Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
Nandy Setiadi Djaya Putra
Jakarta: UI-Press, 2014
621.402 2 NAN t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Andrew Yohanes Suhada Chin
"Heat exchanger is used to transfer heat from one place to another in order to stabilize the temperature at one point and to make sure the system can be operated in optimum performance. The problem nowadays is the methods of manufacturing heat pipe are still in lack of efficiency. Heat pipe manufacturing processes used in this research are sintering process, end cap sealing system, vacuum filling system, grinding, and finishing. While the main manufacturing process for fin is punching system (for outer dimension and knitting system). The results of this research using FLIR Thermal Imagine has clearly show that heat pipe which researcher manufactured has temperature difference equal to 18.1֯ C and thermal conductivity in amount of 2997.58 W/m-K. Aluminum fin has been manufactured and has capability of heat transfer rate up to 279.75 Joule per second."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65138
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nandy Setiadi Djaya Putra
Jakarta: UI Press, 2014
621.402 2 NAN t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
David Febraldo
"Kendaraan listrik memerlukan energi listrik untuk beroperasi yang disimpan didalam baterai. Kendaraan listrik menghasilkan panas pada baterai yang digunakan. Panas baterai yang berlebih dapat mengurangi masa pakai dan menyebabkan terjadinya ledakan. Penggunaan pipa kalor sebagai sistem pendingin memiliki potensi menjadi solusi masalah panas berlebih pada kendaraan listrik. Tujuan penelitian adalah menyusun konsep keberlanjutan penerapan pipa kalor pada baterai kendaraan listrik. Pengujian dilakukan dengan membangun prototipe, analisis ekonomi melalui cost comparison serta analisis persepsi sosial melalui kuisioner. Hasil menunjukkan penggunaan pipa kalor mampu menjaga temperatur baterai dibawah 40 °C. Penggunaan pipa kalor dalam jangka panjang dapat memberikan keuntungan dan teknologi ini diterima secara sosial oleh peneliti dan para ahli. Saran untuk penelitian adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan pipa kalor pada baterai, perlu adanya pengembangan kebijakan terkait lokasi pembuangan, mekanisme pengelolaan dan penyuluhan kepada masyarakat.
......The increase in the use of electric vehicles is increasing over time. Electric vehicles require electrical energy to operate which is stored in the battery. Electric vehicles generate heat in the batteries used. Excessive battery heat can reduce its life and cause an explosion. The use of heat pipes as a cooling system has the potential to be a solution to the problem of overheating in electric vehicles. The aim of the research is to develop the concept of sustainability applying heat pipes to electric vehicle batteries. Testing is done by building prototypes, economic analysis through cost comparison and analysis of social perceptions through questionnaires. The results show that the use of heat pipes is able to maintain the battery temperature below 40 °C. The use of heat pipes in the long term can provide benefits and this technology is socially accepted by researchers and experts. Suggestions for research are that further research is needed regarding the application of heat pipes to batteries, it is necessary to develop policies related to disposal locations, management mechanisms and outreach to the community."
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Rifqi Audi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rangga Aji Pamungkas
"[Peningkatan temperatur baterai litium-ion pada kendaraan listrik dapat mengakibatkan berkurangnya kapasitas dan jumlah siklus kerja sebuah baterai litium-ion. Bahkan, sel baterai dapat mengalami thermal runaway yang berakibat baterai litium-ion dapat terbakar dan meledak. Salah satu jenis alat penukar kalor yang bisa digunakan sebagai sistem manajemen termal pada baterai litium-ion adalah pipa kalor melingkar pelat datar. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kinerja pipa kalor melingkar pelat datar dan mencari nilai hambatan termal yang dihasilkan dengan variasi fluida kerja akuades, alkohol, dan aseton dengan filling ratio sebesar 60%. Dari hasil penelitian ini, aseton merupakan fluida kerja terbaik yang menghasilkan hambatan termal sebesar 0,22 Watt/°C dan temperatur evaporator sebesar 49,89°C pada beban fluks kalor sebesar 1,61 Watt/cm2.;The increasing temperature of lithium-ion battery used in electric vehicle can cause major thermal runaway that can result in battery fire and explosion. One of the heat exchanger that can be used as thermal management system for lithium-ion battery of electric vehicle is Flat Plate Loop Heat Pipe. This research was conducted to test the performance of flat plate loop heat pipe and to determine the thermal resistance of flat plate loop heat pipe that used aquades, alcohol, and acetone as working fluid with 60% of filling ratio. The result showed that acetone is the best working fluid from among of the two other working fluids and had a heat pipe thermal resistance 0.22 Watt/°C with evaporator temperature was 49.89°C under maximum heat flux load of 1.61 Watt/cm2., The increasing temperature of lithium-ion battery used in electric vehicle can cause major thermal runaway that can result in battery fire and explosion. One of the heat exchanger that can be used as thermal management system for lithium-ion battery of electric vehicle is Flat Plate Loop Heat Pipe. This research was conducted to test the performance of flat plate loop heat pipe and to determine the thermal resistance of flat plate loop heat pipe that used aquades, alcohol, and acetone as working fluid with 60% of filling ratio. The result showed that acetone is the best working fluid from among of the two other working fluids and had a heat pipe thermal resistance 0.22 Watt/°C with evaporator temperature was 49.89°C under maximum heat flux load of 1.61 Watt/cm2.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58609
