalence of undernourishment and malnutrition district in the province of Yogyakarta. In public health center Kokap 1 there were many toddler with PEM. The study aims to describe the development of children aged 1-5 years with a history of PEM. Eighty-five children with a history of undernourishment and malnutrition were screened with the Denver II to determine the normal development or suspected. Weight were copied from the grow-chart. I found 36.5% suspected. About 57.1% of suspects found in children who begin to nutritional disorders at age 1-6 months, 61.9% of children with more than half of their age within nutritional disorders were suspected, 64% of children who had experienced malnutrition were suspected. LBW, premature, and was born without spontaneous labor were related to suspect development delay. The earlier a nutritional disorder, the longer experiencing undernourishment nutrition and malnutrition likely to delay development. I recommend to give therapy and developmental stimulation to the PEM infants and toddlers. Further studies needed toexplore the situation with more subjects."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Safitri
"Gagal tumbuh selama ini menggunakan pengukuran antropometri menurut indeks konvensional yang diukur terpisah, sementara kekurangan gizi tidak dapat berdiri sendiri. Pengukuran gagal tumbuh menggunakan CIAF diperlukan untuk melengkapi kegagalan antropometri yang lebih komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gagal tumbuh dengan perkembangan anak usia 24-59 bulan di desa lokus stunting wilayah kerja Puskesmas Sungai Limau. Menggunakan desain studi cross sectional dengan teknik simple random sampling, analisis chisquare dan regresi logistik model faktor risiko dengan sampel 105 anak usia 24-59 bulan. Anak mengalami perkembangan meragukan sebanyak 31,4%, perkembangan sesuai 68,6%, gagal tumbuh sebanyak 29,5% dan normal 70,5%. Hasil bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara gagal tumbuh dengan perkembangan anak(p=0,028), gagal tumbuh berhubungan dengan perkembangan motorik kasar (p=0,002) dan kemampuan bicara bahasa (p=0,050).Variabel lain yang berhubungan dengan perkembangan anak yaitu pendidikan ibu (p=0,002), pekerjaan ibu (p=0,003), pendapatan(p=0,003), ASI ekslusif (p=0,0034), dan stimulasi (p=0,0005). Analisis multivariat menunjukkan gagal tumbuh tetap konsisten berhubungan dengan perkembangan anak (p=0,002). Gagal tumbuh berhubungan dengan perkembangan meragukan setelah dikontrol beberapa variabel kovariat. Pelaksanaan program deteksi dini tumbuh kembang anak memerlukan kerjasama dan komitmen lintas sektor kesehatan dan pendidikan yaitu mengintegrasikan kegiatan posyandu dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Failure to thrive so far using anthropometric measurements according to conventional indices measured separately, while malnutrition cannot stand alone. Measurement of failure to thrive using CIAF is needed to complement more comprehensive anthropometric failures. This study aims to determine the relationship between failure to thrive and the development of children aged 24-59 months in the stunting locus village of the Sungai Limau Health Center work area. Using a cross-sectional study design with simple random sampling techniques, chisquare analysis and logistic regression risk factor models with a sample of 105 children aged 24-59 months. Children experienced dubious development as much as 31.4%, corresponding development 68.6%, failure to grow as much as 29.5% and normal 70.5%. Bivariate results showed an association between failure to thrive with child development (p = 0.028), failure to thrive was associated with gross motor development (p = 0.002) and speech skills (p = 0.050). Other variables related to child development were maternal education (p = 0.002), maternal employment (p = 0.003), income (p = 0.003), exclusive breastfeeding (p = 0.0034), and stimulation (p = 0.0005). Multivariate analysis showed failure to thrive remained consistently associated with child development (p = 0.002). Failure to thrive was associated with dubious development after controlling for several covariate variables. The implementation of early detection programs for child growth and development requires cooperation and commitment across the health and education sectors, namely integrating posyandu and Early Childhood Education activities.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stephanie Amanda Hatibie
"Deteksi dini keterlambatan perkembangan merupakan hal yang penting, agar anak tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan intervensi dini. Sayangnya, hanya 23% dokter anak yang konsisten menggunakan instrumen penapisan terstandar. Faktor penghambat yaitu keterbatasan sumber daya, kurangnya konsensus mengenai instrumen yang paling cocok digunakan, serta kurangnya kepercayaan diri seorang dokter karena pelatihan yang kurang memadai. WHO merekomendasikan kriteria uji penapisan berbasis keluarga, memiliki kesahihan dan keandalan, dapat digunakan oleh beragam kultur, ringkas, serta menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Penelitian ini bertujuan menciptakan instrumen penapisan perkembangan anak khususnya usia 12 bulan yang tervalidasi, berupa kuesioner orangtua, daring, berbahasa Indonesia. Proses penelitian terbagi menjadi dua, yaitu tahap penyusunan kuesioner (perumusan pertanyaan, diskusi panel ahli, putaran Delphi, wawancara kognitif) dan tahap validasi. Metode Delphi dua putaran melibatkan ahli di bidang tumbuh kembang anak. Kuesioner awal berjumlah 100 pertanyaan tereduksi menjadi total 35 pertanyaan dari 5 ranah perkembangan; diujikan kepada 110 subjek orangtua yang memiliki anak usia 9-15 bulan. Kesahihan kuesioner tiap ranah berada dalam rentang kuat dan sangat kuat (r= 0,663-0,860). Nilai alfa Cronbach untuk tiap ranah perkembangan berkisar 0,479- 0,838; sedangkan untuk seluruh ranah yaitu 0,827. Studi ini menunjukan bahwa kuesioner terbukti sahih dan andal sebagai alat penapisan perkembangan anak usia 12 bulan.

Early detection of developmental delays is crucial for a child, so as not to lose the opportunity to get early intervention. Unfortunately, only 23% of pediatricians consistently use standardized screening instruments. The obstacles are limited resources, lack of consensus on the most suitable instrument to use, and lack of confidence in a doctor due to inadequate training. WHO recommends criteria for screening tests that are family based, have validity and reliability, can be used by various cultures, are concise, and use perceptible language. This study aims to develop a validated screening tool for child development, especially 12 months of age, in the form of an online parent-based questionnaire, written in Bahasa. There are two stages; generating item questionnaire (question formulation, expert panel discussion, Delphi rounds, cognitive interviews) and tool validation. Two rounds Delphi involves experts in child development. The initial questionnaire consists of 100 questions which reduced to a total of 35 questions from 5 development domains; tested on 110 subjects who have children aged 9-15 months. The validity for each domain ranged strong and very strong (r = 0.663-0.860). Cronbach's alpha values for each domain ranged from 0.479 to 0.838; while for the entire domain, it is 0.827. This study shows that the questionnaire is valid and reliable as a screening tool for the development of children aged 12 months."
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6   >>