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ichsan Indhiarto
"[
ABSTRAKKebutuhan terhadap teknologi baru dalam pipa kalor terus meningkat terutama dalam kemampuan sumbu kapiler mengalirkan fluida. Sebuah biomaterial telah dibuktikan memiliki performa yang baik untuk menjadi bahan dasar sumbu kapiler. Namun, penggunaannya membawa permasalahan tersendiri bagi lingkungan. Oleh karena itu diperlukan material yang dapat meniru atau bahkan melebihi performa dari koral. Lotus-Type Porous Material (LTP) diproyeksikan mampu mengalahkan performa koral. Pada penelitian ini dikembangkan fabrikasi LTP dengan metode slip-casting berbahan dasar serbuk tembaga dan memberikan hasil yang baik. Disamping itu parameter proses untuk menghasilkan LTP yang optimum juga didapatkan.
ABSTRACTDemands on state of the art technology in heat pipe field rising especially in capillary pumping performance. Prior research concluded biomaterial has superior performance as basic material for capillary wick. However, it was followed by consequences of harnessing the ecosystem. A new material that mimick and exceed the performance of coral will be necessity. Lotus-Type Porous Material (LTP) projected can pass over performance of coral and it is proofed to be true through this research. Besides that, process parameter for fabricating optimum capillary wick with LTP configuration also being concluded.
, Demands on state of the art technology in heat pipe field rising especially in capillary pumping performance. Prior research concluded biomaterial has superior performance as basic material for capillary wick. However, it was followed by consequences of harnessing the ecosystem. A new material that mimick and exceed the performance of coral will be necessity. Lotus-Type Porous Material (LTP) projected can pass over performance of coral and it is proofed to be true through this research. Besides that, process parameter for fabricating optimum capillary wick with LTP configuration also being concluded.
]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S61700
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Farid Rachman Azhari
"Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah pipa kalor lurus yang menggunakan sumbu kapiler tembaga sinter melalui metode centrifugal casting serta melakukan pengujian meliputi tahanan termal dan temperatur steady state. Penelitian ini berfokus pada pencarian performa terbaik antara pipa kalor dengan tebal sumbu kapiler 1 mm dan 2 mm. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah bahwa pipa kalor dengan tebal sumbu kapiler 2 mm lebih unggul dari pipa kalor dengan tebal sumbu kapiler 1 mm, dikarenakan pipa kalor dengan tebal sumbu kapiler 1 mm mengalami fenomena dry out. Hal ini terlihat dari tahanan termal terkecil dari kedua pipa kalor yang bernilai 6,55 ºC/W untuk pipa kalor dengan sumbu kapiler 1 mm dan 1,54 ºC/W untuk pipa kalor dengan sumbu kapiler 2 mm. Dari segi temperatur evaporator pada kondisi steady state, pipa kalor dengan tebal sumbu kapiler 2 mm unggul dengan temperatur evaporator maksimum yaitu 80 ºC mengungguli pipa kalor dengan sumbu kapiler 1 mm dengan temperatur evaporator maksimum yang mencapai 220 ºC.
This research aims is to create a straight heat pipe using centrifugal casting as wick fabrication and investigate its performance such as thermal resistance and steady state temperature. The wick is made from sintered copper. This research also looking for the best performance of heat pipe using 1 mm and 2 mm of wick thickness. The result is heat pipe with 2 mm wick thickness is better than 1 mm wick thickness in terms of thermal resistance and steady state temperature because the 1 mm wick heat pipe is run into dry out phenomenons. The smallest thermal resistance is 6.55 ºC/W for heat pipe using 1 mm wick and 1.54 ºC/W for heat pipe using 2 mm wick. The highest steady state temperature is 220 ºC for heat pipe using 1 mm wick and 80 ºC for heat pipe using 2 mm wick."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63228
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fitriana Bahtiar
"Biomachining sebagai salah satu jenis mikrofabrikasi memiliki banyak potensi untuk terus dikembangkan. Metode ini telah terbukti mengungguli metode-metode lain pada bidang yang sama. Selain mampu menghasilkan panas yang lebih rendah sehingga tidak memberikan pengaruh termal pada benda kerja dan ramah lingkungan, dengan ukuran bakteri sebagai cutting tool yang berkisar antara 0.5 sampai 1 μm, metode ini mampu menghilangkan sebagian kecil bagian dari benda kerja. Didorong oleh keefisienannya tersebut, penulis melakukan penelitian yaitu memfabrikasi sumpu kapiler pada pipa kalor dengan metode biomachining. Pada selembar pelat tembaga dibuat pola dengan interval 1 mm, kemudian direndam pada kultur bakteri, divariasikan selama 24 jam dan 48 jam. Pelat ini lalu digulung dan dimasukkan ke dalam pipa tembaga berukuran 3/8 inchi.
Hasil pengujian terhadap sumbu kapiler tersebut didapatkan nilai t yang berkisar antara 0.368 s sampai 0.460 s, lebih kecil dari metode slip casting yang menandakan permeabilitas yang lebih baik. Namun, nilai coefficient capillary pumping rate-nya berkisar antara 0.294 g/s sampai 0.347 g/s, masih di bawah metode slip casting dan material koral, menandakan performanya sebagai sumbu kapiler yang masih kurang dibandingkan dengan metode slip casting dan material koral. Hasil tersebut tidak mustahil untuk lebih ditingkatkan di masa yang akan datang.
Biomachining as one type microfabrication has a lot of potential to be developed. This method has been proven to outperform other methods in the same plane. Aside from being able to produce a lower heat so there?s no thermal effect on the workpiece and environmentally friendly, with the size of the bacteria as a cutting tool that ranged from 0.5 to 1 μm, this method is able to eliminate a small part of the workpiece. Motivated by its efficiency, the author conducted a study that fabricate wick for heat pipe application using biomachining method. On the piece of copper plate created a pattern with intervals of 1 mm, and then soaked it in a bacterial culture, varied during 24 hours and 48 hours. This plate is then rolled up and inserted into 3/8 inch copper pipe. The test results of the wick obtained by that method, t values ranged from 0.368s to 0.460s, lower than slip casting method indicating better permeability. However, the value of coefficient capillary pumping rate was ranged from 0.294 g /s to 0.347 g/s, still lower than slip casting method and coral material, indicating its performance as a capillary wick is still less compared with slip casting method and coral material. It's possible that the result can be improved in the future."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63625
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Herka Manda Putra
"
ABSTRAKManajemen termal sangatlah penting untuk memastikan kestabilan termal dan daya tahan jangka panjang pada baterai litium-ion. Pipa kalor pipih bersirip digunakan pada penelitian ini untuk membantu pelepasan kalor yang dibangkitkan oleh pemanas melalui baterai. Baterai litium-ion dimodelkan dengan menggunakan aluminium yang menyerupai modul baterai. Sistem saluran pendingin baterai yang dilengkapi dengan kipas diterapkan untuk meningkatkan laju perpindahan kalor yang di lepas oleh pipa kalor. Plat konduksi juga dipasang agar kalor yang diterima oleh pipa kalor dapat diperhitungkan. Pembangkitan kalor divariasikan agar pengaruh hambatan termal dapat terlihat. Dengan adanya pipa kalor, temperatur baterai berkurang secara signifikan. Permodelan baterai 3 dimensi disimulasikan dan dibandingkan dengan hasil data eksperimental. Dengan menggunakan pipa kalor, penurunan temperatur baterai dapat mencapai 55,58 °C pada pembangkitan daya 150 W. Hasil simulasi memperlihatkan persebaran temperatur pada dinding baterai dengan error rata-rata temperatur permukaan baterai terkecil yang menggunakan pipa kalor dan tanpa pipa kalor sebesar 10,70 % dan 5,33 %.
ABSTRACTThermal management is critical to ensure thermal stability and long term durability of the lithium-ion battery. Finned heat pipes are used in this study to help dissipating heat generated by heater through the batteries. Lithium-ion batteries modeled by using aluminum that resembles a battery module. The system contain of air duct which is streamed air by fan to increase heat transfer rate. Conduction plate is also fitted so that the heat received by the heat pipe can be calculated. The heat generation is variated so that the effect thermal resistance can be seen. With the heat pipe, the battery temperature is significantly reduced. Model is developed to describe the thermal distribution of the lithium-ion batteries, and compared through both simulation and experiment. By using two heat pipes, battery temperature can be reduce up to 55.58 °C at 150 W heat generation. The simulation shows the temperature distribution on battery surface using heat pipe and without heat pipe with the lowest average error temperature surfaces are 10.70 % and 5.33 %
"
2016
S64919
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library